Sabtu, 29 Maret 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 Maret 2014



Terhadap para kaum intelektual, cara yang paling praktis adalah menganjurkan mereka membaca sutra, untuk apa membaca sutra? Untuk melatih samadhi. Tidak boleh memikirkan arti yang tertera pada kalimat dalam sutra, apa maksud dari bait ini, tidak boleh, karena dengan demikian anda telah membeda-bedakan, memiliki kemelekatan, maka anda tidak bisa meraih keberhasilan, tidak mampu memutuskan noda pikiran, anda takkan memperoleh samadhi.

Bagaimana cara membaca sutra? Sejak dari “ru shi wo wen” dan membacanya sampai usai, tidak boleh memikirkan apa arti kalimat sutra tersebut, sutra tidak memiliki arti. Asalkan jangan sampai salah membaca kata demi kata, dan jangan sampai ada kata yang ketinggalan, cukup dengan hanya menggenggam prinsip ini, jangan pedulikan artinya.

Setiap hari membaca sutra, dengan ketulusan hati membacanya, setelah membacanya sebanyak beberapa ribu kali, maka samadhi diperoleh. Mengapa demikian? Tujuan sudah tercapai, tujuan ini adalah seperti yang tertera pada judul sutra yakni suci, setara, tercerahkan.

Membaca sutra hingga muncul hati yang suci, dengan kesucian muncul kebijaksanaan, kebijaksanaan kecil, yakni kebijaksanaan Hinayana, Sravaka, Pratyeka Buddha, kebijaksanaan ini telah melebihi sebagian besar insan;  jika sampai memperoleh pikiran kesetaraan, setara artinya tidak membeda-bedakan, yang dilatih Bodhisattva, maka semakin naik ke atas. Hati Bodhisattva setara, hati Hinayana suci, ini dapat dikategorikan telah memperoleh samadhi.

Dengan membaca sutra hingga ribuan kali, maka artinya bisa dipahami dengan sendirinya, mengerti secara keseluruhan, bukan hanya satu bait atau satu kalimat saja. Ilmu pengetahuan lain yang tidak pernah dipelajari, begitu melihat atau mendengarnya, langsung bisa memahaminya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 Maret 2014


對知識分子最方便的方法就是叫他讀經,讀經是什麼?修定。絕不能想這個經這一句什麼意思、這一段什麼意思,不可以,那你就有分別、有執著了,你就不能成就,你斷不了煩惱,你得不到三昧。要怎麼念?從「如是我聞」一直念下去,不管它什麼意思,決定不想經是什麼意思,經沒有意思。只要字沒有念錯,沒有念漏掉,只把握住這個,意思什麼不管它。天天念,老實念,念上幾千遍,得三昧了。為什麼?目的達到了,這個目的就是經題上的清淨平等覺。念到清淨心現前,清淨心生智慧,小智慧,是小乘智慧,聲聞、緣覺,那比一般人聰明多了;如果得平等心,平等是沒有分別,菩薩所修得的,提升了。菩薩心平等,小乘心清淨,這都算是得三昧。覺就是開悟,就是自見,讀書千遍,其義自見,自己明白了。這一明白了全都明白了,不是這一句明白、這一段明白,全部書明白了。其他的沒有學過的,只要一看就明白,一聽就明白,沒看、沒聽不知道,一看一聽全知道。

二零一四淨土大經科註  (第八集)  2014/3/21