Minggu, 26 Januari 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Januari 2014




Hari ini kita mengalami ketidakadilan, darimana datangnya ketidakadilan itu? Pada masa kelahiran lampau baik disengaja maupun tidak, kita telah membuat orang lain tersinggung, inilah sebabnya, hari ini terlahir dalam masa yang sama, di tempat yang sama pula, bertemu dengan jalinan jodoh yang buruk, buah akibatnya muncul dan juga diterima oleh diri sendiri.

Setelah melihatnya dengan jelas dan telah mengerti, maka takkan lagi menyalahkan orang lain, ketika kondisi buruk datang terimalah dengan ikhlas. Dalam keikhlasan meningkatkan kondisi batin, yang juga meningkatkan sila, samadhi dan prajna kita, agar lebih jelas dan mengerti.

Walaupun menderita tetapi tidak merasakan penderitaan itu, mengapa tidak merasakannya? Karena anda telah mengikhlaskannya, anda tidak  menyimpannya di dalam hati, yang disimpan di hati hanyalah Amituofo. Maka itu para bijaksana terdahulu sering mengatakan bahwa lafalan Amituofo dapat melenyapkan penderitaan, dapat mengeliminasi rintangan karma, ini adalah benar adanya.  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Januari 2014
  

我們今天受了冤屈有怨氣,錯了。冤屈的因是什麼?在過去生中有意無意得罪別人,種下這個因,今天同生在一個時段、在一個地區,又遇到惡緣,果報顯現出來,依然是自作自受。真正看清楚、看明白,自自然然不怨天、不尤人,逆來順受。在順受裡頭提升自己的境界,也就是提升自己戒定慧三學,更清楚、更明白了。雖然受的苦痛,沒有感覺到苦痛,為什麼沒有感覺?你把它放下了,你沒有把它放在心上,放在心上只有佛號。所以古德常說,佛號能消痛燒,能消業,真的不是假的。

二零一二淨土大經科註  (第五七二集)  2014/1/7 







Fitnahan orang lain, kebencian yang ditujukan pada diriku, menghambat, hinaan, sampai pada dicelakai, semua ini adalah untuk mengeliminasi rintangan karma kita, setelah rintangan karma lenyap, pahala pun muncul, jangan tergesa-gesa. Jika selama proses eliminasi rintangan karma, anda masih memiliki kebencian, maka ini sudah salah, rintangan karma akan bertambah berlipat ganda, ini akan menjadi masalah besar.

 Maka itu orang-orang yang membantu kita mengeliminasi karma bukanlah orang jahat, kita harus berterimakasih pada mereka, jika tidak ada mereka, rintangan karmaku tidak bisa tereliminasi.

Perlu anda ketahui bahwa yang memuji diri kita adalah orang yang membantu menghabiskan pahala kita; sedangkan orang yang memarahi dan mencelakai diriku adalah yang membantu mengeliminasi rintangan karmaku. Menurutmu mana yang lebih baik? Pahalaku dihabiskan oleh orang yang mana, kita juga tidak sudi, lebih baik rintangan karma kita yang dieliminasi.

Maka itu terhadap orang yang mencelakai kita, harus berterimakasih dan bersyukur, terhadap orang yang memuji diriku, cukup berterimakasih saja, mengapa demikian?  Karena dia menghabiskan pahalaku, ini harus diketahui. Setelah memahami hal ini dengan jelas, kita hidup di dunia ini setiap harinya begitu gembira, bersukacita dalam Dharma, yang tidak memahaminya maka akan timbul kebencian.

Lihat saja, orang yang memujinya, yang membantunya menghabiskan pahalanya, dia malah merasa senang; sedangkan orang yang membantunya mengeliminasi rintangan karma malah dibencinya. Ini namanya terbalik, ini namanya tidak memiliki kebijaksanaan. Belajar Ajaran Buddha harus bisa membuka kebijaksanaan, kebijaksanaan terlihat dari sisi ini.

Andaikata beberapa kalimat ini sudah kita pahami dan dapat digunakan dalam kehidupan keseharian, maka betapa besarnya berkah tersebut!

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Januari 2014


別人的毀謗,對我們的怨恨、障礙、羞辱,甚至於陷害,全是消業障。業障消盡,福報就現前,別著急。如果在消業障這個時候你還有怨恨心,那就錯了,業障上又加上業障,那個麻煩就大了。所以替我們消業障這些人不是惡人,我們要感恩,沒有他,我的業障消不了。你得要知道,讚歎我的人,獎勵我的人,那是消我的福報;罵我的人,害我的人,消我的罪業。你說哪個好?我的福報被那些人消掉了,這個我們不願意的,業障被人消掉好。所以我們對於陷害我們的人要感恩,對於讚歎我們的人,謝謝他就算了,為什麼?他消我福報,這個要懂得。真正搞清楚、搞明白,我們生活在這個世間天天快樂、法喜充滿,不了解的就產生怨恨。你看,讚歎他的,替他消福報的,他很歡喜;替他消業障的,他還起怨恨。這叫顛倒,這個沒有智慧。學佛要開智慧,智慧就是從這個地方就看到了。這幾句話我們要真懂了,應用在日常生活當中,多大的福氣!


二零一二淨土大經科註  (第五七三集)  2014/1/7 








Jalinan jodoh pada kehidupan ini bukan terjadi secara kebetulan. Andaikata kita telah sampai di Alam Sukhavati maka selamanya kita dapat berada bersama. Jika tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati, maka saat ajal perginya sendirian, tidak ada yang menemanimu, kelak anda tidak bisa bertemu kembali dengan kerabat anda, walaupun ketemu tetapi sudah tidak saling mengenal lagi.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Januari 2014


宿世因緣,不是偶然的。我們如果到極樂世界去一趟,這個緣就成了,就成功了,永遠在一起。要不然的話,不能到極樂世界,走的時候孤孤單單,沒有一個人陪你,你往後也找不到這些人,找到也不認識。


二零一二淨土大經科註  (第五七三集)  2014/1/7