Rabu, 29 Januari 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Januari 2014



Bila anda memiliki pikiran bahwa : “Saya melafal Amituofo dengan hati yang sesungguhnya, tetapi terhadap orang lain saya menggunakan hati yang berpura-pura”, maka ini adalah pemikiran salah. Ketahuilah bahwa sekali kita berbohong maka kita akan berdusta kepada semuanya, sebaliknya sekali kita dapat membangkitkan ketulusan maka kita juga akan tulus terhadap semuanya, aturan ini harus dipahami.

Dengan memperlakukan orang lain dengan ketulusan hati, saya takkan rugi, walaupun orang lain menipuku, saya juga tidak mengalami kerugian, orang lain merintangiku, mencelakaiku, saya juga takkan rugi. Saya bersikap tulus, walaupun harus berada bersama dengan orang yang tidak tulus, tetapi mereka dapat meningkatkan kemajuan batinku, mereka adalah cermin bagi diriku, melihat ketidaktulusan mereka, saya kembali bertanya pada diri sendiri apakah saya serupa mereka, jika tidak, maka baguslah.

Tanpa lingkungan yang menguji kemajuan batinku, mana mungkin saya tahu sampai di mana tingkatan pelatihan diriku. Maka itu baik kondisi suka maupupn duka, jalinan jodoh baik atau buruk, semuanya adalah kalyanamitra kita, semuanya membantu kita untuk meningkatkan kemajuan batin dan berkembang.

Andaikata  kita malah salah beranggapan, menggunakan hati khayal, terpengaruh oleh kondisi luar, maka kita akan mengalami kemerosotan; sebaliknya jika kita menggunakan ketulusan, maka kondisi tersebut akan membantu kemajuan batin kita.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Januari 2014


我念佛用真心,我待人可以用妄心,錯了,那個佛也是妄心,一妄一切妄,一真一切真,這個道理總要懂。我用真心待人不吃虧,別人騙我,我也不吃虧,別人障礙我,別人陷害我,我都不吃虧。我真誠,跟這些不真誠的人在一起,他提升我的境界,他是我的一面鏡子,他這些不誠實的東西,我反過來問自己,我統統沒有,好。沒有這些境界之助,我不知道自己到第幾層,不知道。所以,順境逆境、善緣惡緣,統統是善知識,統統幫助我們提升,幫助我們增長。如果我們用錯了心,用妄心,這個外面境界影響我們,幫助我們墮落;我們用真心,它就幫助我們提升。

二零一二淨土大經科註  (第五九0集)  2014/1/19