Rabu, 05 Februari 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 Januari 2014



Kami tidak pernah membayangkan bahwa seluruh sekolah dasar dan menengah di Indonesia, memasukkan Di Zi Gui menjadi mata pelajaran wajib dalam kurikulum mereka, ini tidak pernah saya bayangkan sebelumnya.

Universitas Islam Indonesia bermaksud mendirikan Akademi Han di dalam kampus mereka, ini juga tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Ini nyata dan bukan semu, bahkan untuk masalah ini, staf dari departemen pendidikan mereka sengaja datang ke Hongkong untuk mengunjungiku. Dengan menaiki pesawat pagi hari, makan siang di sini, kami sempat berbincang selama lebih dari tiga jam, sore harinya dia pulang kembali ke tanah airnya, dengan pesawat pukul lima sore, dia datang dengan status lawatan khusus.

Rektor Universitas beserta rombongannya beberapa orang dosen juga melakukan lawatan khusus, berharap agar saya melakukan kunjungan ke Indonesia, tahun ini saya akan mencari waktu untuk melihat ke sana.

Luar negeri begitu serius melakukannya, dampaknya sangat besar. Tahun ini bulan Mei, agenda kita di PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa) akan diadakan kegiatan Hari Waisak, dengan tuan rumahnya adalah Srilangka. Saya ingin mengusulkan agar mengundang Menteri Pendidikan Indonesia dan Rektor Universitas Islam Indonesia untuk menghadiri dan memberikan pidato pada acara tersebut. Bagaimana situasi negara mereka dalam mendorong perkembangan budaya tradisional Tionghoa, mereka boleh menyampaikan laporan ini di PBB.       

Mereka boleh membawa buku-buku pelajaran sekolah hasil terjemahan dalam Bahasa Indonesia, sekitar 200 eksemplar buku, untuk dibagikan kepada setiap duta besar negara-negara di dunia. Agar mereka dapat melihat bagaimana keseriusan Indonesia dalam melakukannya, mempelajarinya, saya yakin bahwa ini dapat membawa masyarakat kedalam kestabilan dan keharmonisan, dapat mengurai semua perselisihan dan pertentangan, ini sesuai dengan misi PBB.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 Januari 2014


我們沒有想到,印度尼西亞全國中小學,把《弟子規》納入必修的課程,這個我沒想到。回教大學裡面要成立一個漢學院,這也是沒法想像的。這個事情是真的不是假的,他們教育部的官員為這個事情特地到香港來訪問。乘早班飛機來的,在我這裡吃午飯,我們大概談了三個多小時,下午就回去了,五點鐘的飛機就回去了,專程來的。大學校長帶了幾位教授也是專程來的,希望我去做一次訪問,今年我找時間我去看看。外國這麼認真去做,影響很大。今年五月,我們在聯合國還有一個活動,佛誕節,他們叫衛塞節,由斯里蘭卡主辦。我要建議邀請印尼教育部部長、邀請回教大學的校長,來給我們做報告,他們這個國家推動傳統文化的狀況,在聯合國做報告。把他們學校用的課本,他們是馬來文寫的,帶個兩百本,分送給每個國家的大使。讓他們看看,印尼非常認真在做、在學習,相信這可以促進社會安定和諧,可以化解一切衝突,這是符合聯合國的目標。

二零一二淨土大經科註  (第五九八集)  2014/1/24