Sabtu, 08 Maret 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Pebruari 2014



Ayahbunda pasti memiliki jodoh dengan dirimu, jika tidak berjodoh anda juga tidak mungkin terlahir ke dalam keluarga ini. Ada empat jalinan jodoh yang merupakan faktor pendukung, tanpa ayahbunda, bagaimana mungkin anda bisa sampai ke dunia ini? Buddha membabarkan bahwa ayahbunda dan anak memiliki empat jenis jalinan jodoh, yakni :

Yang pertama, yang datang membalas budi, pada masa kelahiran yang lampau ayahbunda memiliki budi padamu, sehingga anda merasa berterimakasih, kemudian anda lahir di keluarganya menjadi anak yang berbakti dan tahu membalas budi.

Yang kedua adalah yang datang untuk balas dendam, pada masa kelahiran yang lampau, ayahbunda pernah menyakiti si anak, sehingga dia menyimpan dendam dan hendak balas dendam, dan kini ayahbunda sedang berada di dunia dan kebetulan jalinan jodoh si anak di dunia ini juga sedang masak, maka datanglah si anak ke keluarga ayahbunda, apa yang akan dia lakukan di keluarga itu? Menjadi anak yang tidak berbakti dan menghambur-hamburkan harta kekayaan keluarga, sehingga keluarga itu jadi hancur berantakan.

Yang ketiga adalah yang datang menagih hutang, pada masa kelahiran lampau ayahbunda berhutang pada si anak, maka kini dia datang menagih hutang pada ayahbunda, setelah usai menagih hutang maka dia segera pergi, jika hutangnya sedikit maka usia 2 atau 3 tahun, dia segera pergi, karena dia merasa hutang sudah terlunasi; jika hutangnya besar maka mungkin sepanjang hidup harus melunasinya.

Yang keempat adalah membayar hutang, setelah lansia, ayahbunda menerima persembahan dari anaknya, walaupun dia memberi persembahan pada ayahbunda, tetapi dia tidak memiliki rasa bakti, jika hutangnya banyak, maka dia akan memberi ayahbunda keperluan hidup yang lebih layak; tetapi jika hutangnya sedikit, maka ayahbunda hanya diberi makan saja, tetapi tidak memberikan wajah ramah pada ayahbunda, ini adalah yang datang untuk membayar hutang.

Membayar hutang adalah karena si anak berhutang pada ayahbunda pada masa kehidupan lampau, jika hutangnya banyak maka sepanjang hidup si anak mencari nafkah membiayai ayahbunda, layaknya anak berbakti; jika hutangnya sedikit, yakni meskipun si anak sanggup mencari keuntungan yang besar, tetapi dia hanya memberikan sedikit keperluan hidup pada ayahbundanya, selebihnya takkan diberikan lagi.

Empat jenis jalinan jodoh ini, kita dapat mengamatinya di dunia ini, maka anda dapat melihat keseluruhannya, ada di depan mata kita, dapat anda temukan setiap saat dan di mana saja. Apa yang diucapkan Buddha sedikitpun tidak salah, segala yang ada di dunia ini sedikitpun tidak lari dari Hukum Karma. Agar bisa melewati hari-hari dengan tenang dan aman, maka kita harus memahami aturan ini, harus jelas akan hubungan kita dengan orang-orang di sekitar kita, yang mana adalah balas budi dan balas dendam, yang mana adalah tagih hutang dan bayar hutang, dalam hati kita amat jelas memahaminya.

Dalam kehidupan ini kita harus menangani hubungan ini dengan baik, mengubah empat jalinan jodoh ini menjadi jodoh Dharma, ini yang paling bagus. Semua budi dan dendam ini haruslah dilepaskan, mengubahnya jadi sahabat Dharma, inilah jasa kebajikan, ini telah melakukan jasa kebajikan yang sesungguhnya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Pebruari 2014


父母,父母一定跟你有緣,沒有緣你不會到家裡來。有四種緣,這四種緣是增上緣,你沒有父母,你怎麼能到人間來?佛說父子四種緣 :

第一種,報恩的,父母在過去生中對你有恩惠,你感恩,你到他家來投胎,將來是孝子賢孫,報恩來的。

第二種是報怨,是有仇恨的,過去生中你傷害他,他記在心上要報復,這下你在人間,他人間的緣成熟,來了,到你家來,這個人將來是什麼?敗家子,會把你這個家搞得家破人亡,到你家來了。

第三種,討債,父母欠他的,他向父母討債的,債討完他就走了,欠得少的,二、三歲他走了,他討完了;欠得多的,可能一輩子。受他供養,年歲老了兒子供養,他雖然供養你,沒有孝順心,欠得多,物質生活條件比較厚;要是欠得少,吃飽就可以,也沒有好的臉色給你看,這還債的。

還債是你欠他的,欠得多,你這一生賺的錢都是供養父母,好像是個孝子;欠得少的,也就是你賺得很多,只照顧他生活就可以,多餘的不給。這四種緣,我們冷靜觀察現在這個世間,你全就都看到,都在眼前,隨時隨處你都能看到。佛說的一點都不錯,世法裡頭點點滴滴都不出因果的定律。我們想我們在人間能夠過一個幸福安穩平安的日子,要明白這個道理,跟我們周邊這些人的關係要清楚,哪些是報恩報怨的,哪些是討債還債的,我們心裡有數。這一生當中我們要把這些關係整理好,這四種緣要把它轉變成法緣,這就最好。這些恩恩怨怨都放下,都變成同參道友,這就是功德,這做了真正的功德。


二零一二淨土大經科註  (第六三0集)  2014/2/22