Senin, 08 Desember 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 November 2014



Apa yang merupakan tujuan akhir dari belajar Ajaran Buddha? Yakni membantu kita menemukan kembali jiwa sejati (Jiwa KeBuddhaan). Karena kita tersesat maka muncullah enam alam tumimbal lahir, sejak kalpa lampau yang tanpa awal, berputar di roda samsara tumimbal lahir, tidak tercerahkan, semakin tersesat semakin mendalam, makin terpuruk makin menderita. Penderitaan di enam alam tumimbal lahir begitu tersiksa tak terungkapkan dengan kata-kata, yang paling sengsara adalah neraka, tetapi tersesat di enam alam tumimbal lahir, waktu di Alam Neraka merupakan yang paling panjang.

Hanya dengan belajar Buddha Dharma, barulah memiliki kesempatan untuk terbebas dari Alam Neraka, tanpa Buddha Dharma, maka selamanya tidak memahami kebenaran yang sesungguhnya, bagaimana anda dapat terbebas darinya?

Metode yang tercantum di dalam Aliran Sukhavati adalah membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo. Melafal Amituofo sangatlah penting, jika ada waktu luang segeralah melafal Amituofo, baik mengeluarkan suara maupun melafalnya di dalam hati, sama sekali tidak ada hambatannya.

Andaikata tidak melafal Amituofo maka yang kita pikirkan adalah roda samsara tumimbal lahir, anda sendiri tidak menyadarinya, ini sudah salah. Dengan melafal Amituofo, terhadap segala sesuatu di dunia ini, menerima apa adanya dan tidak memaksakan kehendak, ini barulah betul.

Seperti Master Hai Xian, melihat segala sesuatu di dunia ini tidak ada yang tidak baik, segalanya baik, dalam memperlakukan manusia dan makhluk lainnya serta menangani urusan, hatinya takkan membeda-bedakan, juga takkan melekat.   

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 November 2014


佛教教育終極的目標是什麼?是幫助我們回歸自性。我們從迷失自性變現出六道,無始劫以來,在六道裡頭搞生死輪迴,不能覺悟,愈迷愈深,愈陷愈苦。六道苦不堪言,最苦的是地獄,但是迷在六道裡頭,肯定在地獄時間最長。只有能聞到佛法,才有這個機會脫離地獄,沒有佛法,永遠不知道事實真相,你怎麼能脫離?大乘佛法裡頭,尤其是淨宗,淨宗的方法跟原理完全相應,這就不是假的,信願持名。信願持名與「佛照世間相,常住自寂滅」相不相應?相應。念佛重要,沒有事情的時候就念佛,念出聲音、金剛持、默念統統可以,一點都不妨礙。要不念佛就是念生死輪迴,你自己不知不覺,這就錯了。要念佛,對一切世間法隨緣不攀緣,這就好。學海賢老和尚、海慶老和尚,看這個世間沒有一樣不好,樣樣都好,一切人事物沒有分別心、沒有執著心。


文摘恭录 二零一四淨土大經科註  (第一三七集)  2014/11/26