Minggu, 30 Maret 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 Maret 2014



Di dalam Ajaran Sukhavati ada empat cara melafal Amituofo, tetapi cara yang paling praktis adalah melafal Amituofo dengan cara mengulang namaNya, dari empat macam cara, inilah yang paling mudah, jalur langsung, menembus ke Jalan KeBodhian Tertinggi tiada taranya, takkan ada belokan, disebut Cara Yang Paling Mudah.

Di dalam sutra ini juga tidak mempersoalkan “pikiran terfokus tak tergoyahkan”, mengapa demikian? Karena sebagian besar praktisi tidak mampu mencapainya, sehingga bila mereka membaca Amitabha Sutra pada bait tersebut jadi takut, saya tidak sanggup melakukannya, akibatnya tidak ingin melafal Amituofo lagi, praktisi seperti ini saya sudah pernah melihatnya.

Di dalam sutra teks Sanskrit nya tidak ada kalimat “pikiran terfokus tak tergoyahkan”, dengan perkataan lain, “pikiran terfokus tak tergoyahkan” adalah hasil terjemahan Master Kumarajiva, dia memakai istilah “pikiran terfokus tak tergoyahkan”. Adakah alasannya? Ada.

Melafal Amituofo harus sampai trampil, tetapi kondisi ini bukanlah “pikiran   terfokus tak tergoyahkan”, tetapi di dalam hati hanya ada Amituofo, selain Amituofo tidak ada lagi bentuk-bentuk pikiran lainnya, inilah yang disebut trampil, ini bisa dilakukan semua orang. Dengan memiliki ketrampilan melatih diri ini maka dapat terlahir ke Alam Sukhavati. Di Vihara “Lai Fo Si” ada tiga praktisi yang berhasil mencapai tingkatan ini.

Mengapa Master Kumarajiva menerjemahkannya menjadi “pikiran   terfokus tak tergoyahkan”? Ketika Buddha Amitabha datang menjemputmu, terlebih dulu memancarkan cahaya Buddha menyinarimu, saat cahaya Buddha menyinarimu, ketrampilan melatih dirimu telah maju selangkah, ketrampilan melatih dirimu naik ke tingkat “pikiran  terfokus tak tergoyahkan”, jadi Master Kumarajiva tidak salah menerjemahkan. Tetapi sebagian orang tidak mengetahuinya, jika tidak dijelaskan dia tidak tahu.

Bagaimana pula bagi orang yang tidak memiliki ketrampilan melatih diri sama sekali? Begitu cahaya Buddha menyinarinya maka dia segera memiliki ketrampilan melatih diri.

Asalkan anda memiliki keyakinan benar dan tekad benar, menjelang ajal kesadaran anda masih jelas, hanya dengan melafal sepuluh kali Amituofo, bahkan walau hanya sekali saja, juga dapat terlahir ke Alam Sukhavati, saat itu cahaya Buddha akan menyinarimu sehingga kondisi batinmu naik menjadi memiliki ketrampilan melatih diri.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 Maret 2014


淨土裡面有四種念佛,但是最方便的,持名,四種念佛裡頭是最方便的,捷徑當中的捷徑,直通無上菩提大道,不拐彎的,叫易行道。所以,持名一法又為四種念佛中之徑路,故稱為徑中之徑。

又本經不倡一心不亂,為什麼?一心不亂一般人做不到,看到《彌陀經》上這一句他害怕,這我做不到,不肯念佛了,我遇到過這樣的人。梵文原本也沒有一心不亂,換句話說,一心不亂是鳩摩羅什大師他翻的,他用了一心不亂。有沒有道理?有道理。我們念佛要念到功夫成片就能往生,功夫成片不是一心不亂,就是心裡頭只有阿彌陀佛,除阿彌陀佛之外沒有妄想、沒有雜念,這就叫功夫成片,這是每個人都可以做到的。有這個功夫就能自在往生,來佛寺的三位老人都達到這個境界。為什麼羅什大師翻成一心不亂?阿彌陀佛來接引的時候先用佛光照你,佛光照你的時候,你的功夫就提升一倍,功夫成片就提升到事一心不亂,他沒翻錯。但是一般人不知道,不講清楚他不曉得。事一心不亂的人就提升到理一心不亂,佛光一照,功夫馬上就加一倍。那沒有功夫的人,佛光一照就到功夫成片。只要你有真信真願,臨命終時頭腦清楚,念十聲佛號,乃至於一聲佛號都可以往生,那就是佛光注照把你提升到功夫成片。


二零一四淨土大經科註  (第十三集)  2014/3/24