Kamis, 06 November 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 28 Oktober 2014



Budaya tradisional Tiongkok sejak awal sejarah peradaban Bangsa Tionghoa hingga akhir masa Dinasti Qing, mengapa warisan ilmu pengetahuan dari mereka dapat bertahan hingga sekarang? Karena teori-teori yang mereka kemukakan adalah mengalir dari jiwa sejati. Takkan pudar dimakan waktu, juga takkan mengikuti ruang dan berubah kadarnya, namun dapat bertahan dengan kokoh.

Teori-teori ini bukan keluar dari khayalan dan perbedaan. Segala sesuatu yang berasal dari hati khayal adalah sampah, takkan tahan uji, teori yang dikemukakan oleh para ilmuwan, setelah melewati waktu 10 atau 20 tahun, ketika ada ilmuwan lain menemukan hal baru, maka teori sebelumnya akan dibantahnya. Teori yang bisa dibantah adalah sampah, sedangkan yang tidak bisa dibantah barulah disebut kebenaran.

Tetapi hari ini kebenaran malah dibantah, berbakti adalah kebenaran, hari ini orang-orang malah membantah bakti; rasa hormat adalah kebenaran, orang sekarang malah mengabaikannya. Mereka akan berkilah, andaikata saya jujur maka tidak bisa cari uang, jika ingin cari uang maka harus bisa mengelabui orang lain. Kejujuran dan berbakti sudah bukan jamannya lagi; kemuliaan, kebenaran, kesusilaan, kebijaksanaan, dapat dipercaya juga bukan jamannya lagi, orang sekarang tidak mengutamakan kepercayaan lagi, malah berusaha saling menipu, saling membandingkan siapa yang lebih licik dan berakal bulus.

Dengan kondisi masyarakat sekarang ini, setiap orang tidak memiliki rasa aman, sampai makanan dan minuman juga tidak mampu memberi rasa aman, bidang kedokteran juga tidak memberi rasa aman, jatuh sakit makan obat, obat juga tidak memberi rasa aman, bukankah ini sungguh memilukan!

Nilai kebenaran sudah diabaikan, malah memilih menggunakan sesuatu yang ada efek sampingnya, ke mana masyarakat ini akan menuju selanjutnya? Ke arah kemusnahan. Negeri Tiongkok adalah negeri yang penuh ketenangan dan keharmonisan, selama jangka panjang diliputi perdamaian dan stabilitas, menikmati kesejahteraan berkesinambungan, kini kita malah tak menghendakinya lagi, bukankah ini sungguh mengerikan.

Bagaimana caranya untuk menyelamatkan dunia ini? Jawabannya bukanlah orang Tiongkok yang mengemukakannya, namun malah dikemukakan oleh orang Inggeris, dia merupakan sejarahwan dan ahli filsafat, yakni Arnold J. Toynbee, beliau berkata : “Untuk menyelamatkan dunia ini hanya bisa dilakukan dengan ajaran Konfucius dan Mencius serta Buddha Dharma Mahayana”.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 28 Oktober 2014


 中國傳統文化精華篇,從三皇五帝到清朝末年,為什麼他們東西能保存下來?他們留下來的東西是自性本善裡頭流露出來。老祖宗所說的本性本善,佛講自性,本性就是自性,從自性流的東西是真的,真心流出來,純真。不會隨著時間變的,也不會隨著空間變的,它能站得住腳,不生不滅。它不是從分別妄想裡頭流出來的,分別妄想是八識五十一心所,佛稱這些都叫妄心。妄心東西是有生有滅的,那就是糟粕,它禁不起考驗的。科學家講的真理、定律,可是過個十幾二十年,新的科學家發現了,把他這個真理推翻了。會被推翻的叫糟粕,不能被推翻的那是真理。

可是今天真理被人推翻了,孝是真理,今天人反對孝道;敬是真理,誠是真理,現在人都不講了。我要誠實就不能賺錢了,要賺錢一定得騙人。誠不適合這個時代,孝也不適合這個時代;仁義禮智信不合這個時代,這個時代人不講信用,專門看誰會騙誰,誰的本事大,誰能騙得多。社會走到今天,人人沒有安全感,已經到了飲食沒有安全感,醫療沒有安全感,生病用的藥物,藥物沒有安全感,你說人多可憐!正能量的價值觀不要了,要用負能量的取而代之,這個社會往下走結果是什麼?結果是滅亡。中國正統這種能量是安定和諧,長治久安,永續的幸福,大家不要了,你說這個多可怕。

怎麼樣拯救這個世界?這不是中國人說的,中國人沒有這個分量,大家瞧不起,換了個英國人來說的。二十世紀,他是二十世紀歷史哲學家,英國湯恩比博士,他說的,「拯救這個世界,只有中國孔孟學說跟大乘佛法」。

文摘恭录 二零一四淨土大經科註  (第一二四集)  2014/10/28









Dharma yang diperoleh Buddha Sakyamuni, Master Ou Yi menjelaskannya pada kita, Dharma apa yang diperoleh Buddha Sakyamuni? Yakni Dharma melafal nama Buddha mencapai KeBuddhaan. Ini adalah nyata adanya, orang sekarang yang mengatakannya tidak banyak, berkah para makhluk tipis, praktisi senior tempo dulu masih ada yang mengatakannya. Ini adalah untuk memperagakan pada kita, para Buddha dan Bodhisattva, guru sesepuh dan praktisi senior, semuanya juga memperagakan pada kita, kita harus bisa melihat dan mendengarnya, barulah anda dapat mempelajarinya.  

Andaikata tidak bisa melihat dan mendengarnya, melewatinya dengan sia-sia, maka ini dikarenakan kekotoran batin (klesa) dan tabiat yang sangat berat, begitu ceroboh, tidak memiliki rasa hormat, malah mencurigai dan meragukannya. Insan yang ragu itu sangat banyak sekali, terutama para praktisi pemula yang pendiriannya masih rapuh, mudah digoyahkan orang lain.

Apakah si tukang pengaruh itu harus menanggung akibat karmanya? Tentu saja, dia harus memikul tanggung jawab akibat memutuskan jiwa kebijaksanaan Dharmakaya insan lain, karma buruk yang diperbuat ini amat berat, sungguh mengerikan. Dosa akibat membunuh masih terhitung kecil bila dibandingkan dengan dosa akibat memutuskan jiwa kebijaksanaan Dharmakaya yang sangat besar.

Umpamanya berkah yang ditimbun oleh seorang praktisi dari menjalankan lima sila dan sepuluh kebajikan adalah lumanyan, lalu anda membunuhnya, setelah 49 hari dia akan bertumimbal lahir lagi jadi manusia. Namun andaikata karena hasutan anda sehingga dia tak percaya lagi pada Buddha Dharma, maka pada kehidupan mendatang belum tentu dia berkesempatan bertemu dengan Buddha Dharma, sehingga dia akan semakin tersesat, tidak tahu harus menunggu sampai kelahiran ke berapa barulah dapat bertemu kembali dengan Buddha Dharma. 

Ini menjelaskan bahwa dosa akibat memutuskan jiwa kebijaksanaan Dharmakaya orang lain jika dibandingkan dengan dosa akibat membunuh, adalah terlampau besar, menjelaskan bahwa kesempatan yang langka untuk dapat bertemu dengan Ajaran Buddha, apalagi kesempatan bertemu dengan Ajaran Sukhavati merupakan yang paling sulit, juga merupakan kesempatan yang sulit untuk bertemu dengan Sutra Usia Tanpa Batas versi rangkuman Upasaka Xia Lian-ju dan penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas karya Upasaka Huang Nian-zu!

Andaikata karena hasutan anda sehingga kesempatan orang lain untuk bertemu dengan Ajaran Sukhavati ini jadi hilang, bukankah akibatnya akan sungguh mengerikan? Andaikata dia adalah orang yang pengertian, memahami kebenaran, pasti takkan berani melakukannya. Insan yang memahami kebenaran pasti akan menyakini secara mendalam dan membulatkan tekad untuk terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, kekuatan apapun takkan mampu mengubah pendiriannya, serupa Master Hai Xian yang telah benar-benar memahaminya dengan jelas.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 28 Oktober 2014


佛所得的法,蕅益大師給我們講清楚了,釋迦牟尼所得的法,得什麼法?念佛成佛之法。這是真的,現在講的人不多,眾生福薄,古大德還有說的。這都給我們表法,諸佛菩薩、祖師大德各各都為我們說法表法,我們要會看會聽,你才能學到。不會看、不會聽,當面錯過,那是什麼?自己的煩惱習氣很重,粗心大意,沒有恭敬心,有懷疑,半信半疑。半信半疑的人太多太多了,他跟老修,老修如如不動,他干擾不了他,但是初學的人很容易被他干擾。他要不要負因果責任?要,他要負斷人法身慧命的責任,這個業可造大了,太可怕了。殺人身命罪小,斷人慧命罪大。

  這個人修的有福,五戒十善修得不錯,你把他殺死了,他四十九天又到人間來,又得人身,所以這個罪不算重。他這一生得遇到佛法,他來生得人身能不能遇到佛法?問題可就大了。如果一生不遇到佛法,他迷了,下一生更不可能,不知道要迷到哪一生才有那麼個機會再碰到。這是說明,斷人慧命的罪業比斷身命要大太多太多,說明佛法難聞,說明淨土是難中之難,說明像夏蓮居老居士這種會集本、黃念老的這個集註太難得了!你把人家這個機會斷掉了,這還得了?他要是個明白人,要知道事實真相,決定不敢做。了解事實真相的人,決定深信切願求生淨土,什麼力量都沒辦法改變他,像海賢老和尚一樣,真搞明白、真搞清楚了。

文摘恭录 二零一四淨土大經科註  (第一二四集)  2014/10/28









Hari ini Buddha Sakyamuni telah membabarkan pintu Dharma Ajaran Sukhavati ini kepada kita semuanya, “Dharma Istimewa Terunggul”, kalimat ini harus diingat. Mengapa demikian? Dapat mengingatnya, sering-sering mengingatnya, barulah dapat mensyukurinya, barulah benar-benar membulatkan tekad, saya tidak boleh menyia-nyiakan kehidupan ini, saya harus benar-benar menggenggam kesempatan ini dengan erat.

Seperti yang dikatakan oleh Master Shan Dao bahwa andaikata ada orang yang datang menasehatimu, atau seorang kalyanamitra besar, yang dijunjung oleh manusia di kolong langit ini, dimana semua orang berguru padanya, katanya dia masih punya satu metode yang lebih unggul daripada metode pelafalan Amituofo, punya dia lebih hebat bisa mengeliminasi rintangan karma.

Orang yang tidak memiliki pendirian, begitu mendengarnya hatinya langsung goyah, seketika juga belajar padanya. Terhadap “Pintu Dharma Istimewa Terunggul” ini, dia malah curiga dan tidak percaya bahwa pintu Dharma ini adalah yang teristimewa dan terunggul. 

Orang lain mengiming-iming bahwa masih ada pintu Dharma lainnya, dia percaya begitu saja lalu menerimanya. Padahal jalan yang selama ini dianutnya(Ajaran Sukhavati) adalah jalan lurus dan langsung untuk mencapai KeBuddhaan, dia memperdayaimu untuk masuk kembali ke dalam lingkaran tumimbal lahir, sungguh memprihatinkan!

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 28 Oktober 2014


 佛今天要開演這個法門,「第一希有之法」,這句要記住。為什麼?真正能記住,常常記住,才覺得自己太幸運了,才真正發起的意願,我這一生不能空過,我一定要把它抓住。就像善導大師在《觀經四帖疏》上品上生章上所說的,有人來勸你,大善知識,天下人都尊敬的,都向他學習的,我還有一法,比念佛這個方法還殊勝,念佛不能消業障,我這個法能消業障。他心馬上動搖,馬上要跟他學,這是什麼?見異思遷。在這個第一稀有法門他有懷疑,他不相信這是第一稀有法門。別人說還有別的法門,他相信,他接受了。你這條路直接通到成佛的,他把你引誘到旁邊去,又引誘你到輪迴去打圈圈去,可憐!經教裡面說可憐憫者,哪一類人?就這類人,真可憐,好不容易摸到這條路,輕易的就放棄了。

文摘恭录 二零一四淨土大經科註  (第一二四集)  2014/10/28








Meskipun kalyanamitra besar yang datang menasehatimu untuk mengubah aliranmu, maka anda cukup mengucapkan terima kasih padanya, saya berterimakasih pada anda, namun saya tetap mempertahankan metode melafal Amituofo, saya takkan mengubahnya, terima kasih atas perhatian anda, lalu pamit dengan hormat dan jangan sampai pendirian anda jadi goyah.

Lalu bagaimana bila bertemu dengan orang yang telah mencapai kesucian tingkat pertama, kedua, ketiga yang datang menasehatimu, anda juga harus menolaknya. Dan bagaimana pula jika Bodhisattva yang datang menasehatimu, anda juga hendaknya tak tergoyahkan.

Bagaimana pula bila Buddha Sakyamuni yang datang menasehatimu, sampai yang terakhir Buddha Amitabha sendiri yang datang berkata padamu, Saya masih memiliki satu metode yang lebih hebat, jasa kebajikannya lebih hebat, menyuruhmu agar melepaskan metode melafal Amituofo. Maka praktisi ini hendaknya mengucapkan terima kasih, saya tetap mempertahankan metode melafal Amituofo ini, saya takkan mengubahnya. 

Apabila sampai Buddha yang datang dan anda juga tak tergoyahkan, maka ini berarti anda memiliki akar yang mendalam dan kokoh, mana mungkin ada alasan tak berhasil?

Namun sayangnya sekarang tidak perlu Arahat, Bodhisattva, Buddha datang untuk mengujimu, sekarang setan datang menampilkan sedikit kekuatan gaib saja bisa membuatmu hanyut terlena, saat itu perkataan Buddha juga tak sudi didengar lagi, namun perkataan setan dituruti dengan serta merta, bukankah ini sungguh memprihatinkan?

Maka itu di dalam sutra tercantum bahwa Pintu Dharma Ajaran Sukhavati adalah “Pintu Dharma Istimewa Terunggul”, apakah anda masih berminat pada yang lain?       

    Kutipan Ceramah Master Chin Kung 28 Oktober 2014


《觀經》上說這大善知識,他來勸你,你給他頂禮感謝,我謝謝你,我就守這個持名念佛,我不再改了,謝謝你的關愛,感謝,禮辭,不能動搖。大善知識。那碰到一個修行證果的,證了二果、三果,來勸你,你也拒絕他。來了個菩薩,菩薩勸你,你還是如如不動。釋迦佛來了,最後阿彌陀佛親自來了,告訴你,我還有一個法門,比信願持名還要高、功德還要大,叫你放下信願持名,接受阿彌陀佛的大法。這個學人感謝阿彌陀佛,我還是守老方法,信願持名,我不願意改動。《四帖疏》上很長一大篇文字。佛來勸你,你都如如不動,你這個根深,根深蒂固,你哪有不成功道理?現在不必要阿羅漢、菩薩、佛,不必要,現在鬼來現神通就把你迷住了,到時候佛的話不聽了,聽鬼話,你說你可憐不可憐?所以這個經上講的第一稀有之法,這部經,你還要搞別的嗎?

文摘恭录 二零一四淨土大經科註  (第一二四集)  2014/10/28








Segala apa yang dialami oleh masing-masing makhluk adalah merupakan hasil perbuatannya sendiri, tidak ada kaitannya dengan orang lain. Insan lain menasehatimu, memikatmu agar melepaskan jalan benar dan beralih ke jalan yang sesat, lalu anda jadi terpedaya, melepaskan jalan benar, anda begitu ikhlas, maka akibatnya harus ditanggung sendiri.

Orang yang memikatmu tidak perlu bertanggungjawab, karena anda sendiri yang begitu ikhlas mengikutinya, maka akibatnya harus ditanggung sendiri, kebenaran ini tidak boleh tidak dipahami.

Kenyataaan ini memang ada di depan mata kita, setiap saat anda dapat menemukannya. Mengapa anda begitu gampang diperdaya? Ini karena kekotoran batin (klesa) dan tabiat anda begitu parah, pandangan benar anda begitu tipis dan lemah, tak berdaya menghadapi ketenaran dan keuntungan, harta, rupa, nama dan keuntungan, tak berdaya menghadapi godaan ini.

Maka itu insan yang belajar Ajaran Buddha itu banyak, praktisi pelafal Amituofo juga tidak sedikit, namun insan yang benar-benar dapat menjauhi penderitaan memperoleh kebahagiaan itu jumlahnya sedikit. 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 28 Oktober 2014
 

遍法界虛空界一切眾生之所受都是自己造的,於任何人都不相干。別人勸你,別人誘惑你,你在正道,他是旁門左道,偏離正道,他來誘惑你,你接受他的,放棄正道,你甘心情願,責任要自己負。誘惑你的人不負責任,你自己情願跟他走,責任要自己負,這個道理不能不知道。這些事實確實就在我們眼前,你從早到晚時時刻刻會遇到。你為什麼會那麼輕易受人誘惑?是因為你的煩惱習氣太重了,你的正知正見太薄弱了,有那麼一點點,禁不起名聞利養、財色名利,禁不起這個誘惑。所以學佛的人多,念佛的人不少,真正能離苦得樂的人很少。

文摘恭录 二零一四淨土大經科註  (第一二四集)  2014/10/28