Rabu, 02 April 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Maret 2014



Banjir, naiknya permukaan air laut, tsunami adalah karena keserakahan akan nafsu, keserakahan menyebabkan bencana air. Kebencian mengundang bencana api, suhu panas bumi meningkat dengan tajam, cuaca berubah ekstrim, gunung berapi meletus. Cuaca berubah tak menentu, siang hari suhu panas bisa mencapai hingga berkisar 40-50 derajat celcius, malam hari bisa turun hingga 40-50 derajat di bawah nol derajat celcius. Siang hari begitu panas, malam hari membekukan manusia, bagaimana manusia mampu bertahan dalam keadaan demikian.

Kondisi ini berkaitan dengan apa? Berhubungan dengan amarah, kebencian, keangkuhan dan iri hati. Jika niat pikiran ini sudah tidak ada lagi, maka bencana ini takkan muncul lagi. Bencana angin, topan berasal dari moha, keangkuhan mengakibatkan gempa bumi, kecurigaan menyebabkan tanah longsor.

Beberapa tahun belakangan ini, di mana-mana terjadi tanah longsor. Kecurigaan sungguh menakutkan, dan kini sangat umum, pertama, tidak yakin pada diri sendiri, ada berapa insan yang memiliki keyakinan pada dirinya sendiri?

Di dalam keluarga, ayah dan anak saling mencurigai, suami istri saling mencurigai, kakak adik saling mencurigai, sampai di masyarakat, semua insan saling curiga mencurigai, tidak berani saling percaya, mengapa masyarakat sekarang bisa sampai begini.

Masa lalu tidak begini, tidak perlu bahas jauh-jauh, 40 tahun yang lalu, keadaan masyarakat masih lebih baik daripada sekarang, meskipun ada kecurigaan, tetapi tidak separah sekarang, tidak terdengar berita tanah longsor, tidak seperti sekarang dimana-mana terdengar kejadian tanah longsor.

Maka itu asalkan manusia bersedia melepaskan lobha, dosa, moha, keangkuhan dan kecurigaan, maka dapat melenyapkan banyak bencana.


Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Maret 2014



  洪水氾濫、海水上升、江河氾濫、海嘯這一類是貪婪所感得的,貪心應對的是水災。瞋恚應對的是火災,地球溫度上升,氣候反常,火山爆發。氣候反常,白天四、五十度,晚上零下四、五十度,中午太熱,晚上凍死人,人在這種氣候怎麼生存。這與什麼有關係?與發脾氣有關係,與瞋恚、傲慢、嫉妒,與這些有關係,這些念頭沒有了,這種災難就不會出現。風災,颶風是愚痴,傲慢是地震,懷疑是山崩地陷。真的,最近這些年來許多地方大面積的山崩地陷,懷疑。懷疑很可怕,現在非常普遍,首先不相信自己,有幾個人對自己有信心?

家庭裡面,父子懷疑、夫妻懷疑、兄弟懷疑,到社會上人與人之間都有懷疑,都不敢相信人,社會怎麼會變成這個樣子。過去沒有,不要說太久,四十年前比現在好得太多了,雖然有懷疑,不嚴重,沒有聽說山崩地陷,最近這幾年山崩地陷到處都發生。所以我們人只要遠離、放下貪瞋痴慢疑,就能化解地球上許許多多的災難。

二零一四淨土大經科註  (第十五集)  2014/3/26