Jumat, 09 Mei 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 2 Mei 2014



Ada orang yang begitu bertemu Ajaran Sukhavati langsung percaya, dan dia takkan ragu, tetapi ada juga tipe orang yang harus belajar dalam kurun waktu yang lama baru percaya, perlahan barulah memahami dan menerimanya. Setiap orang tidak sama, jodohnya tidak sama.

Saya sendiri adalah tipe orang yang paling sulit menerima Ajaran Sukhavati, setelah menghabiskan waktu selama lebih dari 30 tahun lamanya. Dan dari belajar “Avatamsaka Sutra”, barulah menyadarkan diriku, melihat Bodhisattva Manjusri, Bodhisattva Samantabhadra, dua Bodhisattva yang begitu saya kagumi, Mereka berhasil karena melatih Ajaran Sukhavati.

Kemudian dari buku “Penjelasan Amitabha Sutra” buah pena Master Ou Yi, pertama kali saya membacanya masih belum menyadarinya, lalu ketika saya menceramahkan buku ini dan setelah membacanya berulang-ulang barulah benar-benar menyadarinya, ternyata Buddha Sakyamuni juga melafal Amituofo dan mencapai KeBuddhaan.

Setiap hari kita melafal Amituofo, tidak memperhatikan sebait kalimat sutra ini, setelah Master Ou Yi membahasnya, barulah terpikir ternyata benar, barulah menyadari bahwa Bodhisattva dalam mencapai KeBuddhaan, betapa banyaknya jumlah Mereka yang pada akhirnya melafal Amituofo dan mencapai KeBuddhaan, maka itu pintu Dharma ini sungguh luar biasa, pintu Dharma ini sungguh tak terbayangkan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 2 Mei 2014


學淨土的人,有人一遇到這個緣他就相信,他就不懷疑,有些人要經相當長的時間調教,慢慢明白、接受了。每個人都不一樣,緣不相同。我在接受淨土是最困難的,用了三十多年時間。還是從學習《華嚴經》真正提醒了我,看到文殊、普賢,我們心目當中最仰慕、最佩服的菩薩們,他們修淨土成就。再從《彌陀經要解》裡面,初讀《要解》沒看出來,沒在意,以後講《彌陀經要解》,看了很多遍才真正看出來,釋迦牟尼佛也是念佛成佛的。《彌陀經》天天念,沒有注意到這句經文,到蕅益大師提醒,這回頭一想果然沒錯,才知道菩薩成佛,不知道有多少最後都是念佛成佛,這才知道這個法門的殊勝,這個法門不可思議。


二零一四淨土大經科註  (第四十三集)  2014/5/2