Senin, 27 Januari 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Januari 2014



Di dalam Enam Paramita, Dana Paramita dan Ksanti Paramita adalah kuncinya, berdana untuk memupuk berkah, kesabaran adalah kunci keberhasilan, jika waktu mengumpulkan berkah tetapi tidak bisa menahan kesabaran, maka pahalanya akan hilang.

Kalangan Buddhisme sering mengucapkan “api membakar hutan jasa kebajikan”, lihatlah, anda mengumpulkan banyak jasa kebajikan, tetapi begitu timbul amarah, api langsung melalap habis seluruh jasa kebajikan, sungguh disayangkan.

Jika ingin menghitung sepanjang hidupmu telah terkumpul berapa banyak jasa kebajikan, maka dari kapan mulai dihitung? Yakni dari kapan saat terakhir anda mengumbar kemarahan, dan sampai sekarang anda tidak pernah marah lagi, inilah jasa kebajikan yang berhasil terakumulasi.

Tetapi jika saat menjelang ajal anda emosi lagi, maka sepanjang hidup seluruh jasa kebajikan yang anda kumpulkan jadi ludes. Api kebencian sungguh menakutkan!


Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Januari 2014



六波羅蜜裡頭以布施跟忍辱是關鍵,布施是修福,忍辱是成就,修福不能忍,福報都漏掉了。佛門常講,火燒功德林,你看,你修了很多功德,一發脾氣,這一把火把功德全燒掉了,很可惜。如果要問修積功德,你這一生修多少功德,要從哪裡算起?從你上一次發完脾氣之後,到現在沒發脾氣,這功德。那一生呢?在臨終之前,什麼時候沒有發過脾氣,這就當功德;如果臨終發了脾氣,功德就完了。瞋恚之火非常可怕!

二零一二淨土大經科註  (第五七七集)  2014/1/10










Moha (kebodohan) mengundang bencana angin, maka itu tahun-tahun belakangan ini di bumi muncul bencana angin yang tak terbayangkan, dimana pada masa lalu tidak pernah ada, tornado dan badai topan. Setelah bencana angin reda, semua bangunan jadi rusak, bahkan kabel listrik juga putus akibat kencangnya angin. Sedangkan lobha (keserakahan) mengundang bencana air dan tsunami. Dosa (kebencian) mengundang bencana api, temperatur naik, gunung berapi meletus.

Ajaran Buddha mengajarkan kita untuk “memadamkan lobha, dosa dan moha”, dengan apa kita memadamkannya? Yakni dengan “giat melatih sila, samadhi dan prajna”, dengan sila untuk menghentikan lobha, dengan samadhi menghentikan dosa, dan dengan prajna untuk menghentikan moha.

Dengan sila, samadhi dan prajna untuk mengatasi lobha, dosa dan moha.


Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Januari 2014


愚痴所感的災難是風災,所以最近這些年,地球上出現很不可思議的風災,過去沒有過的,龍捲風、颶風。風災過去之後,所有一切建築物幾乎都被破壞,連電線桿都吹斷。貪瞋痴造成的,貪是水災,海嘯,瞋恚是火災,溫度上升,火山爆發,都屬於這些。佛教導我們「息滅貪瞋痴」,用什麼息滅?「勤修戒定慧」,用戒來治貪,用定來治瞋恚,用智慧來治愚痴,戒定慧對付貪瞋痴。

二零一二淨土大經科註  (第五七七集)  2014/1/10