Rabu, 02 April 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 30 Maret 2014



Anda sekalian memiliki sanak keluarga masing-masing, dan juga orang yang disayangi, berharap agar bisa berada bersama selamanya, ada cara yang terbaik untuk ini, yakni bersama-sama bertekad lahir ke Alam Sukhavati, dengan demikian bisa berada bersama selama-lamanya.

Jika tidak lahir di Alam Sukhavati, begitu bertumimbal lahir langsung terpisah, ketika kembali bertemu sudah tidak saling mengenal lagi. Hanya di Alam Sukhavati, begitu sampai di Alam Sukhavati, langsung memperoleh Tubuh Dharmakaya, usia yang tanpa batas.

Sedangkan usia di Dasa Dharmadhatu sungguh tak kekal, usianya ada yang panjang dan pendek, alam surga memiliki usia yang panjang, tetapi ada batasnya, bukan selamanya. Surga Trayastrimsa yang paling kita kenal, Raja Surga Trayastrimsa, masyarakat Tiongkok menyebutnya sebagai Kaisar Giok Tee, waktu di sana beda dengan kita, satu hari di Surga Trayastrimsa adalah seratus tahun waktu di dunia manusia, usianya seribu tahun, setahun juga berjumlah 365 hari, seribu tahun, sehari adalah seratus tahun waktu dunia manusia, usianya sungguh panjang, namun tetap ada batasnya. Semakin ke atas tingkatan alam maka semakin panjang usia penghuninya.

Hanya Alam Sukhavati yang memiliki usia tanpa batas.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 30 Maret 2014



你們在這一生當中有家親眷屬,喜愛的人,希望永遠在一起,有一個好辦法,同生極樂國就永遠在一起。不生到極樂世界去,一個輪迴就拆散了,再一次遇到了也不認識。只有到極樂世界,一到西方極樂世界,得的是法性身,確實是無量壽。十法界裡面的壽命都是無常的,壽命有長短,人間壽命短,天上壽命長,長它有盡,它不是永恆的。忉利天是我們最熟悉的,忉利天主,中國人叫玉皇大帝,那個地方跟我們有時差,忉利天的一天是我們人間一百年,他的壽命是一千歲,一年也是三百六十五天,一千歲,一天我們人間一百年,壽命很長。中國號稱五千年的文明古國,在忉利天五十天,不到兩個月,五千年文明古國,在忉利天五十天,一天一百年。他的壽命一千歲,真是長命,真叫無量壽。但是他有到的時候。愈往上面去壽命愈長。真正長壽,真正無量壽,是極樂世界,極樂世界是真無量壽;二十八層天是有量的無量壽,我們看到他壽命很長,總有到頭的一天。

二零一四淨土大經科註  (第十八集)  2014/3/30








Di dalam pendidikan budi pekerti Tiongkok, perhatian dan kasih sayang yang terlihat tiada lain adalah antara ibunda dan putra-putrinya, berkorban secara menyeluruh, tiada sedikitpun mengharapkan balasan, segalanya adalah demi putra-putrinya.

Ayahbunda memperlihatkan pengorbanan dan persembahan mereka kepada anak-anaknya, di dalam masyarakat jaman dulu hal ini amat nyata. Ayahbunda adalah insan suci, terutama sosok ibunda, mendidik putra-putrinya menjadi insan suci dan ksatria, pengorbanan beliau ini tidak hanya telah memberi persembahan terbesar untuk keluarganya, namun karena putra-putrinya adalah insan suci dan ksatria, setelah mereka dewasa akan memberikan persembahan yang sangat besar bagi masyarakat, darimana sumber persembahan yang telah mereka berikan? Yakni dari didikan ibunda.

Dengan kata lain, persembahan dari putra-putrinya untuk negara, bangsa dan orang banyak, sumbernya adalah ibundanya. Sejak dulu hingga sekarang, Negara Tiongkok lebih menitikberatkan pendidikan pada anak perempuan daripada anak laki-laki, di rumah ada istri bijaksana, ibunda yang bijak, barulah negara akan memiliki pejabat yang setia.

Namun 200 tahun belakangan ini, pendidikan budi pekerti sudah mulai mengalami kemunduran, semua orang mulai melupakannya, maka itu di dalam masyarakat kini tidak tampak ada insan yang menyerupai insan bijak dan ksatria. Sedangkan jaman dulu di Tiongkok setiap Dinastinya ada muncul insan sedemikian, cobalah baca buku sejarah Tiongkok, Dinasti mana yang tidak terdapat seorang insan bijak dan ksatria. Inilah alasannya mengapa Negeri Tiongkok yang telah berdiri sejak 5000 tahun yang lalu, hingga kini tidak mengalami kemunduran, semuanya itu adalah karena pendidikan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 30 Maret 2014


在中國傳統教育裡頭,能看到關心愛護無過於母親對兒女,完全是付出,沒有任何要求,一切都是為兒女。父母做出犧牲奉獻,在過去社會裡頭有。父母是聖人,特別是母親,把兒女都教成聖賢君子,她這個付出不但對這一家做出最大的貢獻,她的兒女是聖賢君子,長大之後對社會做出極大的貢獻,這個貢獻的根源在哪裡?是母親從小教出來的。換句話說,她的子女為國家、為民族、為人群做出的一切貢獻,根源都是他母親。中國自古以來,教女比教男孩子重,家有賢妻、有賢母,國家才有忠臣。但是最近這個兩百年,傳統文化沒落了,大家把它忘記了,所以今天社會沒有看到有聖賢君子那樣的人。中國在過去每一個朝代都有,你去看歷史,你看二十五史哪一個朝代裡頭沒有聖賢豪傑。這是中國立國五千年而不衰原因在此地,全是教學。

二零一四淨土大經科註  (第十九集)  2014/3/30