Senin, 09 Juni 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Mei 2014



Jujur saja, hanya hal ini satu-satunya yang merupakan hal yang benar adanya, yakni terlahir ke Alam Sukhavati, yang lainnya adalah palsu dan semu. Karena memang adalah palsu, maka itu jangan taruh di hati, yang ada di hati hanya sepatah Amituofo saja.

Dengan menfokuskan pikiran melafal Amituofo, jiwa raga jadi sehat, takkan ada penyakit, takkan ada bencana, Buddha Amitabha akan memberkati dan melindungi dirimu, keluarga anda senantiasa dalam keadaan selamat dan bahagia, karir dan pekerjaan anda akan lancar selalu, lingkungan hunian juga akan dalam kondisi selamat, takkan ada bencana.

Maka itu kita harus bisa membedakan apa yang sejati dan apa yang semu, yang sejati itulah harus kita genggam dengan erat, sedangkan yang palsu itu haruslah dilepaskan.

Petikan Ceramah Master Chin Kung 18 Mei 2014 di Vihara Ekayana, Jakarta, Indonesia


實在講只有這樁事情,往生極樂世界是真的,其他都是假的。既然都是假的,就不要放在心上,心上只放阿彌陀佛。一心念佛,自己身心健康,不會有病痛,不會有災難,阿彌陀佛加持你、保佑你,你家裡面會很平安、會幸福,你的事業會很順利,居住在這個地方一方平安,不會有災難。所以我們最重要的要辨別什麼是真的、什麼是假的,真的我們要抓住,假的要放下。

對廣化一乘禪寺開示  (共一集)  2014/5/18  印尼廣化一乘禪寺  檔名:32-053-0001








Jika ingin kembali ke hati yang suci, bila ingin agar hati yang suci dapat memunculkan kebijaksanaan, maka harus menfokuskan diri pada satu metode pelatihan diri saja, melatihnya berkesinambungan untuk jangka panjang. Untuk belajar Ajaran Buddha cukup memilih satu pintu Dharma saja, jangan belajar terlalu banyak, dengan belajar satu macam saja maka jadi cepat berhasil. Anggota Sangha, dikarenakan harus memberi ceramah, maka itu dia harus belajar sangat banyak, sedangkan bagi para praktisi awam, asalkan dapat melatih kesucian hati dan kebijaksanaan, maka satu metode sudah cukup.

Tadi pagi saya memperkenalkan pada praktisi sekalian tentang kisah Master Hai Xian, beliau sangat terfokus. Dia hanya melafal sepatah Amituofo, selain sepatah Amituofo ini tiada lagi yang lain, menfokuskan pikiran melafal Amituofo hingga mencapai usia 92 tahun, beliau benar-benar telah melafal Amituofo hingga mencapai “pikiran terfokus tak tergoyahkan”. “Pikiran terfokus tak tergoyahkan” adalah telah mencapai samadhi pelafalan Amituofo, setara dengan pencerahan agung dan menemukan kembali jiwa sejati yang dicapai oleh praktisi Aliran Dhyana.

Maka itu meskipun Master Hai Xian tidak mengenal aksara, tidak pernah bersekolah, namun segala pengetahuan baik duniawi maupun non duniawi juga dapat diketahuinya, tidak ada yang tidak diketahuinya. Ini menjelaskan pada kita bahwa bagaimana seharusnya cara orang jaman sekarang untuk belajar. Yakni memusatkan perhatian pada satu bidang dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan untuk jangka panjang.

Maka itu bagi praktisi pelafal Amituofo, satu buku “Sutra Usia Tanpa Batas” sudah cukup. Andaikata dikatakan “Sutra Usia Tanpa Batas” terlalu panjang, maka satu buku “Amitabha Sutra” juga boleh. Jika “Amitabha Sutra” juga dirasakan masih kurang praktis maka sepatah Amituofo sudah boleh, meneladani Master Hai Xian, anda pasti berhasil. Di dalam hati praktisi pelafal Amituofo hanya ada Amituofo saja, selain Amituofo tiada lagi yang lain, dengan demikian pasti akan berhasil.

Petikan Ceramah Master Chin Kung 18 Mei 2014 di Balai Kenangan Ashin Jinarakkhita, Indonesia.


要想回到清淨心,要想清淨心生智慧,那就要一門深入,長時薰修,學佛的佛法學一門,不能學很多,學一種成就會很快。出家的法師,因為他要講經教學,所以他學很多,我們在家學佛,只要學清淨心、學開智慧,一門就夠了。我早晨跟大家介紹的海賢老和尚的故事,他是專中之專,專門,他專到極處了。他就是一句阿彌陀佛,除了一句阿彌陀佛,他什麼都沒有,一心一意念了九十二年,他確確實實是念到了一心不亂。一心不亂就是得念佛三昧,跟禪宗大徹大悟、明心見性完全平等。所以老和尚雖然不認識字,沒有念過書,世出世間一切法他全知道,他沒有一樣不知道的。這就是告訴我們現代人要怎樣學?要一門深入,長時薰修。

  所以念佛人,一部《無量壽經》就夠了。如果說《無量壽經》還太多,一部《阿彌陀經》也行。如果說《阿彌陀經》還麻煩,那就一句佛號就行了,學老和尚,你決定成就。念佛人心裡頭就是阿彌陀佛,除阿彌陀佛之外什麼都沒有,這樣就成功了。

Balai Kenangan Ashin Jinarakkhita參觀和開示  (共一集)  2014/5/18  印尼Balai Kenangan AshinJinarakkhita  檔名:32-054-0001