Kamis, 20 Maret 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Maret 2014



Namo Amituofo adalah sebuah nama Buddha, nama ini adalah buah pencerahan yang sempurna, yang diwujudkan oleh Buddha Amitabha. Apa makna dari nama ini? A-Mi-Tuo-Fo, empat kata ini adalah Bahasa Sansekerta, jika diterjemahkah ke dalam Bahasa Mandarin, maka A adalah tanpa, Mi-Tuo adalah batas, Fo adalah pencerahan. Jadi bukan tidak bisa diterjemahkan, tetapi mengapa malah tidak diterjemahkan saja?

Sebagai perwujudan rasa hormat maka itu tidak diterjemahkan, pencerahan tanpa batas. Lalu kita bertanya lagi, Buddha mana yang bukan merupakan pencerahan tanpa batas? Semua Buddha juga merupakan pencerahan tanpa batas; dengan perkataan lain, nama ini (Namo Amituofo-pen) adalah nama dari seluruh Buddha dari tiga masa di sepuluh penjuru alam, dengan demikian, melafal sepatah Amituofo berarti telah melafal secara menyeluruh nama dari seluruh Buddha dari tiga masa di sepuluh penjuru alam, satupun takkan ketinggalan, kelak ketika mencapai KeBuddhaan kita juga merupakan pencerahan tanpa batas.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Maret 2014


南無阿彌陀佛這一句名號,這句名號是究竟果覺,是阿彌陀佛證得的。這句名號是什麼意思?阿彌陀佛這四個字全是梵文,翻成中國的意思,阿是無,彌陀是量,佛是覺悟,不是不能翻,能翻。能翻為什麼不翻?尊重不翻,無量覺。那我們問一問,哪一尊佛不是無量覺?只要是佛都是無量覺;換句話說,這個名號是十方三世一切諸佛的通名、總名,念這一句佛號,十方三世所有一切諸佛全念到了,一個都沒有漏掉,我們將來成佛也是無量覺。

二零一四淨土大經科註  (第二集)  2014/3/9