Senin, 24 Februari 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Pebruari 2014


Ada sebagian teman yang datang menasehati diriku, agar menghadiri beberapa pertemuan skala internasional. Saya amat berterimakasih dan semuanya telah saya tolak, saya sudah berusia 88 tahun, maksud hati memeluk gunung apa daya tangan tak sampai, saya takkan mengikuti aktivitas sedemikian lagi.

Sesungguhnya ucapan ini sudah sejak lama saya lontarkan, saya hanya ingin berceramah. Dan topiknya hanya satu yakni “Sutra Usia Tanpa Batas”, saya takkan menceramahkan sutra lainnya lagi. Mengapa demikian? Karena ini selaras dengan pintu Dharma yang saya pelajari.

Saya hanya memiliki satu arah yakni Alam Sukhavati; hanya satu niat yakni mengikuti Buddha Amitabha, yang lainnya semuanya dilepaskan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Pebruari 2014



有一些朋友來勸我,今年國際上有一些會議勸我參加。我統統謝絕,八十八歲了,心有餘而力不足,我是這樣子謝謝他,我不再參與了。這個話我很久就說過,我只是講經教學,就這一樁事情。講經就是這一部《無量壽經》,我不講別的經。為什麼?跟我學的法門相應。我只有一個方向,極樂世界;只有一個願望,親近阿彌陀佛,其他的統統放下了。

二零一二淨土大經科註  (第六二三集)  2014/2/17







Melatih kesabaran juga disebut Kshanti Paramita. Terhadap orang yang menyulitkan diriku, saya takkan membuat perhitungan dengannya. Mengapa demikian? Andaikata kita menyimpannya di hati dan perhitungan, maka ini akan mengundang permusuhan dan saling balas dendam.

Jika anda malah sebaliknya berpikir, kelahiran ini anda memperlakukan saya sedemikian, maka kelahiran mendatang, saya juga takkan membiarkanmu hidup nyaman, aku akan membuat penderitaan yang kamu alami lebih berat dari yang kualami. Inilah balas dendam.

Demikianlah kelahiran mendatang saya membalasnya, kemudian kelahiran berikutnya gantian dia yang membalas diriku, setiap kelahiran dan kematian tiada habis-habisnya. Yang menderita itu bukan hanya satu pihak, tetapi dua-duanya amat menderita, dua pihak saling menciptakan karma buruk, dan dua pihak ini pula menerima akibatnya, penderitaan yang tak terlukiskan dengan kata-kata, untuk apa? Maka itu insan yang memiliki kebijaksanaan, takkan menaruh masalah ini di hati, barulah dapat selesai.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Pebruari 2014


忍受,叫忍辱波羅蜜,不能忍也要忍。對於給我困難的人不要計較。為什麼?要是放在心上計較,會引發將來冤冤相報。你這一生這樣對我,來生遇到了,我一定讓你更難看,讓你受的苦、受的災難比我還要嚴重,為什麼?報復。好,來生我報復他,再來生他又報復我。這麼一來,所謂冤冤相報,生生世世沒完沒了。苦不是一方面,雙方都苦,雙方造業,雙方受報,苦不堪言,這又何必?所以真正聰明人、有智慧的人,不放在心上就了了。

二零一二淨土大經科註  (第六二三集)  2014/2/17