Rabu, 12 Maret 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Maret 2014


Tekad Buddha Amitabha yang ke-18 mengungkapkan bahwa saat menjelang ajal, jika dapat melafal Amituofo baik satu atau sepuluh lafalan, juga dapat terlahir ke Alam Sukhavati, terlalu mudah! Tetapi setelah mendengarnya, kita jangan merasa senang, karena jika merasa senang maka malah akan gagal.

Saat menjelang ajal, satu atau sepuluh lafalan juga bisa terlahir, buat apa saat kini saya tergesa-gesa melafalnya, tunggu saja sampai menjelang ajal baru melafal. Tidak perlu melafalnya, nanti saat menjelang ajal baru melafal.

Anda tidak terpikir, apakah saat menjelang ajal otakmu masih jernih? Jika tidak jernih lagi, lihatlah betapa banyak orang saat menjelang ajal tidak mengenali anggota keluarganya, saat anak cucunya datang menjenguknya, dia malah bertanya: “Anda siapa?”, inilah yang masa kini orang menyebutnya sebagai “penyakit lupa ingatan (Alzheimer)”, orang yang terkena penyakit ini tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati, jodoh untuk terlahir ke sana pupus sudah.

Dalam hidup ini, kita tidak boleh sampai memutuskan jodoh Dharma para makhluk, mungkin karena ini maka buah akibatnya adalah mengidap penyakit lupa ingatan ini. Seharusnya menasehati semua orang melafal Amituofo, dia sudi melafal atau tidak, itu terserah dia, yang penting telinganya telah mendengar lafalan Amituofo, telah mendengar “Sutra Usia Tanpa Batas”, maka benih ini akan bersemi dalam Alaya-vijnana (gudang kesadaran) nya, meskipun saat kini benih ini belum bereaksi, tetapi pada masa kelahiran berikutnya, saat bertemu dengan faktor pendukung maka benih ini akan bersemi.

Ini sungguh bagus, anda selalu membantu makhluk lain menanam akar kebajikan ini, maka anda pasti dapat terlahir ke Alam Sukhavati.    

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Maret 2014



第十八願說出了,臨命終時一念、十念都可以往生,太容易了!可是我們聽了千萬不要僥倖,僥倖會失敗。臨命終一念、十念都能往生,我現在念它幹什麼?不需要念,等臨命終時再念。你有沒有想到,臨命終時你頭腦清不清楚?如果不清楚,你看,很多人臨命終時連他的家人都不認識。自己的晚輩來看他的時候:你是誰?問他是誰,這個就是現在一般人講老年痴呆症,得老年痴呆症的人決定不能往生,往生的緣就斷掉了。在我們這一生生活當中,決定不能斷眾生的法緣,斷眾生的法緣,大概最可能的就是老年痴呆症,你會得這個果報。應該勸大家念佛,他念不念隨他,他耳朵聽到阿彌陀佛、聽到《無量壽經》了,阿賴耶就是種子,這個種子現在不起作用,來生後世遇到緣起作用。這個好,你常常幫助眾生種這個善根,你決定得生極樂世界。


二零一二淨土大經科註  (第六四三集)  2014/3/6