Jumat, 02 Mei 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 April 2014



Di dalam buah pena Master Ou Yi tercantum bahwa sepatah Amituofo adalah Dharma anuttara-samyak-sambodhi yang diperoleh Buddha Sakyamuni di dunia yang dipenuhi oleh lima kekeruhan. Sepatah kalimat ini membuat Master Yin Guang salut hingga melakukan namaskara, sejak dulu tidak ada orang yang berkata sedemikian, bagaimana cara Buddha Sakyamuni mencapai KeBuddhaan? Yakni melafal Amituofo mencapai KeBuddhaan, tidak pernah ada orang yang mengatakannya, hanya di dalam buah pena Master Ou Yi yang mencantumkannya.

Di dalam Amitabha Sutra ada tercantum, kita sungguh gegabah, andaikata bukan Master Ou Yi yang mengucapkannya keluar, kita tidak memperhatikannya. Memang benar, Buddha Sakyamuni di bumi kita ini, di dunia yang dipenuhi lima kekeruhan ini, Beliau mencapai KeBuddhaan. Dengan cara apa Beliau mencapai KeBuddhaan? Yakni dengan sepatah Amituofo, maka Beliau memperoleh Dharma Anuttara-samyak-sambodhi. Anuttara-samyak-sambodhi bila diterjemahkan dalam Bahasa Mandarin artinya adalah pencerahan tertinggi, yang dicapai oleh Tathagata.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 April 2014



《要解》云:故一聲阿彌陀佛,即釋迦本師於五濁惡世所得阿耨多羅三藐三菩提法」。這一句話印光大師佩服得五體投地,自古以來沒有人這樣說過,釋迦牟尼佛是怎麼成佛的?念阿彌陀佛成佛的,沒人講過,只有他在《要解》裡頭說出來了。《彌陀經》上真有,我們粗心大意,不是他說出來,我們都沒有注意到這一句。確確實實,釋迦牟尼佛在我們這個地球上,五濁惡世,他成佛了。用什麼方法成佛?用一聲阿彌陀佛,他就得阿耨多羅三藐三菩提法。阿耨多羅三藐三菩提翻成中國的意思,無上正等正覺,如來所證得的。

二零一四淨土大經科註  (第三十七集)  2014/4/24