Kamis, 10 April 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 2 April 2014



Yang terpenting dari melafal Amituofo adalah agar setiap saat kita bisa teringat pada Buddha Amitabha, ini adalah makna yang sangat penting, jangan sampai melupakan Buddha Amitabha. Apalagi pada sebersit niat pikiran terakhir, tekad Buddha Amitabha yang ke-18, dapat terlahir atau tidak adalah ditentukan oleh sebersit niat pikiran yang terakhir, ini tidak boleh tidak dipahami.

Mengenai Zhu Nian (membantu orang lain melafal Amituofo), Master Yin Guang telah banyak membahasnya, beliau berpesan agar kita menggunakan ketulusan hati untuk membantu orang lain melafal Amituofo, saat Zhu Nian adalah untuk mengingatkan dia, membantu dirinya agar sebersit niat pikirannya yang terakhir adalah Buddha Amitabha, dia pasti terlahir ke Alam Sukhavati.

Andaikata sebersit niat pikirannya yang terakhir bukan Buddha Amitabha, dia teringat akan sanak keluarganya, atau teringat  hal lainnya, maka lagi-lagi dia kembali ke enam alam tumimbal lahir. Yang terpenting adalah sebersit niat pikiran terakhirnya, yang kita titikberatkan adalah sebersit niat pikiran terakhir, harus benar-benar menguasainya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 2 April 2014



念佛最重要的是讓我們時時刻刻能記得阿彌陀佛,這是最重要的意思,不要把阿彌陀佛忘掉了。關鍵是在最後一念,四十八願第十八願,能不能往生是最後一念,這不能不知道。至於送往生,印光大師也說得很多,就是我們今天講的助念。

助念,大師交代我們用真誠心去助念,助念的時候是提醒他,幫助他最後一念是阿彌陀佛,他就決定得生。如果他最後一念不是阿彌陀佛,他想到他家親眷屬了,想到別的事情去了,那就又到六道來搞輪迴。關鍵在最後一念,我們希求的就是最後一念,一定要熟。

二零一四淨土大經科註  (第二十二集)  2014/4/2