Senin, 27 Januari 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Januari 2014



Ajaran Buddha dapat membantu sebuah keluarga menjadi bahagia, mengapa demikian? Keluarga harmonis segala urusan jadi berhasil. Ajaran Buddha mengatakan ada enam prinsip dalam kebersamaan, menwujudkan enam prinsip keharmonisan di dalam rumah tangga, maka betapa bagusnya keluarga ini.

Enam Prinsip Keharmonisan dapat membantu baik di keluarga maupun organisasi, sekarang banyak para pebisnis yang belajar Ajaran Buddha, menerapkan Trisarana, Lima Sila, Sepuluh Kebajikan dan Enam Prinsip Keharmonisan, ke dalam lingkungan kerja, di dalam kehidupan keseharian para pekerja dan bidang pekerjaan mereka, maka kondisi lingkungan kerja segera berubah.

Para karyawan menganggap perusahaan sebagai keluarganya, atasannya sebagai saudara sendiri atau kepala keluarga, setiap orang rajin bekerja sehingga laba perusahaan meningkat dari tahun ke tahun.

Karyawan bekerja tanpa diperintah, atasan boleh tidak mengawasinya. Karyawan tahu bahwa perusahaan adalah keluarganya sendiri, atasan memperlakukan semua karyawan sebagai kakak dan adik sendiri, bila keluarga karyawan mengalami kesulitan maka perusahaan akan mengatasinya, sehingga dia memiliki jaminan.

Maka itu semua gagasan dan cara ini, setelah dipelajari harus digunakan, tunjukkan prestasi, sungguh kebahagiaan dalam Dharma, sukacita tak terbayangkan. Ini adalah bakti besar, Umat Buddha sanggup melakukannya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Januari 2014


Catatan :
Organisasi Sangha mempunyai 6 prinsip, yaitu 6 keharmonisan:
1.      Keharmonisan dalam disiplin moral
2.      Keharmonisan dalam pandangan
3.      Keharmonisan dalam berbagai keuntungan
4.      Keharmonisan dalam perbuatan
5.      Keharmonisan dalam ucapan
6.      Keharmonisan dalam pikiran



佛教可以幫助一個家庭幸福美滿,為什麼?和,家和萬事興。佛法講六和敬,把六和在家裡面實現了,這家多好。六和可以齊家,六和可以幫助社團,現在有不少企業的老闆學佛了,把三皈、五戒、十善、六和搬到企業裡面,落實在員工身上,在他的生活、在他的工作,風氣馬上改變了。員工把公司看作自己的家,把老闆看作自己的親人、家長,個個都能對公司盡忠職守,認真工作,公司的業績年年上升。員工都自動自發,老闆省心,可以不聞不問。員工知道公司是自己的家,老闆待大家像兄弟姐妹一樣,你家裡有任何困難公司照顧,等於說他有了保障。所以這些理念、這些方法學了之後要會用,做出成績,真的是法喜充滿,無量的歡喜。誓願救度,這是大孝,佛弟子能做到。


二零一二淨土大經科註  (第五七八集)  2014/1/11








Manusia bisa dididik jadi baik, dulu kita pernah mengadakan percobaan di Tangchi, dan hasilnya sungguh sukses. Kini CEO Xie dari Chaozhou telah mengemban tugas di sana selama tiga tahun, dan sangat berhasil. Cara yang dia gunakan sangat trampil, cara ini pernah saya pikirkan sebelumnya, tetapi saya tidak mengadakan percobaan, sedangkan dia telah berhasil melakukannya, yakni dengan menggunakan DVD untuk mengajar, tidak ada staf pengajar karena tidak berhasil mencarinya.

Ada beberapa guru yang ceramahnya ada direkam, maka mereka menyusunnya menjadi kurikulum pengajaran, saat mengajar semuanya menggunakan CCTV, cara ini bagus, setiap tempat dapat mempelajarinya. Lagipula materinya dapat dipercaya, karena terlebih dulu diedit bagian mana yang kurang cocok, jadi materi pelajaran dapat diterima dengan tenang.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Januari 2014

人是教得好的,我們過去在湯池做了實驗,做得很成功。現在潮州謝總在那裡做了三年了,做得非常成功。他用的方法非常巧妙,這個方法早年我就想到,我沒做實驗,他做出來了,那就是用光碟教學,沒有老師,老師請不到。有一些好老師他們講的東西有錄像,把它找來,排在課程上,上課的時候完全用閉路電視,這個方法好,到處都可以模仿。而且教的內容你放心,原先你自己看過,審查過了,不妥當的地方可以把它刪掉,所以這種教育播出去放心。


二零一二淨土大經科註  (第五七八集)  2014/1/11









Budaya tradisional Tiongkok telah ada di permukaan bumi ini sejak 5000 tahun yang lalu, betapa tebalnya dasar ini! Sekarang kita malah mengabaikannya, kelalaian ini baru berlangsung 200 tahun lamanya, masih ada sedikit jejak, jika kita tidak segera meluruskannya, tidak sudi membangunnya kembali, maka kira-kira seratus tahun lagi sudah tidak mungkin lagi, juga takkan mampu membangun kembali.

Seperti kebudayaan tradisional negara lainnya, diantara empat kebudayaan tradisional besar dunia, hanya tinggal budaya negeri Tiongkok yang masih ada, dan ini juga hampir musnah, sedangkan yang tiga lagi sudah musnah untuk kurun waktu yang lama sekali, tidak bisa dibangkitkan lagi.

Kebudayaan kita masih mempunyai harapan untuk dipulihkan kembali, generasi kita harus serius menwujudkannya, leluhur telah meninggalkan banyak kitab dan sastra, kita harus mendalaminya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Januari 2014


中國傳統文化在這個大地上五千年了,這個底子多厚!現在我們丟掉、疏忽才兩百年,還有一點跡象,再要不扶正、不努力把它興起來的話,大概再過一百年就不行了,想興都興不起來了。像其他國家古代文明,著名的四大文明只剩中國一個存在,這個也垂死,也差不多快滅亡,那三個滅亡很久了,決定不能復興。我們今天還可以復興,要我們這一代人真幹,要拼命、要深入,古人留下這麼多典籍,要深入。

二零一二淨土大經科註  (第五七九集)  2014/1/11 








Mengapa Ajaran Buddha sampai di Negeri Tiongkok, masyarakat Tiongkok langsung dapat menerima dan menyukainya? Karena memiliki dasar yang sama, dasar dari Buddha Dharma adalah berbakti pada ayahbunda dan menghormati guru, dasar kebudayaan tradisional Tiongkok juga adalah berbakti pada ayahbunda dan menghormati guru, sama sekali tidak bertentangan.

Ajaran Buddha sampai di Tiongkok diterima oleh penduduknya, ini menunjukkan betapa lapangnya hati mereka, dapat merangkul budaya dari bangsa yang berbeda, yakni kebudayaan India. Kemudian kedua kebudayaan ini saling melengkapi, yang juga turut meningkatkan mutu kebudayaan tradisional Tiongkok, demikian pula sebaliknya kebudayaan Tiongkok juga turut meningkatkan kualitas budaya Ajaran Buddha, kedua pihak memperoleh manfaat.   

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Januari 2014


為什麼佛教到中國來,中國人馬上能接受、歡迎?因為它們立足點相同,佛法基礎是孝親尊師,中國傳統文化也是孝親尊師,完全沒有矛盾。佛教到中國來了,中國人接納,這是中國人度量很大,能夠包容不同族群的文化。這是印度文化,不是中國的,能包容。包容之後就互補,它提升中國傳統文化,中國傳統文化也提升了佛文化,彼此雙方都得利益。

二零一二淨土大經科註  (第五七九集)  2014/1/11