Kamis, 20 November 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 November 2014


Kita dapat membayangkan bahwa di Alam Sukhavati itu sangat ramai sekali, memang benar, sungguh ramai sekali, yang tak terpikirkan oleh anda. Namun setiap penduduk Alam Sukhavati hatinya begitu suci, takkan menaruh hal ini di dalam hatinya, ini sungguh hebat. Berlakon di atas pentas, setiap pemerannya dapat mengetahui bahwa ini hanyalah lakonan semata, janganlah menganggap serius, maka dia akan bebas tanpa rintangan dalam menyelamatkan semua makhluk, batin sendiri takkan tercemar sama sekali.

Sedangkan di alam ini kita tidak bisa bertindak sedemikian, dalam menyelamatkan makhluk lain batin kita masih dapat tercemar, kadang kala terkotori hingga tidak mampu lagi kembali ke jalan yang benar, diri sendiri terperosok ke dalamnya, ini sungguh disayangkan. Maka itu dalam mendidik makhluk lain harus memiliki kekuatan samadhi, harus dapat mengikhlaskan dan merelakan. Andaikata tidak sanggup mengikhlaskan dan merelakan, maka jangan dulu melakukan pekerjaan ini, terlebih dulu menfokuskan pikiran melafal Amituofo dan bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, barulah kembali lagi untuk menyelamatkan para makhluk, saat itu batin anda takkan bisa tercemar lagi.  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 November 2014


我們會想到,極樂世界太熱鬧了,沒錯,是非常熱鬧,你意想不到。但是各個人心清淨,都沒有把這些事情放在心上,這個了不起。舞台表演,每個表演的人都知道這是假戲,不要當真,他就自在了,普度眾生,自己沒有絲毫染著。我們這個世界不行,度眾生有染污,有時候染污回不了頭來,自己陷下去了,那就很可惜了。所以,教化眾生要有定功,要看破,要放下。沒有看破,沒有放下,別幹這個事情,先一心念佛求生淨土,回來再幹,回來就不會染污了。

文摘恭录 二零一四淨土大經科註  (第一三一集)  2014/11/9











Anda ingin menimbun jasa kebajikan, bagaimana caranya? Yakni dengan setulusnya melafal Amituofo. Jasa kebajikan apapun tidak sebanding dengan melafal Amituofo dengan setulusnya, mengapa tidak sudi melafal Amituofo? Mengapa masih berkhayal? Bila di dunia ini anda suka pada emas, perak, harta permata, maka tahukah anda bahwa benda-benda ini digunakan untuk apa di Alam Sukhavati? Untuk mengaspal jalan, sebagai bahan bangunan. Di sini kita menggunakan semen dan batu bata untuk mendirikan bangunan, di sana menggunakan mutiara, cornelian, dan permata lainnya.

Di Alam Sukhavati emas digunakan untuk mengaspal jalan, sedangkan di sini digunakan aspal. Dengan demikian anda dapat membayangkan betapa makmurnya Alam Sukhavati, kita di sini mana mungkin bisa sebanding dengannya! Tetapi kita dapat memperolehnya, yakni dengan cara menfokuskan pikiran melafal Amituofo bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, sedikitpun tidak semu. Mengapa tidak sudi terlahir ke sana?   

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 November 2014


你要想修積功德,怎麼修?老實念佛,就修了。修什麼樣的功德,也沒有老實念佛這個功德大,也沒有老實念佛的功德多,為什麼不念佛?為什麼去打妄想?你貪圖世間金銀財寶,你不知道極樂世界,極樂世界這些金銀財寶幹什麼的?鋪馬路的、建築材料,我們這裡用鋼筋水泥,人家用珍珠、瑪瑙,黃金鋪馬路,此地用的是柏油,極樂世界是黃金鋪路的。你就知道極樂世界多富有,我們怎麼能比!但是我們可以得到,一心念佛求生淨土就得到,一點都不假。為什麼不去?

文摘恭录 二零一四淨土大經科註  (第一三一集)  2014/11/9