Minggu, 26 Januari 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 Januari 2014



Jika orang yang anda celakai itu adalah seorang penceramah, anda juga merintanginya, maka karma buruk yang anda jalin adalah dengan para makhluk. Anda mencelakai dan merintanginya sehingga dia tidak berkesempatan menyebarkan Dharma di wilayah ini, sehingga memutuskan jodoh belajar Buddha Dharma bagi umat di daerah tersebut, dari sinilah anda menjalin karma buruk.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 Januari 2014 


你害他、障礙他,這個結罪是跟眾生結的。你害他、障礙他,他不能在這個地區弘法,這個地區人學佛的因緣他斷掉了,他從這裡結罪。

二零一二淨土大經科註  (第五六七集)  2014/1/4







Para bijaksana terdahulu mengajarkan kita “jika bertemu masalah tanyakan kembali pada diri sendiri”. Bagaimana seharusnya? Sebelum melakukan sesuatu kepada orang lain, tanyakan dulu pada diri sendiri, andaikata orang tersebut adalah diri sendiri, apakah kita sudi menerima perlakuan sedemikian?  Apakah saya suka diperlakukan sedemikian?

“Apa yang tidak diinginkan jangan diberikan kepada orang lain”, ini disebut kebajikan, hindarilah kesalahan dan akibatnya. Saya ingin orang lain bersikap sedemikian padaku, maka saya juga harus memperlakukan orang lain dengan sedemikian, barulah saya bisa memperoleh akibat yang menyenangkan. Jika kita tidak suka diperlakukan sedemikian, maka orang lain juga takkan suka, aturan ini harus dipahami.

Insan yang setiap saat dapat berintrospeksi diri, maka kesalahannya akan berkurang. Insan yang berbuat jahat sama sekali tidak pernah mempertimbangkan perasaan orang lain, hanya demi memenuhi kesenangan sendiri, ini menjalin permusuhan dengan orang lain.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 Januari 2014


 我們起心動念,老祖宗教給我們,「行有不得,反求諸己」。應當怎麼樣?起心動念先想想,當事人是我自己,我怎樣承受?我喜不喜歡?「己所不欲,勿施於人」,這叫善心,就避免過失,避免惡報。我喜歡別人怎麼對我,我就應該要怎樣去對別人,我才能得到善的果報。我不希望別人這樣對我,我千萬不要用這些方法對別人,我不喜歡,人家也不喜歡,不能不懂。人能夠時時刻刻回光返照,過失就減少了。在造作一切惡業的時候,完全沒有想到別人的感受,只滿足自己的快意,不行,你跟人結了怨。

二零一二淨土大經科註  (第五六八集)  2014/1/4 








Walaupun dengan niat baik membantu orang lain, tetapi caranya harus trampil dan membuat orang lain merasa bersukacita. Di dalam Ajaran Mahayana, Buddha membabarkan bahwa dimanapun Bodhisattva berada, selalu memberikan sukacita kepada makhluk lain.

Seperti Bodhisattva Maitreya yang selalu menyambut orang lain dengan penuh sukacita, sehingga umat Buddha menempatkan altar dan rupangNya menghadap pintu masuk vihara, apa maknanya? Yakni jika ingin belajar Ajaran Buddha dan memasuki pintu Buddha Dharma, maka yang pertama yang harus dipelajari adalah memaafkan dan menyambut orang lain dengan senyuman.

Ini adalah ajaran, bukan malah menganggap Beliau sebagai dewa yang disembah, tetapi ini ada maknanya. Apa syaratnya jika ingin melangkah masuk ke pintu Ajaran Buddha? Lapang hati dan menyambut orang lain dengan senyuman, ini adalah Buddha dan Bodhisattva.  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 Januari 2014


 縱然是以善意幫助別人,手法也要講求善巧方便,總是讓人生歡喜心。大乘教裡佛常說,菩薩所在之處,令一切眾生生歡喜心。彌勒菩薩是中國佛門弟子大眾推選的一個,以歡喜接人,把他的形像放在山門口,面對著大門。表什麼意思?學佛,進佛門來第一個就是要學著包容,第一個要學笑臉迎人。這是教育,不是把他當神明來禮拜,不是的,是表法的意思。什麼樣的條件能入佛門?寬宏大量,喜笑迎人,這是諸佛菩薩。

二零一二淨土大經科註  (第五六八集)  2014/1/4