Jumat, 18 Juli 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Juli 2014



“Bersukacita pada kebajikan yang dilakukan insan lain”, harus dapat diamalkan, insan lain melakukan kebajikan, kita turut bersukacita, tidak boleh menghalanginya. Menghambat orang lain melakukan kebajikan, apa akibatnya? Buah akibatnya adalah kelak ketika kita sendiri yang melakukan kebajikan, orang lain juga akan merintangi kita, saling memusuhi dan saling membalas, tiada usainya, apakah anda sudi begini?

Apalagi jika kebajikan ini membawa manfaat bagi para makhluk, begitu dirintangi maka para makhluk tidak bisa memperoleh manfaat, maka beban karma ini harus anda tanggung. Jika jasa dari kebajikannya makin besar, jangka waktunya makin panjang, maka ketika anda jatuh ke neraka, penderitaan yang dijalani akan semakin mendalam dan berat, siksaan yang diterima tidak bisa anda bayangkan, lamanya jangka waktu juga tidak dapat diperkirakan.

Bersukacita, insan lain berbuat kebajikan, saya turut bersukacita, ini serupa dengan saya juga telah ikut berbuat kebajikan, berapa besar jasa kebajikan yang dia miliki, saya juga ikut memilikinya, mengapa hal yang begitu menyenangkan dan kita malah tidak sudi melakukannya! Mengapa malah menghambat insan lain?

Bersukacita pada kebajikan insan lain; insan lain juga akan bersukacita pada kebajikan yang kulakukan; merintangi orang lain, kelak orang lain juga akan menghalangiku. Hukum Karma sedikitpun tidak menyenangkan, tidak boleh tidak diketahui, tidak boleh tidak dipahami, jika tidak memahaminya, maka karma buruk yang dilakukan terkadang sungguh memprihatinkan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Juli 2014


「隨喜功德」,一定要會,別人做好事情我們隨喜,決定不能障礙。障礙別人的好事,果報是什麼?果報是我們自己將來有好事別人也障礙我們,冤冤相報,沒完沒了,你願意嗎?何況如果這個好事是利益眾生的,這一障礙眾生的利益得不到了,這個因果責任你要負責。他這樁好事功德愈大、時間愈長,你將來墮在地獄裡頭,那個罪業就愈深、愈重,受的苦是你無法想像的,時間之長也是無法預計的。隨喜,別人好事我隨喜,等於我做的一樣,他有多大的功德我也有多大功德,何樂而不為之!為什麼要去障礙別人?隨喜別人,別人隨喜我;障礙別人,別人將來障礙我。業因果報,絲毫不爽,不能不知道,不能不明瞭,不明瞭,造作的罪業有時候非常可憐。

二零一四淨土大經科註  (第七十三集)  2014/7/9 










Di dalam Sutra Usia Tanpa Batas Bab 46, Buddha Sakyamuni berpesan pada Bodhisattva Maitreya, untuk menjadi “Pelindung dan pendukung besar….mempertahankan Dharma ini agar dapat beredar untuk jangka waktu panjang dan tidak lenyap”. Ini juga menunjukkan penyerahan tanggungjawab atas penyebaran pintu Dharma Ajaran Sukhavati dari Buddha Sakyamuni kepada Bodhisattva Maitreya, agar Bodhisattva Maitreya melanjutkan untuk mewariskan dari satu generasi kepada generasi berikutnya dan hal ini akan berlangsung buat selama-lamanya.

Kelak ketika Bodhisattva Maitreya datang dan mencapai KeBuddhaan di dunia ini, di dalam “Tiga Pesamuan Agung Pembabaran Dharma Buddha Maitreya”, sebelumnya telah saya katakan bahwa di dalam tiga pesamuan agung tersebut Buddha Maitreya akan membabarkan “Sutra Usia Tanpa Batas”. Ketika Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma di dunia ini, “Sutra Usia Tanpa Batas” merupakan satu-satunya sutra yang dibabarkan berkali-kali sepanjang hidupNya. Sutra lainnya dibabarkan Buddha hanya sekali saja, tidak ada yang diulang, hanya “Sutra Usia Tanpa Batas” yang dibabarkan hingga berkali-kali.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Juli 2014


在四十六品裡面,釋迦牟尼佛咐囑彌勒菩薩,咐囑什麼?「作大守護⋯⋯當令是法,久住不滅」。這就是釋迦牟尼佛把淨宗這個法門拜託給彌勒菩薩,要彌勒菩薩傳下去,永遠的傳下去。彌勒菩薩將來到這個世間來作佛,龍華三會,我在前面跟諸位做過報告,三會都要講《無量壽經》。這就是世尊當年在世,《無量壽經》是一生當中唯一的多次宣說。佛說一切經只說一遍,沒有重複的,唯獨《無量壽經》多次宣說。

二零一四淨土大經科註  (第七十三集)  2014/7/9 










Baik karma buruk maupun karma baik juga merupakan rintangan, berkah juga akan menghalangi dirimu sehingga anda jadi melekat pada dunia ini, tidak ingin terlahir ke Alam Sukhavati. Maka itu mengapa Buddha mengajarkan kita untuk menempatkan penderitaan sebagai guru, ini ada benarnya, kehidupan menderita sedikit adalah bagus, tidak ingin menetap terlalu lama di dunia ini, senantiasa ingin meninggalkan dunia ini, ini adalah hal yang bagus. Selalu ada yang mendesakmu sehingga ingin ke Alam Sukhavati, ini bukanlah hal yang buruk.

 Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Juli 2014

惡業是罪障,善業是福障,那個福也障礙你,讓你對這個世間生起貪戀,不想到極樂世界去。所以為什麼佛教我們以苦為師,有道理,生活苦一點好,對這個世間不想長住,常常想走,這就是好事情。常常有人逼著你要到極樂世界去,這不是壞事。


二零一四淨土大經科註  (第七十三集)  2014/7/9 








“Penjelasan Amitabha Sutra Karya Master Ou Yi”, isinya tidak banyak, di bagian halaman belakangnya masih ada satu bagian lampiran, Master Ou Yi menulisnya sendiri, menjelaskan bahwa penjelasan ini diselesaikannya dalam tempo waktu sembilan hari. Sungguh sulit ditemukan, ibarat jelmaan Buddha Amitabha yang datang untuk membuat penjelasan pada sutra tersebut untuk diwariskan pada generasi berikutnya, menjelaskan pada kita perihal tentang membangkitkan Bodhicitta.

Master Ou Yi mengatakan bahwa keyakinan dan tekad menyeluruh adalah membangkitkan Maha Bodhicita, sejak dulu tidak ada orang yang bilang begitu, sehingga membangkitkan Bodhicitta menjadi persoalan yang sulit bagi kita, sesungguhnya apa yang disebut dengan Bodhicitta? Dengan adanya penjelasan ini maka terurailah sudah, asalkan anda membangkitkan keyakinan benar, bersungguh-sungguh membangkitkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, hati ini adalah Maha Bodhicitta.

Memang benar, kami melihat para lansia di dusun yang melafal Amituofo, saat menjelang ajal muncul tanda-tanda istimewa, bila anda bertanya padanya apa yang dimaksud dengan Bodhicitta, dia tidak tahu, dia juga tidak bisa mengungkapkannya keluar. Tetapi jika anda bertanya padanya apakah dia yakin, maka dia benar-benar yakin, sedikitpun tidak ada keraguan sama sekali, benar-benar ingin ke Alam Sukhavati, tidak ada kemelekatan pada dunia ini. 

Ternyata Master Ou Yi mengatakan bahwa ini adalah Maha Bodhicitta, para lansia ini tidak tahu, mereka telah membangkitkan Bodhicitta, maka itu dia menfokuskan diri melafal Amituofo, dia pasti terlahir ke Alam Sukhavati.  

Sepanjang hidupnya Master Ou Yi mengucapkan sepatah kalimat ini sungguh bernilai, sejak dulu hingga kini para guru sesepuh tidak mengucapkan hal sedemikian, sehingga keraguan para praktisi menjadi terpecahkan.


Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Juli 2014


《彌陀經要解》分量不多,後面還有一篇跋文,蕅益大師自己寫的,說明他這個註解九天完成的。真難得,如同阿彌陀佛再來,親自註這部經留傳給後世,把發菩提心這樁事情給我們解釋清楚了。  

他說信願具足就是大菩提心,從前從來沒人說過,所以菩提心把我們難倒了,到底什麼叫菩提心?這個解釋解決了,只要你真信,真正發願求生淨土,這個心就是無上菩提心。真的,我們看到確實有鄉下阿公阿婆念阿彌陀佛,往生的時候瑞相稀有,你要問他什麼叫菩提心,他不知道,他講不出來。你問他相不相信,真相信,一點不懷疑,真想到極樂世界,對這個世間沒有留戀。原來蕅益大師說這就是無上菩提心,他自己不知道,他真發心了,所以他一向專念,他決定往生。蕅益大師在一生當中,就說出這一句話就了不起了,自古以來祖師大德們沒說過,讓大家都懷疑,這說破了。

二零一四淨土大經科註  (第七十三集)  2014/7/9 










Kita harus menggunakan sikap ini memandang semua makhluk, melihat seluruh makhluk sebagai Buddha, maka pencapaian KeBuddhaan akan semakin cepat, takkan jauh lagi.

Terutama terhadap para junior kita, yang lebih muda usianya, kita selalu bersikap seperti seorang senior dalam memperlakukan dirinya, memandangnya bagaikan orang rendahan, menempatkannya setingkat lebih rendah, ini disebabkan oleh keangkuhan. Diri sendiri tidak tahu dirinya sendiri angkuh, orang lain dapat melihatnya, insan lain melihatnya namun tidak berani memberitahukanmu, mengapa? Karena tahu anda takkan sudi menerimanya.

Bila anda dapat menerimanya, bagus, maka ada yang akan memberitahukanmu, itu adalah orang yang benar-benar menyayangi dan melindungi dirimu. Jika anda tidak sudi menerima maka juga tak berdaya, mengapa demikian? Karena memberitahukanmu akan membuatmu tersinggung, setelah mengatakannya beberapa kali akan jadi musuh kerabat penagih hutang, tidak memberitahukanmu maka takkan menjalin permusuhan, sehingga anda akan melakukan kesalahan selamanya, hingga akhirnya tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati, jatuh ke tiga alam penderitaan, bukankah ini sungguh memprihatinkan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Juli 2014


我們都要以這個心態看一切眾生,把一切眾生都當作諸佛看待,我們成佛就快了,就不遠了。

尤其對比我們晚輩的、年輕的,我們常常以長者的這個姿態去對他,把他看作下人,把他看作低一等,這都是傲慢心作祟。自己不知道自己傲慢,別人看到,別人看到不敢告訴你,為什麼?不能接受。你能接受,不錯,會有人告訴你,那都是真正愛護你的人。你不能接受就沒有辦法了,為什麼?告訴你你會生氣,次數多了變成冤親債主,不告訴你,不跟你結怨,你就錯到底了,到最後不能往生,墮三惡道,你說多可憐。

二零一四淨土大經科註  (第七十三集)  2014/7/9 










Buddha Amitabha dipuji oleh seluruh Buddha sebagai “Buddha dengan cahaya terunggul, rajanya diantara para Buddha”. Hari ini orang memandang remeh pada hal ini, mengapa demikian? Karena tidak memahami dengan jelas ajaran sutra yang dibabarkan Buddha Sakyamuni, masih ada keraguan, menganggap masih ada pintu Dharma yang lebih unggul dan sempurna daripada ini.

Dengan membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo, maka anda akan memperoleh pemberkatan dari Buddha Amitabha. Buddha Amitabha memiliki cahaya terunggul, rajanya diantara para Buddha, adakah kekuatan pemberkatan yang bisa melampaui Buddha Amitabha? Tidak ada. Kebenaran ini tidak boleh tidak diketahui.

Setelah hal ini dipahami dengan jelas, sepatah Amituofo ini dilafal hingga berkesinambungan, takkan menggantinya dengan metode lainnya, serupa Master Hai Xian. Kelebihan beliau adalah tulus, orang tulus sulit dicari, diantara sepuluh ribu orang juga tidak ketemu satu orang. Tulus, patuh, serius mengamalkannya, beliau memenuhi tiga persyaratan ini.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Juli 2014


阿彌陀佛是一切諸佛讚歎稱揚他是,「光中極尊,佛中之王」。今天許許多多人把它等閒視之,不重視它,為什麼?對於世尊這個經教沒有看懂,還有疑惑,認為還有比這個更高、更殊勝的法門。也許有人說,修某個法門能得到佛、得到菩薩加持,這個經上佛也說了,信願持名,你就能得到阿彌陀佛的加持。阿彌陀佛是光中極尊,佛中之王,還有哪一種加持的力量能超過阿彌陀佛的?找不到了。這個理事不能不知道。真正搞清楚、搞明白了,這一句阿彌陀佛念到底,決定不會再換題目,就像海賢老和尚一樣。這個人的長處是老實,老實人很難找,一萬人當中找不到一個。老實、聽話、真幹,他具備這三個條件。

二零一四淨土大經科註  (第七十三集)  2014/7/9