Kamis, 15 Mei 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Mei 2014



Kalangan Buddhisme mengatakan bahwa balas budi harus membalas empat jenis budi besar, empat jenis budi ini telah berjasa terhadap tubuh jasmaniku sehingga dapat mempertahankan hidup di dunia ini. Yang pertama adalah ayahbunda. Yang kedua adalah Buddha dan Bodhisattva sebagai guru kita, memiliki budi kebajikan telah memberi ajaran pada kita.

Yang ketiga adalah negara, negara memiliki budi kebajikan telah memberi kita perlindungan, tanpa perlindungan negara, maka semua aktivitasmu tiada jaminan keselamatan, maka itu negara memiliki budi besar. Yang keempat adalah budi semua makluk, seluruh makhluk, kita bertahan hidup karena mengandalkan jasa dari semua makhluk, usaha yang dikelola oleh semua makhluk, makanan dan pakaian serta tempat hunian barulah dapat tersedia, kurang satu macam saja tidak bisa.

Maka itu pintu Ajaran Buddha menyadari bahwa “Sebutir beras dari pendana, budi kebajikannya sebesar Gunung Sumeru”. Setiap hari kita makan nasi, untuk menyediakan semangkok nasi, diperlukan kekuatan berapa orang; sepotong pakaian yang kita kenakan, berapa banyak perhatian dan tenaga yang telah tercurahkan di dalamnya. Bagaimana bisa tidak merasa berterimakasih?

Menerima budi harus tahu berterimakasih, berterimakasih pada orang yang telah berbudi, semua makhluk adalah orang yang telah berbudi pada kita, ini barulah disebut berbakti, ini barulah disebut menghormati guru dan menunjung tinggi ajaran agama.

Orang masa kini tidak lagi memahami hal ini, tidak ada yang mengajari mereka, meskipun tidak ada yang mendidik mereka, namun kenyataannya adalah sama, setiap hari apa yang anda makan dan pakai, begitu banyak keleluasaan bagimu, berapa orang yang telah berjasa padamu, kita tidak pernah merenungkannya. Apabila setiap insan dapat membangkitkan hati berterimakasih, maka masyarakat ini akan harmonis, dunia diliputi perdamaian, jadi ini bukanlah sebuah hal sepele saja.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Mei 2014


佛家講報恩要報四重恩,這四種對我身體能存活在這個世間都有貢獻。第一個是父母。第二個是佛菩薩,就是老師,有教育我們的恩德。第三個是國家,國家有保護我們的恩德,沒有國家的保護,你一切的活動都沒有安全保障,所以國家有大恩。第四個是眾生恩,所有一切眾生,我們生存所仰賴的一切眾生的照顧,一切眾生的經營,我們的衣食住行才能完備,少一樣都不行。所以佛門知道「施主一粒米,大如須彌山」。我們每天吃飯,這一碗飯,多少人的力量才成就這一碗飯;穿的這件衣,多少人的心力、體力。怎麼能不感恩?恩要感謝,感謝恩人,一切眾生都是恩人,這才是盡孝,這才是尊師重道。現在人都不懂了,沒有人教他,雖沒有人教,但是事還是一樣,你每天吃的、穿的有這麼多的便利,多少人在為你服務,我們都沒有想到。人有感恩之心,人人都能感恩,這個社會和諧,天下太平,不是小事。

二零一四淨土大經科註  (第四十七集)  2014/5/6