Selasa, 17 Juni 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Juni 2014



Harta kekayaan, ketenaran dan keuntungan, semua ini adalah semu, andaikata anda melekat padanya, melekat dengan kuat, maka ini adalah jalan ke tiga alam penderitaan, kemelekatan yang agak ringan akan mengantar pada kelahiran di tiga alam bajik, jika tidak melekat sama sekali maka akan melampaui enam alam tumimbal lahir, sehingga enam alam tumimbal lahir sudah tidak ada lagi.

Tumimbal lahir adalah semu, merupakan sebuah mimpi, ketika terbangun dari mimpi, maka jejak pun tak ditemukan lagi. Ini adalah mimpi pertama, ada lagi yang kedua, yakni Dasa Dharmadhatu (sepuluh alam Dharma), antara lain di dalamnya termasuk juga alam Sravaka, Pratyeka Buddha, Bodhisattva, Mereka masih memerlukan satu kali lagi untuk terbangun dari mimpi, jika sudah benar-benar terbangun dan sadar, maka sepuluh alam Dharma juga sudah tidak ada lagi. 

Dasa Dharmadhatu adalah alam mimpi yang ringan, sedangkan enam alam tumimbal lahir adalah alam mimpi yang berat, tidak mudah untuk terbangun. Andaikata sudah terbangun dari mimpi, maka baik Dasa Dharmadhatu maupun enam alam tumimbal lahir sudah tidak ada lagi, tiada jejak lagi.

Ini menunjukkan pada kita, bagaimana seharusnya sikap batin kita terhadap enam alam tumimbal lahir dan Dasa Dharmadhatu ini? Yakni menganggap ini sebagai semu secara keseluruhannya, ini adalah sebuah mimpi. Maka itu di dalam sutra Mahayana, Buddha Sakyamuni paling banyak menggunakan kata “mimpi” sebagai perumpamaan, dan sering mengucapkan kata ini.

Ini adalah sebuah mimpi, maka itu jangan dianggap serius. Di alam mimpi ini, anda boleh menikmatinya, tetapi tidak boleh melekat, dan jangan menganggapnya serius dan eksis, maka anda akan merasa bebas dan leluasa.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Juni 2014



 財色名利全是假的,你要是執著,堅固的執著,就是三惡道,輕微的執著這是三善道,不執著就超越輪迴,輪迴就沒有了。輪迴是假的,是一場夢,夢醒了,痕跡都找不到。這是第一種夢,還有第二種夢,第二什麼?十法界,聲聞、緣覺、權教菩薩在這裡頭,他還要經過一次醒過來,真的醒過來,十法界沒有了。十法界,輕微的夢境;六道輪迴,深重的夢境,不容易醒過來。真正醒過來,十法界、六道全沒有了,了無痕跡。這就是告訴我們,六道、十法界要用什麼樣的心態對它?完全覺了它是假的,它是一場夢。所以,佛在大乘經上用夢做比喻講得最多,常常說,這是個夢境,可別當真。夢境,你可以享受,不可以執著,不可以著相,不可以當真,你在這個裡面就得大自在了。


二零一四淨土大經科註  (第五十六集)  2014/6/7