Rabu, 29 Januari 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 Januari 2014



Kita harus memiliki tekad yang sama dengan Buddha, Buddha Amitabha mengikrarkan 48 tekad, bagaimana pula dengan kita? Kita juga harus mengikrarkan 48 tekad. Maka itu bertahun-tahun yang lalu ketika saya masih berada di Amerika, Pureland Learning Association baru berdiri, saya menulis tentang asal usulnya, mengajukan lima materi sebagai pintu pelaksanaannya, menyusun buku kebaktian pagi dan sore bagi praktisi Aliran Sukhavati.

Kami mengenyampingkan pelafalan mantra, pada kebaktian pagi kami membaca 48 tekad agung yang kami ambil dari Sutra Usia Tanpa Batas Bab 6.  Sedangkan untuk kebaktian sore kami memilih Bab 32 sampai Bab 37 dari Sutra Usia Tanpa Batas. Bab 32 sampai Bab 37 adalah mengamalkan sila melafal Amituofo, sepenggal bagian sutra yang cukup panjang ini menjelaskan secara rinci tentang Lima Sila, Sepuluh Kebajikan, memotivasi kita agar menghentikan kejahatan dan memupuk kebajikan.

Tekad kita sama dengan Buddha, yakni 48 tekad yang dibaca pada kebaktian pagi; tindakan kita sama dengan Buddha yakni Bab 32 sampai Bab 37 yang kita baca pada kebaktian sore, ini adalah bagaimana Buddha mengajari kita untuk bertindak, menjalani hidup, bekerja, menangani masalah dan memperlakukan orang lain.

Inilah gagasan darimana datangnya buku kebaktian kita, satu hati, satu tekad dan satu tindakan dengan Buddha, membangkitkan Bodhicitta, menfokuskan diri melafal Amituofo, barulah kita dapat menggenggam kesempatan terlahir ke Alam Sukhavati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 Januari 2014 



我們的願要同佛願,阿彌陀佛發四十八願,我們怎麼樣?我們也要發四十八願。所以早年我在美國,淨宗學會成立,我寫了個緣起,提出行門五個科目,編了個淨宗學人的早晚課誦本。我們把經、咒省略掉,早課我們念四十八願,經文選《無量壽經》第六品,晚課我們選《無量壽經》三十二到三十七品,選這幾品經文。三十二到三十七品是持戒念佛,這麼長的一段經文,給我們細說五戒、十善,講得特別清楚,勉勵我們不能不斷惡,不能不修善。

我們的願同佛,那就是早晨的早課四十八願;我們的行同佛,行就是三十二到三十七品,這是佛教我們怎麼行,怎麼生活、怎麼工作、怎樣處事待人接物。我們這個課誦本的理念是這麼來的,跟佛同心,跟佛同願,跟佛同行,發菩提心,一向專念,我們才有把握。

二零一二淨土大經科註  (第五九二集)  2014/1/21