Jumat, 09 Mei 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 Mei 2014 



Setelah memahami dengan jelas Ajaran Sukhavati ini, kita akan memiliki keyakinan mendalam tiada lagi keraguan. Dengan keyakinan teguh dan tekad bulat maka usaha terlahir ke Alam Sukhavati pasti akan membuahkan hasil. Apabila ada yang tidak dipahami dalam sutra jangan dijadikan masalah, biarkan saja, nanti setelah sampai di Alam Sukhavati barulah dipelajari lagi.

Saya yakin sepenuhnya pada Alam Sukhavati, membulatkan tekad ke sana, di dalam ceramahku, saya selalu berpesan pada praktisi sekalian bahwa dalam pelaksanaan Empat Tekad Agung Bodhisattva, sekarang di dunia ini kita hanya bisa mewujudkan dua butir saja, yakni Bertekad menyelamatkan semua makhluk yang tak terhitung, tekad agung untuk menyelamatkan para makhluk adalah membangkitkan Bodhicitta, ini harus ada, tidak boleh diabaikan, jika tidak dibangkitkan maka akan jadi Hinayana, harus memiliki hati yang menyelamatkan seluruh makhluk; Bertekad memutuskan kekotoran batin yang tiada habisnya, ini harus melepaskan kemelekatan, melepaskan kekotoran batin, bertekad lahir ke Alam Sukhavati, inilah dua butir tekad dari Empat Tekad Agung Bodhisattva.

Dua butir berikutnya, sampai di Alam Sukhavati barulah dipelajari, dua butir tersebut adalah Bertekad mempelajari pintu Dharma yang tak terhingga, dan Bertekad mencapai KeBuddhaan yang tertinggi tiada taranya. Bahkan di Alam Sukhavati, seluruh pintu Dharma yang tak terhingga bisa dikuasai dalam waktu singkat.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 Mei 2014 


 我們能把這個東西概念搞清楚、搞明白,我們對於這樁事情深信不疑,沒有懷疑了。信心堅定,願心懇切,往生必然。經教裡有問題不要緊,放在那邊,到極樂世界再學。我相信淨土,真發心,講經的時候我常常向大家報告,四弘誓願我現在修兩個,「眾生無邊誓願度」,度眾生的大願就是大菩提心,這個要有,不能沒有,沒有就變成小乘了,要有度眾生的心;「煩惱無盡誓願斷」,這就得放下,要放下煩惱,求生極樂世界,四弘誓願兩條。後面兩條到極樂世界再學,後面是「法門無量誓願學」、「佛道無上誓願成」。佛道無上誓願成是在實報土,法門無量誓願學在極樂世界同居土、方便土統統可以學,而且無量無邊無盡的法門很快就學完。

二零一四淨土大經科註  (第四十二集)  2014/5/1