Sabtu, 11 Oktober 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 Oktober 2014



Ada praktisi yang tiap hari merenungkan Buddha Amitabha, tetapi kenapa Buddha Amitabha tidak menjemputnya? Karena masih ada keraguan, andaikata 99 persen dia memikirkan Buddha Amitabha, tetapi masih ada sisa 1 persen adalah keraguan, contohnya : “Apakah ini benar-benar nyata adanya?”, dengan hanya sebutir keraguan ini juga merupakan rintangan. Sebutir keraguan ini harus dilenyapkan dan membangkitkan keyakinan penuh, tekad yang bulat, saya hanya ingin terlahir ke Alam Sukhavati, di dunia ini tidak ada lagi yang dipikirkan, hingga misi menyebarluaskan Ajaran Buddha dan memberi manfaat bagi para makhluk, juga jangan dipikirkan, begitu anda memikirkan hal ini, maka akan gagal terlahir ke Alam Sukhavati.

Tetapi bukankah Buddha menyuruh kita agar bertekad menyelamatkan para makhluk? Memang benar, tidak salah, terlebih dulu sampai di Alam Sukhavati, setelah mencapai KeBuddhaan barulah kembali lagi menyelamatkan para makhluk, ini baru betul.

Andaikata sekarang anda menempatkan usaha untuk menyelamatkan para makhluk di urutan pertama, saya sungguh bermaitri karuna, saya hendak menyelamatkan para makhluk, barulah kemudian menyelamatkan diri sendiri, pada akhirnya diri sendiri malah yang tidak berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, dengan kegagalan ini maka harus berputar lagi di lingkaran tumimbal lahir. Maka dikhawatirkan semakin berada di dalam roda samsara semakin tersesat, sungguh berbahaya!

Jika anda tidak percaya, dengan menggunakan perumpamaan jaman sekarang untuk membuat perbandingan, dalam masyarakat masa kini yang penuh dengan kesenangan duniawi, apakah anda tidak tergoda? Harta, rupa, ketenaran dan keuntungan, tujuh perasaan (suka, amarah, sedih, senang, cinta, benci, nafsu keinginan) dan Panca Kamah (Harta, rupa, ketenaran, makanan, tidur), apakah anda takkan goyah? Begitu hati anda tergerak maka celakalah.

Tekad yang anda miliki bukanlah tekad benar, tekad benar adalah melepaskan semua kemelekatan, benar-benar takkan goyah, ini barulah dapat terjalin dengan Buddha.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 Oktober 2014
   

  有人天天想,阿彌陀佛為什麼不接他?他那個想裡頭有疑惑,我剛才講了,百分之九十九想,還有一分懷疑,是真的嗎?那就不靈了,有這一念懷疑就是障礙。這一分懷疑要去掉,圓滿的信心,圓滿的願心,我只想往生極樂世界,這個世間什麼都不想了,連弘法利生都不能想,你想這個,極樂世界去不了。那佛不是叫我們想,發願要度眾生?對的,沒錯,先到極樂世界,成佛之後再來度眾生,就對了。你要把這個時候度眾生擺在第一,我很慈悲,大慈大悲,先利益眾生,然後再利益自己,結果自己不能往生,不能往生注定就是搞六道輪迴。六道輪迴怕的是愈迷愈深,太危險了!你要不相信,用現前的例子來做比喻,現前社會上五花八門,你能不動心嗎?財色名利,七情五欲,你能不動心嗎?只要一動心就完了。你那個願不是真願,真願是真放下,真不動心了,這才能有感應道交。

文摘恭录 —二零一四淨土大經科註  (第一一二集)  2014/10/1 









Di dalam Saddharma Pundarika Sutra dijelaskan bahwa Buddha Sakyamuni muncul di dunia ini adalah demi mengajari anda untuk mencapai KeBuddhaan, jadi bukan untuk melakukan hal lainnya. Buddha membabarkan Dharma pada kita, kita harus memiliki kemampuan untuk memahaminya. Buddha membabarkan 84 ribu pintu Dharma kepada kita, 84 ribu hanyalah sebuah angka, sebuah lambang saja, sesungguhnya 84 ribu pintu Dharma adalah pintu Dharma yang tak terhingga.

Di dalam Sutra Intan dikatakan bahwa “Pintu Dharma adalah setara, tidak ada yang lebih tinggi maupun rendah”, 84 ribu pintu Dharma, setiap pintu adalah setara. Mengapa demikian? Karena semuanya dapat membantu kita memutuskan kekotoran batin (klesa) dan mencapai KeBodhian. Masalahnya adalah harus tepat sasaran, ibarat penyakit harus mendapat asupan obat yang tepat sasaran, dengan demikian barulah sakit dapat sembuh; sebaliknya bila obatnya tidak tepat sasaran, maka ini akan menambah parah penyakitmu, bahkan menemui ajal. 

Maka itu obat tidak boleh sembarangan dikonsumsi, begitu pula pintu Dharma tidak boleh sembarangan dipelajari, jika sembarangan dipelajari, setelah dipelajari ternyata tidak tepat sasaran maka ini akan merepotkan! Maka itu mengapa kita memerlukan guru, guru memiliki pengalaman dalam melatih pintu Dharma, guru dapat membantu kita memilih pintu Dharma, memberi saran kepata kita dalam menentukan pilihan, harus mempersiapkan persyaratan ini, guru akan membantumu. Pokok persoalannya adalah bagaimana diri sendiri dapat memahami intisari ajaran. 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 Oktober 2014


《法華經》上所說的,釋迦牟尼佛出現在這個世間為什麼,就是為佛之知見,「開示悟入佛之知見」,教你成佛,不是做別的。佛為我們開示,我們自己要有能力悟入。開示的方法很多,所謂八萬四千法門,法是方法,門是門徑,為我們說出八萬四千。四弘誓願裡面說得更多,「法門無量誓願學」,那就不止八萬四千了,實際上,八萬四千就是無量法門,它不是數字,我們要看成數字就錯了,它是表法的。《金剛經》上告訴我們,「法門平等,無有高下」,這一句話非常重要。八萬四千法門,門門都是平等的。為什麼?都能幫助我們斷煩惱證菩提。問題要對症,好比害病,藥要對症,藥到病就好了,病除了;藥要不對症,會讓你的病加重了,甚至於死亡。所以藥不能亂吃,這個我們知道,法門不能亂學,亂學,學了不對症的可麻煩了!所以為什麼要老師,老師修學法門,他有心得,他有經驗,他可以幫助我們選擇,提供我們選擇的這些知識,必須要具的這些條件,老師幫這個忙。真正的問題,自己怎麼樣去悟入。

文摘恭录 —二零一四淨土大經科註  (第一一二集)  2014/10/1 










Kita bertemu dengan pintu Dharma ini, sungguh leluasa, dengan keyakinan, tekad dan melafal Amituofo, bukan hanya dapat keluar dari enam alam tumimbal lahir, bahkan juga dapat keluar dari Dasa Dharmadhatu (Alam Buddha, Bodhisattva, Pratyeka Buddha, Sravaka, Dewa, Manusia, Asura, Binatang, Setan Kelaparan, Neraka), ke mana harus mencari pintu Dharma serupa ini? Tidak ada.

Pintu Dharma ini dibuka oleh Buddha Amitabha buat kita semuanya, kita harus tahu berterimakasih. Bagaimana caranya untuk berterimakasih? Dengan membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo, berniat terlahir ke Alam Sukhavati. Lalu mengapa banyak orang yang tidak sanggup melakukannya? Karena masih mendambakan dunia ini, tidak rela meninggalkannya, mengira masih ada metode yang lebih baik, tidak disangka ini merupakan kesalahan terbesar! Seperti taraf diri kita yang dipenuhi oleh kekotoran batin, tabiat dan rintangan karma yang sangat berat, selain pintu Dharma ini, maka tiada jalan lain lagi.

Dunia ini adalah semu, pasti bukan nyata adanya. Waktu lalu kami menyaksikan film dokumenter tentang peristiwa gempa dan tsunami di Jepang, tempo hari tinggi gelombangnya baru mencapai 10 meter. Film dokumenter ini adalah hasil pantauan dari udara, adalah kejadian nyata bukanlah skenario semata. Lihatlah begitu tsunami menyapu, hanya dalam waktu beberapa menit, semuanya sudah tidak ada lagi, sebuah kota hanya dalam beberapa menit sudah tidak tampak lagi, seluruhnya dihanyutkan gelombang tsunami, kecepatannya membuat manusia tak berdaya melarikan diri. Meskipun menggunakan mobil juga tidak dapat melarikan diri karena kecepatan air melebihi kenderaanmu, betapa mengerikan! Menyaksikan film dokumenter ini sungguh merasakan dengan mendalam tentang ketidakkekalan, dunia ini sungguh tidak kekal.   

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 Oktober 2014


  我們今天遇的這個法門,太方便了,信、願、持名,不但能脫離六道輪迴,十法界也出離了。你到哪裡去找這個法門?找不到。這個法門,阿彌陀佛為我們開顯的,我們要知道感恩。怎麼感恩?信願持名求生淨土就是感恩。那為什麼有很多人做不到?對這個世間留戀,捨不得離開,以為還有更好的辦法,殊不知大錯特錯!真正要找到,像我們這種程度煩惱習氣業障很重的人,除這個法門之外走投無路。

  這個世間是假的,絕對不是真的。我們過去看一個紀錄片,日本的海嘯,上一次只有十米。這是紀錄片,是從飛機上往下照下來的,是真的,不是表演的。你看海嘯到來,幾分鐘的時間就沒有了,一個城市幾分鐘就不見了,完全被水淹掉了,速度之快無法逃避。它的速度比你快,開著汽車都跑不掉,多麼可怕!看這個片子深深體會到無常,世間無常。

文摘恭录 —二零一四淨土大經科註  (第一一二集)  2014/10/1 










 Mengapa ada orang yang memiliki berkah dan ada yang tidak memiliki berkah? Ini harus melihat seberapa pencerahan yang dimiliki diri sendiri, adakah melatih diri dengan serius. Di bagian akhir dari sutra ini dijelaskan bahwa manusia di dunia ini setiap hari menyibukkan diri untuk mengejar hal-hal yang tidak penting, yakni hal yang sepele, yang tidak ada kaitannya, sehingga melupakan urusan besar sama sekali.

Urusan besar adalah untuk mengenali diri sendiri, mengenali lingkungan hunian diri sendiri, ini sangat penting! Setelah mengenalinya, barulah dapat menentukan pilihan. Sutra ini telah memperkenalkan pada kita dengan jelas tentang Alam Sukhavati, juga telah menjelaskan pada kita bagaimana kondisi Alam Saha, dengan membandingkan dua alam ini, maka kita sudah harus tahu bagaimana menjatuhkan pilihan, pasti harus melepaskan Alam Saha, pasti harus memilih Alam Sukhavati.

Untuk terlahir ke Alam Sukhavati lebih mudah daripada bertumimbal lahir kembali ke Alam Saha, karena untuk terlahir ke Alam Sukhavati hanya memerlukan tiga syarat yakni yakin, bertekad dan melafal Amituofo; melafal Amituofo adalah memwibawakan Negeri Buddha, melafal Amituofo adalah berinvestasi di Alam Sukhavati, setelah investasi kita sudah mencukupi maka kita dapat pergi ke sana.

Melafal Amituofo sangatlah penting, tidak melafal Amituofo merupakan kesalahan terbesar!
  
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 Oktober 2014


為什麼有人有福報,有人沒福報?這要看自己有多少分的覺悟,有沒有真正修行。本經後面說得好,世間人都是忙著,天天忙,忙不急之務,都是雞毛蒜皮,不相干的小事情,把大事情忘得一乾二淨。大事情是認識自己,認識我居住的環境,這個重要!我認識之後,我才能有所選擇。這個經把極樂世界介紹清楚了,把娑婆世界也說得很明白,兩個一對比,我就知道怎樣取捨,決定捨娑婆世界,決定取極樂世界。取極樂世界比娑婆世界容易,只要一個信,只要一個願,只要你念佛,念佛就是莊嚴佛國土,念佛就是向極樂世界投資,投資到達這個標準我就去了。念佛要緊,不念佛就錯了,大錯特錯了!


文摘恭录 —二零一四淨土大經科註  (第一一二集)  2014/10/1 








“Para Bodhisattva ini mengetahui bahwa Triloka adalah semu, namun melakukan misi penyelamatan tidak mengabaikan para makhluk, maka itu disebut melampaui”.

Mengetahui bahwa Trailokya (Kama-loka, Rupa-loka dan Arupa-loka) adalah semu, lalu kenapa lagi datang ke dunia? Demi menyelamatkan para makhluk, bukanlah untuk kepentingan diri sendiri, membantu para makhluk menderita dan tersesat, jika bukan karena ini Dia takkan datang.

Makhluk di sini memohon maka Buddha dan Bodhisattva akan mengabulkannya. Makhluk di sini menderita, Bodhisattva merasakannya, mengapa bisa merasakannya? Karena dia berjodoh dengan makhluk tersebut, pada masa kelahiran lampau kalpa yang tak terhingga pernah memiliki hubungan, mungkin saja merupakan suami istri, atau sebagai ayah anak, atau sebagai saudara, atau sebagai sahabat.

Maka itu ketika sesuatu terjadi pada si makhluk, Bodhisattva akan turut merasakannya, dengan adanya perasaan tersebut Bodhisattva dapat melihat dan mendengarnya, dengan sendirinya Bodhisattva akan menjelma datang untuk membantu si makhluk. Beginilah perihalnya, maka itu disebut tidak mengabaikan para makhluk.

Kemudian juga dikatakan “Menjadi Sahabat yang tidak perlu diundang”, para makhluk masih belum mengundangNya, namun Bodhisattva sudah datang terlebih dulu, mengapa demikian? Ini karena pada masa kelahiran lampaunya, memilih jalinan jodoh yang sangat mendalam. Kita senantiasa melimpahkan jasa kepada para musuh kerabat penagih hutang sejak kelahiran demi kelahiran, sejak masa ke masa, kita tidak pernah melupakan dan mengabaikan mereka.

Setelah kita menjadi Bodhisattva, kita memiliki kemampuan gaib, dimanapun musuh kerabat kita berada, penderitaan bagaimana yang mereka alami, melewati kehidupan yang bagaimana, kita akan mengetahui keseluruhannya, sehingga mampu membantu mereka. Membantu mereka dengan kebijaksanaan dan memberikan manfaat yang sesungguhnya, yakni membantu mereka agar tercerahkan, membantu mereka agar membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo dan berniat terlahir ke Alam Sukhavati, maka dalam sekejab dia akan segera terselamatkan.

Meskipun si makhluk tidak sudi menerimanya, namun Bodhisattva takkan berputus asa, senantiasa memperhatikan dan menjaganya dari kelahiran demi kelahiran, sampai kapan si makhluk sudah dapat menerima ajaran, maka Bodhisattva akan memperkenalkan lagi padanya pintu Dharma pelafalan Amituofo, sehingga makhluk tersebut dalam satu kelahiran akan meraih keberhasilan. Jika si makhluk masih belum dapat menerima ajaran ini, maka terlebih dulu membantunya memutuskan kejahatan memupuk kebajikan, supaya dia dapat menghindari tiga alam penderitaan bertumimbal lahir di Alam Manusia dan Alam Dewa.

Makhluk di dunia ini tidak mengetahui hal ini, namun orang jaman dahulu banyak yang menyadarinya, sekarang jarang yang mengetahuinya, bahkan hampir tidak ada lagi. Mengapa demikian? Karena tidak ada yang mengajari, tidak ada yang menceramahkannya. Orang jaman dahulu ada orang tua yang mengajarinya, sejak kecil anda sudah didik, maka itu ada akarnya, sekarang akar (budi pekerti) tersebut sudah tidak ada lagi. Maka itu Bodhisattva kesulitan dalam menyelamatkan makhluk di dunia ini, Bodhisattva saja merasa kewalahan, apalagi diri kita, sudah bisa dibayangkan dan mengetahuinya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 Oktober 2014


這些「菩薩能知一切三界虛妄,而行世間不捨,故云超過」。知道三界虛妄,為什麼還要到世間來?來度化眾生,不是為自己的,幫助苦難迷惑顛倒的眾生,為這個來的,不是為這個他不來。這裡的眾生有感,佛菩薩自然就有應。他在受苦,菩薩感受到了,為什麼會感受?他跟眾生有緣,過去無量劫當中有關係,或是夫妻,或是父子,或是兄弟,或是朋友,都有這些關係。所以他遇到什麼事情,菩薩就有感,有感他就看見了,他就聽到了,自自然然化身來幫助他。這是這麼回事情,所以不捨棄眾生。

下面就說了,「作不請之友」,眾生還沒邀請他,他就來了,為什麼?這就是宿世有很深的緣。我們常常迴向給冤親債主,宿世的生生世世的冤親債主,我們都沒有忘記。如果我們作了菩薩,有神通了,他在哪一道,受什麼樣的苦難,過什麼樣日子,我們全看到了,會幫助他。真實智慧,真實利益的幫助,是幫助他覺悟,幫助他發願念佛求生淨土,他一下就超越了。縱然他不能接受,生生世世盯住他,生生世世照顧他,什麼時候能接受了,什麼時候把念佛法門介紹給他,他就一生成就。不能接受的時候,幫助他斷惡修善,希望他遠離三惡道到人天道來受生。

  世間眾生不知道,古時候知道的人多,現在知道的人很少,幾乎沒有人知道了。為什麼?沒人教,沒有人說。古時候老人教,從小就教你,所以他有根,現在根沒有了。所以菩薩在這個世間度眾生很困難,菩薩都困難,那我們就可想而知了。

文摘恭录 —二零一四淨土大經科註  (第一一二集)  2014/10/1