Jumat, 07 Februari 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 31 Januari 2014



Sekarang Malaysia mendirikan “Malaysian Academy of Han Studies”, saya yang akan mempromosikannya, saya yakin ini akan membawa pengaruh yang besar di Asia Tenggara. Saya juga berharap agar Jepang juga ikut membangun Akademi Han, mantan perdana menteri Jepang, Hatoyama bersama istrinya sudah dua kali datang ke Hongkong untuk mengunjungiku, saya menasehati mereka agar mau mendirikan Akademi Han.

Kemudian Korea juga, mereka telah memiliki dasar, leluhur mereka telah memiliki kebudayaan tradisional Tiongkok. Tetapi Korea amat disayangkan, mereka mengubah aksara tradisional menjadi baru, andaikata mereka tidak mengubahnya, waktu dulu mereka masih menggunakan aksara mandarin klasik, maka akan lebih leluasa belajarnya. Maka itu dua negara ini bila ingin memulihkan kebudayaan tradisional Tiongkok takkan mengalami kesulitan.

Sedangkan negara Taiwan harus lebih giat berusaha, kalau tidak maka kelak akan berada di belakang orang lain. Ini takkan pernah terbayangkan, reaksi negara-negara lainnya terhadap Akademi Han bisa begitu bagus.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 31 Januari 2014


馬來西亞現在建立漢學院,我們來推動,我想東南亞會有一定的影響。日本,我也希望日本能夠有漢學院,前首相鳩山夫婦兩次到香港看我,我都是勸他搞漢學院。還有韓國,他們學,他有基礎,他們傳統的就是中國文化。韓國是非常可惜,它改了新的文字,它要不改文字,它過去完全用中國的漢字、文言文,那就太方便了。所以在這兩個國家地區恢復漢學不困難。台灣要認真努力,要不然將來在別人後頭。這是我們沒想到的,周邊對漢學有這麼順利的環境。


二零一二淨土大經科註  (第六0七集)  2014/1/31










Insan bijak jaman dahulu mengajarkan pada kita, permusuhan harus diurai dan jangan dijalin, orang yang bersalah, melukai, menfitnah, menghina dan mencelakai kita, haruslah dimaafkan, mungkin saja pada masa kelahiran yang lampau kita juga memperlakukannya sedemikian, hari ini dia membalas dendam padaku.

Saya telah mengerti dan takkan mendendam, saya berterimakasih, melunasinya dengan tuntas; andaikata saya masih menyimpan dendam, pada kelahiran mendatang saya pasti akan membalasnya. Permusuhan dan saling membalas ini, kedua belah pihak akan sangat menderita, buat apa!

Setelah mengerti maka ikhlaskanlah, melunasinya dengan tuntas. Dengan ketulusan memperlakukan semua orang dan dalam mengatasi masalah, dengan cinta kasih memberi kepedulian kepada semua makhluk, ini baru benar.

Mengetahui bahwa pada kelahiran mendatang ada tempat bagus yang bisa dituju, yakni Alam Sukhavati. Mengapa tidak sudi ke sana? Sampai di Alam Sukhavati, keberhasilan yang diraih, sungguh tidak ada orang yang bisa membayangkannya, Alam Sukhavati adalah lingkungan hidup terbaik dan tempat belajar yang paling terunggul yang ada di seluruh Dharmdhatu dan alam semesta yang tanpa ujung.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 31 Januari 2014



古大德教給我們,冤家宜解不宜結,對不起我的人,傷害我的人,毀謗我的人,侮辱我的人,陷害我的人,要原諒他們,也許過去生中我這樣對待他,今生他對我的報復。我明白了,我沒有怨恨,我感恩,一筆勾消了;如果我還有怨恨,來生我一定報他。這種冤冤相報,雙方都痛苦,何必!想通了,算了,一筆勾消。用真誠心待人接物,用愛心去關懷一切眾生,這就正確了。

  知道有來世,就知道未來有一個真正好的去處,極樂世界。為什麼不去?到達極樂世界的成就,確確實實是一切人無法想像,極樂世界是遍法界虛空界最理想的生活環境,最殊勝的學習環境。

二零一二淨土大經科註  (第六0六集)  2014/1/31