Sabtu, 21 Juni 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Juni 2014



Tidak perlu menggunakan metode lainnya, metode apapun yang digunakan, mana ada yang lebih praktis daripada melafal sepatah Amituofo. Dengan sendirinya pencerahan akan diperoleh, yakni menemukan kembali Jiwa KeBuddhaan.

Tidak perlu menggunakan metode apapun, ini seperti yang kita lihat pada penampilan Master Hai Xian, sepanjang hidupnya hanya melafal sepatah Amituofo saja, tidak melafalnya keluar suara, beliau berkata bahwa dirinya tidak pernah berhenti melafal Amituofo, dalam bekerja juga tidak terputus, ketika harus berinteraksi dengan orang lain, lafalan Amituofo juga tidak terputus, di dalam hatinya melafal Amituofo berkesinambungan.

Dapat menuruti segala jodoh dan tidak melekat pada semua rupa, karena di dalam hatinya hanya ada sepatah Amituofo, selain lafalan Amituofo tiada lagi bentuk-bentuk pikiran lainnya. Memberi teladan kepada orang lain untuk harus jujur dan menunaikan kewajiban. Apakah beliau bisa mengubah viharanya menjadi vihara yang besar? Bisa, tetapi mengapa beliau tidak melakukannya? Kerisauan hati, bisa menimbulkan banyak khayalan dan bentuk-bentuk pikiran, serta banyak masalah.

Lebih baik mendirikan gubuk atau vihara kecil di perdesaan, tidak ada yang gangguan dari luar, hati senantiasa suci, seimbang dan tercerahkan. Maka itu sepanjang hidup beliau memberikan teladan pada kita, menjalankan sila melafal Amituofo, menjalani penderitaan, dan hidup sederhana. Selama 92 tahun tidak pernah mempelajari pintu Dharma lainnya, inilah yang disebut tidak mempelajari metode lainnya, menfokuskan diri pada satu pintu Dharma dan mendalaminya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Juni 2014


不需要用任何的方法,用什麼方法,哪有一句佛號這麼簡單、這麼乾脆。自得心開,著重在自得,自自然然心開悟了,就是明心見性,見性成佛。不假是不需要藉任何方法,就跟老和尚示現的完全相同。老和尚一生佛號不離口,他不出聲,他說了,他生活,佛號沒間斷,工作不間斷,待人接物都不間斷,心裡頭默念。

能隨一切緣,不著一切相,因為心裡頭只有阿彌陀佛,除阿彌陀佛之外沒有妄想、沒有雜念。做給人看,要老實,要本分。他能不能把來佛寺建一個大廟?能,不是不能。為什麼不幹?操心,會帶來很多妄想、帶來很多雜念、帶來很多麻煩。不如鄉間小茅蓬、小廟,外面絲毫干擾沒有,心地清淨平等覺。所以一生給我們做榜樣,持戒念佛,吃的是苦,穿的是補。九十二年沒有拐彎,就是沒有摻雜別的法門,就是不假方便,一門深入。

二零一四淨土大經科註  (第五十九集)  2014/6/10