Kamis, 15 Mei 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Mei 2014


Bagaimana cara melenyapkan tabiat? Biarkan saja, jangan dipedulikan, seiring berlalunya waktu dengan sendirinya akan lenyap. Di dalam ajaran sutra, Buddha mengambil botol arak sebagai perumpamaan, botol yang pernah diisi penuh dengan arak, kemudian araknya dituang keluar hingga kosong, lalu disikat sampai bersih, memang setetes arakpun tak bersisa lagi, tetapi ketika dicium, ternyata bau araknya masih ada, bau itulah yang disebut tabiat. 

Jadi bagaimana cara melenyapkan tabiat? Tidak berdaya, bukalah tutup botol dan biarkan begitu saja, hingga setengah atau setahun kemudian, bau arak sudah hilang, demikian juga cara untuk melenyapkan tabiat, maka itu tidak perlu mempedulikannya.

 Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Mei 2014


那個習氣怎麼斷法?叫任運而斷,就是隨它去,不要理它,時間久了自然沒有了。經教裡面佛用酒瓶做比喻,盛酒的瓶子,酒倒乾淨了,擦得乾乾淨淨的,確實一滴酒也沒有了,聞聞還有味道,那個味道叫習氣。怎麼斷法?沒法子,把瓶蓋打開放在那裡,放上半年、放上一年,再聞沒有了。實報土裡面斷習氣就是這個方法,所以就不要理它了。

二零一四淨土大經科註  (第四十八集)  2014/5/7








Saat seorang praktisi menjelang ajalnya, Buddha Amitabha akan membawa sekuntum bunga teratai datang menjemputnya, di atas bunga tercantum namamu. Apa yang merupakan benih sebab dari bunga teratai tersebut? Ini adalah kekuatan tekad dari Buddha Amitabha, faktor pendukung atau jodoh dari bunga teratai adalah anda bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, anda memiliki niat pikiran sedemikian, maka di atas kolam tujuh mustika akan tumbuh sekuntum teratai.

Setelah ketrampilan melatih dirimu berhasil, maka Buddha akan membawa bunga teratai ini datang menjemputmu. Pada saat menjemputmu bunga teratai dalam kondisi terbuka, anda masuk ke dalam, setelah berada di dalam bunga teratai, kelopak bunga akan menutup. Buddha akan membawa bunga ini pulang ke Alam Sukhavati dan meletakkan kembali di  kolam tujuh mustika.

Selama berada di kolam tujuh mustika, dengan pemberkatan kekuatan Buddha Amitabha, dengan sendirinya di dalam bunga teratai, Delapan Kesadaran (kesadaran mata, telinga, hidung, lidah, tubuh, pikiran, kesadaran ke-7 dan alayavijnana) berubah menjadi Empat Kebijaksanaan Buddha. Dengan perkataan lain, tubuh jasmani kita ketika bunga bermekar bertemu Buddha, bukan lagi tubuh jasmani daging kita yang dulu lagi.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Mei 2014


  人到往生的時候,佛就拿著這朵花去接引你,這個花上是有你的名字。花的因,為什麼會有蓮花?花的因是阿彌陀佛的願力,花的緣就是你自己發心願生淨土,你有這個念頭,七寶池裡頭就有花。你念佛的功夫成就了,佛拿著這個花來接引你。接引你的時候花是開的,你進去了,你進到蓮花裡面之後,花就合起來了。佛將這個花帶到極樂世界,依舊放在七寶池中。在七寶池中這個時候,這是阿彌陀佛威神加持的,自自然然在花苞裡面轉八識成四智。換句話說,花開見佛那個身不是我們現在的肉身。

二零一四淨土大經科註  (第四十八集)  2014/5/7








Semua makhluk dari sepuluh penjuru alam yang terlahir ke Alam Sukhavati akan menjelma dari bunga teratai yang ada di kolam tujuh mustika. Seperti yang kita lihat dari sutra Aliran Sukhavati, segala yang ada di Alam Sukhavati tidak muncul dan tidak lenyap, tidak ada yang berubah kemudian meninggal dunia atau lenyap, makhluk hidup takkan mengalami lahir, tua, sakit dan mati, benda mati juga takkan mengalami muncul, berlangsung, berubah dan lenyap, permukaan alamnya juga takkan mengalami pembentukan, berlangsung, rusak dan lenyap, maka itu disebut Alam Dharma Tunggal Sejati.

Hanya ada satu hal yang tampak muncul dan lenyap, yakni bunga teratai yang ada di kolam tujuh mustika. Darimana asal munculnya bunga teratai? Apabila ada makhluk di sepuluh penjuru alam yang bertekad lahir ke Alam Sukhavati, maka di kolam tujuh mustika akan tumbuh sekuntum bunga teratai. Jika praktisi ini sangat tekun melafal Amituofo, keyakinan dan tekadnya juga sangat kuat, maka bunga ini akan semakin membesar dari hari ke hari.

Maka itu di Alam Sukhavati hanya hal ini yang tampak bersifat Anicca. Andaikata praktisi ini mundur dari niatnya semula, tidak ingin ke Alam Sukhavati lagi, atau mengganti melatih pintu Dharma lainnya, bunga teratainya akan jadi layu, dan lenyap. Hanya dalam hal ini yang terlihat ada muncul dan lenyap, jaya dan gagal. Hanya fenomena ini saja yang terlihat tidak kekal, sedangkan yang lainnya takkan mengalami Anicca.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Mei 2014


一切世界往生到極樂世界的人都是蓮花化生,都在七寶池中。我們從淨土經論當中所看到的,極樂世界裡面一切萬物不生不滅,沒有生住異滅的變化,人沒有生老病死,動物沒有生老病死,植物沒有生住異滅,大地沒有成住壞空,所以叫一真法界。只有一樣、一樁事情上能看到生滅,那是什麼?蓮花,七寶池中的蓮花。蓮花怎麼來的?十方世界的眾生有人發願求生淨土,七寶池就生出一朵蓮花。這個人功夫用得很勤,意願非常強烈,這個花一天一天長大。所以在極樂世界只有這一樁事情能看到。如果他退心了,不想到極樂世界,或者換了別的法門,這個花就枯掉了,就沒有了。極樂世界就這一樁事情看到有生有滅、有興有衰,能看到這個現象,其他的看不到。

二零一四淨土大經科註  (第四十八集)  2014/5/7