Sabtu, 27 September 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 September 2014



Apakah kita boleh melepaskan Buddha Sakyamuni? Tidak boleh! Ada orang yang bilang bahwa Buddha Sakyamuni adalah guru kita, jadi apa yang diajari oleh guru maka saya harus mematuhinya, dengan demikian Buddha Sakyamuni barulah akan merasa bersukacita; saya tidak patuh, harus menaruh namaNya di dalam hatiku, berbaur bersama Amituofo, lihatlah, bukankah ini akan kacau balau, jadinya hati bercabang dua dan bukan lagi hati yang terfokus.

Maka itu kita melafal Amituofo, menfokuskan pikiran melafal Amituofo adalah bentuk penghormatan tertinggi pada Buddha Sakyamuni, Buddha Sakyamuni mengajari kita agar melafal Amituofo, maka itu kita tidak menentang perkataanNya. Setelah memahami kebenaran ini, barulah dapat menyingkirkan rintangan dalam diri sendiri, maka mampu mengamalkannya dengan benar.   

Harapan terbesar Buddha Sakyamuni adalah agar kita semuanya lekas mencapai KeBuddhaan. Andaikata pintu Dharma pelafalan Amituofo yang mengantarkan anda untuk segera mencapai KeBuddhaan, anda malah mengabaikannya lalu pergi melatih metode lainnya, bayangkanlah betapa sedihnya hati Buddha Sakyamuni.

Kita harus membuat Buddha Sakyamuni merasa bersukacita, yakni menfokuskan diri pada satu pintu Dharma, membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo, menfokuskan pikiran melafal Amituofo berkesinambungan, pasti terlahir ke Alam Sukhavati. Buddha Sakyamuni akan merasa bersukacita, ini tidak boleh tidak kita ketahui.

Ini adalah bentuk bakti kita kepada Buddha Sakyamuni, agar Buddha Sakyamuni merasa bersukacita, jangan lagi mengkhawatirkan diri kita, jangan lagi merisaukan diri kita.   
   
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 September 2014


釋迦牟尼佛能不能放?不能放。有人說,釋迦牟尼佛是本師。本師教我這麼做的,我聽話,本師釋迦牟尼佛歡喜;我不聽話,要把他放在我這裡,跟阿彌陀佛在一起,你看,就變成擾亂,二心就不是一心。所以我們念阿彌陀佛,一心一向專念就是最尊敬釋迦牟尼佛,他教我這樣做的,我沒有違背。這些道理都搞清楚、搞明白,自己障礙就清除掉,會做得如理如法。這樣做法,世尊他最大的願望,希望我們快快成佛。這快快成佛的法門你丟了,你不要,你要去搞別的,你說佛心裡多難過、多傷心。我們要讓釋迦牟尼佛歡喜,就是一門深入,信願持名,一向專念,決定得生。佛高興,歡喜,這個我們不能不知道。這是我們孝順釋迦牟尼佛,讓釋迦牟尼佛生歡喜心,不要為我們憂慮,不要為我們操心。

二零一四淨土大經科註  (第一0七集)  2014/9/12


  






Hari ini kita merenungkan kembali, orang-orang yang berada di sekitar kita, ada sanak keluarga dan sanak saudara, yang memberi perhatian dan kasih sayang pada diri kita, namun juga ada yang merupakan musuh kerabat penagih hutang masa kelahiran lampau, yang iri hati pada kita, yang merintangi diri kita, bahkan sampai mencelakai diri kita, bagaimana sikap kita terhadap mereka? Suci, seimbang dan tercerahkan. Asalkan mereka memiliki hubungan serupa ini dengan kita, ini disebut memiliki jalinan jodoh dengan kita, jalinan jodoh itu ada yang baik dan ada yang buruk, ada yang suci dan ada yang ternoda, kesimpulannya adalah memiliki jodoh.

Mereka yang berjodoh dengan kita, setiap harinya kita melafal Amituofo lalu melimpahkan jasa kebajikan kepada mereka, semoga pada kelahiran ini dapat mengeliminasi bencana dan menghindari petaka, berkah dan kebijaksanaan berkembang, kelak suatu hari nanti bertemu dengan pintu Dharma Sukhavati, melatih diri dengan bersungguh-sungguh, bersama-sama terlahir ke Alam Sukhavati. Kita di Alam Sukhavati menanti kedatangan mereka, menyambut mereka dengan penuh sukacita.

Memperlakukan musuh dan kerabat dengan setara, setara berarti tanpa noda lagi, haruslah seimbang. Bahkan takkan menaruhnya di dalam hati, dalam sanubari hanya ada sepatah Amituofo, jangan sampai ada hal lain yang berbaur di dalamnya. 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 September 2014

我們今天回過頭來,我們身邊的人,有家親眷屬,關心我們的、愛護我們的,也有冤親債主,嫉妒我們的、障礙我們的,甚至於陷害我們的,我們什麼心態來對待他們?清淨平等覺。只要他跟我有這些關係,都叫做跟我有緣,緣有善緣有惡緣、有染緣有淨緣,總之有緣。與我有緣的這些眾生,我們天天念佛都給他迴向,希望他在這一生當中消災免難,福慧增長,將來必定有一天遇到淨宗法門,認真修學,同生極樂國。我們在極樂世界等待他,歡迎他。怨親平等,不平等就染污了,要平等。而且都不放在心上,心上只放阿彌陀佛,決定不能有一個夾雜在裡頭。

二零一四淨土大經科註  (第一0七集)  2014/9/12










Insan suci dan bijaksana jaman dulu mengajari kita, menfokuskan diri pada satu pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan untuk jangka panjang, inilah yang disebut berdiam dalam samadhi. Tak peduli apakah itu adalah Buddha Dharma atau Dharma duniawi, asalkan pikiran dapat difokuskan, maka takkan ada yang tidak berhasil. 

Dengan terfokus, maka dengan mempelajari Dharma duniawi akan menghasilkan insan suci dan bijaksana; dengan mempelajari Buddha Dharma, akan dapat mencapai tingkat kesucian Arahat, Bodhisattva. Terfokus adalah berdiam, tidak boleh banyak, harus menfokuskan diri pada satu pintu Dharma, inilah yang disebut samadhi mendalam.

Kita melafal Amituofo bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, harus mengandalkan ini. Apa yang harus diandalkan untuk terlahir ke Alam Sukhavati? Apa yang harus diandalkan untuk mencapai keberhasilan? Yakni menfokuskan diri pada satu pintu Dharma.

Dengan tercapainya samadhi maka muncullah prajna (kebijaksanaan), prajna muncul dengan sendirinya, di dalam prajna tiada yang tidak diketahui. Ketika tidak ada yang bertanya padamu, maka di dalam hatimu hanya ada sepatah Amituofo, yang lainnya tidak ada. Ketika orang lain mengajukan pertanyaan padamu, anda mengetahui segalanya, menjawab semua persoalan dan tidak perlu mempersiapkannya terlebih dulu.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 September 2014


古聖先賢教我們,一門深入,長時薰修,就是住深定門。無論佛法、世法,只要心專一,沒有不成就的。學世法,可以成為世間大聖、大賢;學佛法,可以成阿羅漢、菩薩。一就是住,不能搞多,一門深入,這就是深定門。起行所依,我們念佛求生淨土,得依靠這個。憑什麼往生?憑什麼成就?就憑這個,一門深入。無心往來,這個心是妄心,起心動念,把這個放下,直以三昧法門力起,這才要住定。我們在這裡慢慢練,練什麼?練轉識成智。智,三昧起用就是智慧。智是自自然然起來的,般若無知,無所不知。沒有人問你的時候,你確確實實心裡只有一句佛號,其他的什麼都沒有。當別人有問題提出來問你的時候,你樣樣都通,樣樣都能解答,你也不需要預備。

二零一四淨土大經科註  (第一0七集)  2014/9/12











Kita menggunakan sepatah Amituofo ini untuk melatih samadhi, inilah yang disebut dengan samadhi pelafalan Amituofo. Apakah yang dimaksud dengan “samadhi mendalam yang menakjubkan”? Di dalam “Mahāvaipulya mahāsamghāta sūtra” tercantum bahwa sepatah Amituofo adalah samadhi mendalam yang menakjubkan.

Melafal Amituofo adalah samadhi mendalam yang menakjubkan, apakah boleh dikatakan bahwa metode tanah suci dan metode dhyana tidak ada kaitannya sama sekali? Tentu saja berkaitan. Tetapi praktisi pelafal Amituofo tidak tahu akan hal ini, masih saja ingin mempelajari Dhyana, pergi melatih meditasi, untuk membantu ketrampilan melafal Amituofo nya, ini sudah salah!

Insan yang benar-benar memahaminya, lihatlah Master Hai Xian, sejak pagi bangkit dari tempat tidur maka lafalan Amituofo mulai bergema di dalam sanubarinya, beliau takkan melupakannya. Tak peduli pekerjaan apapun yang dilakukan, di dalam hatinya melafal Amituofo berkesinambungan tak terputus, pekerjaan tetap diselesaikannya.

Di dalam vihara, beliau begitu rajin, bangun pagi menanak nasi, membuat sarapan buat semua penghuni vihara, namun lafalan Amituofo tetap berkesinambungan. Memasak nasi, membelah kayu, dusun mereka masih menggunakan tungku, juga tidak menghentikannya untuk melafal Amituofo. Bekerja di ladang, juga tidak melewatkan melafal Amituofo. Dalam menangani urusan, memperlakukan orang dan makhluk lain, lafalan Amituofo tak pernah terpisahkan dari sanubarinya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 September 2014


我們用念這一句阿彌陀佛的方法修三昧,這叫念佛三昧。深妙禪定是什麼?世尊在《大集經》上講過,這一句阿彌陀佛就是深妙禪。怎麼把它對起來?念佛就是修深妙禪,能說淨跟禪沒關係嗎?關係非常密切。但是念佛的人不知道,還想學禪宗,去靜坐,去參禪,來幫助念佛的功夫,搞錯了。真正懂得的,海賢老和尚。你看,他從早晨起來,一起來佛號就提起來,他沒忘記。無論幹什麼工作,心裡佛號沒中斷,工作照做。他在道場上非常勤快,早晨起來煮飯,做早餐供養大眾,念佛沒中斷。煮飯,劈柴,他們鄉下燒的是灶,都不耽誤念佛。到農田裡面工作,也不耽誤念佛。處事待人接物,心裡佛號都不中斷。

二零一四淨土大經科註  (第一0七集)  2014/9/12










Para Buddha Tathagata memuji Buddha Amitabha sebagai “Cahaya terunggul dari segala jenis cahaya, Rajanya dari seluruh Buddha”. Kita harus ingat bahwa Buddha Amitabha adalah dipuji oleh para Buddha Tathagata di sepuluh penjuru. Andaikata kita tidak memiliki rasa hormat pada Buddha Amitabha, bahkan menganggap bahwa kemampuan Buddha Amitabha masih ada batasnya, masih ada yang lebih tinggi dan melampaui Buddha Amitabha, ini adalah tidak memiliki rasa hormat pada Buddha Amitabha, ini berarti kita telah bertentangan dengan “bernamaskara dan menghormati para Buddha”.

Kita seharusnya meneladani para Buddha, para Buddha memberi pujian, maka kita juga ikut memujiNya, sebaliknya apa yang tidak dipuji oleh para Buddha, maka kita juga takkan memujinya, seharusnya berpandangan sama dengan para Buddha, belajar pada para Buddha. Lagi pula dalam kehidupan ini, benar-benar membangkitkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, ketrampilan melatih diri kita dalam satu kehidupan akan berhasil dengan sempurna, sungguh menakjubkan tak terbayangkan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 September 2014


諸佛如來讚歎彌陀,「光中極尊,佛中之王」。我們要記住,阿彌陀佛是十方諸佛如來讚歎的。如果我們對阿彌陀佛不恭敬,甚至於說阿彌陀佛的能力還是有限的,還有比阿彌陀佛高超的,這都是對阿彌陀佛不恭敬,禮敬諸佛我們就違背了。我們應當要向諸佛學習,諸佛讚歎,我們讚歎,諸佛不讚歎的,我們就不讚歎,向諸佛看齊,向諸佛學習。而且這一生當中,真正發願求生淨土,我們的功夫一生當中圓滿成就,不可思議。

二零一四淨土大經科註  (第一0七集)  2014/9/12










Sepatah Amituofo mencakup keseluruhan Dharma, 84 ribu pintu Dharma terkonsentrat dalam satu pintu Dharma, demikian pula pintu Dharma yang tak terhingga terkonsentrat dalam satu pintu Dharma, Amituofo. Di dalam sepatah Amituofo terkandung makna tak terhingga, pintu Dharma yang tak terhingga, makna tak terhingga ada di dalam sepatah Amituofo.

Master Ci Yun dari Dinasti Qing, beliau merupakan seorang praktisi senior yang terkemuka, hasil karya tulis beliau juga sangat berkualitas. Waktu dulu saya pernah menceramahkan “Amitayurdhyana Sutra”, sebagai pedomannya saya menggunakan buku penjelasan sutra hasil karyanya. Di dalam karya tulisnya tersebut ada sepenggal kalimat yang meninggalkan kesan yang mendalam buatku.

Beliau menulis bahwa andaikata ada insan yang melakukan karma buruk yang berat, dimana semua sutra, metode pertobatan juga tidak mampu lagi efektif, karena dosanya sudah terlalu berat, yang terakhir masih tersisa satu cara yang dapat menyelamatkannya, yakni sepatah Amituofo.

Ucapan ini adalah nyata adanya dan bukanlah palsu, bukan untuk membohongi orang. Maka itu di dalam sutra juga dikatakan, melafal sepatah Amituofo dapat mengeliminasi delapan miliar kalpa karma berat tumimbal lahir. Kita telah berputar di lingkaran tumimbal lahir selama kalpa yang tak terhingga, tidak hanya delapan miliar kalpa, delapan miliar kalpa terlalu sedikit, barulah menyadari bahwa betapa beratnya rintangan karma diri sendiri.

Master Ci Yun memberitahukan pada kita, metode pelafalan Amituofo ini, dengan membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo terlahir ke Alam Sukhavati, karma buruk pun tereliminasi. Sampai di Alam Sukhavati berarti sama dengan menemukan kembali jiwa sejati. Kesempatan ini janganlah sampai terlewatkan sia-sia.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 September 2014


一句阿彌陀佛總一切法,八萬四千法門都濃縮在一門當中,無量法門也濃縮在一門當中,阿彌陀佛。這阿彌陀佛裡頭無量義,無量法門、無量義都在這一句名號當中。

  前清灌頂法師,慈雲灌頂也是了不起的大德,他的註疏非常豐富,日本《卍續藏》裡面蒐集有二十多種。他告訴我們,我過去講《觀無量壽經》,參考灌頂大師的註解,裡頭有一句話對我特別的深刻。他說人有極重的罪業,所有的經、懺法對他統統失效、不靈了,他罪業太重,最後還有一法能救他,這一法是什麼?就是一心專念阿彌陀佛。這個話是真的,不是假的,不是欺騙人的。所以經上又說,稱念一聲阿彌陀佛,滅八十億劫生死重罪,一念。我們在這個世間搞輪迴,無量劫又無量劫,不止八十億劫,八十億劫太少了,才知道自己業障深重。灌頂法師告訴我們,念佛這個方法,信願持名往生淨土,業就消掉了。到阿彌陀佛極樂世界就等於明心見性、大徹大悟,圓教初住、別教初地菩薩的地位你就達到,真正是一步登天。這個機會萬萬不能失掉。

二零一四淨土大經科註  (第一0七集)  2014/9/12