Rabu, 05 November 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Oktober 2014



Andaikata anda berniat menyelamatkan semua makhluk, terlebih dulu ke Alam Sukhavati untuk menyelamatkan diri sendiri, sampai di Alam Sukhavati maka anda barulah memiliki kemampuan yang serupa dengan Bodhisattva Ksitigarbha. Mengapa demikian? Meskipun diri sendiri belum mencapai pencerahan, tetapi Buddha Amitabha mampu memberkatimu, sehingga kebijaksanan dan kemampuan gaib yang anda miliki tiada bedanya dengan Bodhisattva calon Buddha.

Lagi pula ketika anda menjalankan misi menyelamatkan semua makhluk, sementara diri sendiri tidak meninggalkan Alam Sukhavati. Boleh meneladani Bodhisattva Ksitigarbha, Bodhisattva Avalokitesvara atau Bodhisattva lainnya, tetapi jika tidak bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, maka ini tidak boleh.

Maka itu anda disarankan kadang kala perlu meniru Sudhana-kumara yang berkunjung ke 53 orang kalyanamitra, apa yang dia peroleh? Yakni memperoleh kepastian sehingga memperteguh keyakinan hatinya, takkan tergoyahkan lagi, yakni melafal Amituofo berkesinambungan, takkan terpengaruh lagi oleh opini orang lain, bahkan keyakinan hati ini semakin hari semakin kokoh.

Kita harus meneladani Sudhana-kumara yang melafal Amituofo berkesinambungan, sebelumnya dia pernah berkunjung ke 53 orang kalyanamitra, 53 orang kalyanamitra ini melambangkan pintu Dharma yang tak terhingga, namun Sudhana-kumara sama sekali tak tergoyahkan, malah keyakinannya semakin kokoh dalam melafal Amituofo bertekad terlahir ke Alam Sukhavati.

Jika sebaliknya, bertemu satu ingin belajar satu, maka orang begini disebut memiliki berkah yang tipis, satu pintu Dharma pun takkan berhasil dipelajarinya, tetap saja menjadi orang awam yang berjalan di tempat, selangkah pun tidak sanggup meninggalkan tempatnya semula, bukankah ini sungguh memprihatinkan.      

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Oktober 2014


真正要想度一切眾生,先到極樂世界度自己,到了極樂世界你就有本事學地藏菩薩。為什麼?雖然自己沒有證得等覺,但是阿彌陀佛威神可以加持你。你自己沒有證得,得阿彌陀佛加持,你的智慧、神通、道力跟等覺菩薩沒有兩樣,這行。而且你度一切眾生,自己並沒有離開極樂世界。可以學地藏,可以學觀音,學哪個菩薩都行,不到極樂世界都不行。所以叫你偶爾像善財一樣五十三參,他五十三參成就自己,成就什麼?成就自己堅固的信心,他沒有動搖,他還是一句彌陀念到底,沒有拐彎,沒有受外面影響,反而這個信心愈來愈堅定。我們要學善財,善財是一句阿彌陀佛念到底的,當中經歷無量法門,那個五十三參代表無量,不為所動,對念佛求生淨土增長信心,堅固了願心。如果是見一個想學一個,見異思遷,這個人完了,這個人真叫福薄,一門都不能成就,還是博地凡夫,原地踏步,一步都沒有跨出去,你說他多可憐。

文摘恭录 —二零一四淨土大經科註  (第一二二集)  2014/10/26









Apakah Aliran Zen di Tiongkok saat sekarang ini masih eksis? Tidak ada lagi. Hal ini diberitahukan oleh Upasaka Huang Nian-zu kepada diriku. Saat beliau berusia lanjut, kami bertemu dan berkenalan. Pada saat itu saya akan berkunjung ke Beijing dua atau tiga kali setahun, memohon bimbingan pada beliau. Dia memberitahukan padaku, mulai sekarang dan selanjutnya, untuk meraih keberhasilan dalam Buddha Dharma hanya ada satu metode yakni Aliran Tanah Suci.

Beliau merupakan guru Aliran Tantra, yang juga merupakan pewaris dari Aliran Zen dimana warisan ini diturunkah oleh gurunya yakni Master Xu Yun, tetapi Upasaka Huang Nian-zu telah memperagakan kepada kita, terakhir beliau memilih untuk melafal Amituofo bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati. Usai menulis penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas, setiap harinya beliau melafal Amituofo 140 ribu lafalan, setengah tahun kemudian beliau meninggal dunia.

Upasaka Huang Nian-zu telah memperlihatkan kepada kita, dia tidak menggunakan metode Tantra, juga tidak memakai metode Dhyana(Zen), namun dia menggunakan metode melafal Amituofo, memberikan teladan terbaik buat kita semuanya. Beliau menguasai semuanya namun pada akhirnya beliau memilih Ajaran Sukhavati, khususnya dia menampilkan keunggulan dari Aliran Tanah Suci yang tiada bandingnya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Oktober 2014


中國禪宗現在有沒有?沒有了。這樁事情,黃念祖老居士告訴我的。他老人家晚年,我們遇到了,認識了。在那個時代,我每年會到北京去二、三次,向他老人家請教。他告訴我,佛法從今而後,真正成就只有淨土。他是密宗上師,他也是宗門的傳人,他的禪宗是虛雲老和尚傳給他的,可是他為我們表現的,念佛往生淨土。這部註解完成之後,他每天念佛十四萬聲佛號,念了半年走了。做樣子給我們看的,他沒有用密,他也沒有用禪,他用念佛,給我們做最好的榜樣。他樣樣都通達,最後歸淨土,特別顯示淨土的殊勝,無與倫比。

文摘恭录 —二零一四淨土大經科註  (第一二二集)  2014/10/26









Bertemu dengan pintu Dharma ini, menfokuskan diri pada satu pintu Dharma dan mendalaminya, membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo, menfokuskan pikiran melafal Amituofo, dalam satu kehidupan terlahir ke Alam Sukhavati, sampai di Alam Sukhavati memperoleh pemberkatan dari Buddha Amitabha, semuanya menjadi Bodhisattva Avaivartika.

Bodhisattva Avaivartika adalah Bodhisattva Dharmakaya, dalam satu kehidupan mencapai keberhasilan. Srotāpanna hendak mencapai Arahat, masih harus terlahir lagi sebanyak tujuh kali, bolak balik di antara alam manusia atau Alam Deva, ini merupakan waktu yang sangat panjang!

Waktu di alam manusia tidaklah panjang, namun waktu di Alam Deva sangatlah panjang. Surga Tavatimsa berjarak paling dekat dengan kita, sehari di Surga Tavatimsa adalah seratus tahun di alam manusia, andaikata usia manusia mencapai seratus tahun, sementara di Surga Tavatimsa hanya sehari saja. Usia penghuni Surga Tavatimsa, setahun juga 365 hari, usia mereka mencapai seribu tahun, maka cobalah anda menghitungnya.

Usia di alam manusia sudah berakhir lalu terlahir di Alam Deva, setelah usia di Alam Deva berakhir lalu kembali lagi ke alam manusia, beginilah bolak balik di antara alam manusia dan Alam Deva sebanyak tujuh kali, barulah mencapai tingkatan kesucian Arahat. Tidak mudah!

Setelah mencapai tingkatan kesucian pertama yakni Srotapanna, maka anda takkan mungkin jatuh lagi ke tiga alam penderitaan, anda berada di enam alam tumimbal lahir, bolak balik antara alam manusia dan  Alam Deva. Maka itu tidak bisa dibandingkan dengan Alam Sukhavati, di Alam Sukhavati kita mengandalkan kekuatan Buddha Amitabha untuk mengeliminasi rintangan karma.

Kita harus memiliki kebijaksanaan, mencermati dengan seksama, bukan mudah berkesempatan bertemu dengan pintu Dharma ini, anda sungguh beruntung, bagaimana anda bisa memiliki kesempatan sedemikian? Namun jika sudah bertemu masih timbul keraguan, masih suka mencari-cari pintu Dharma lainnya, menduga-duga masih ada metode lainnya yang lebih bagus, maka ini merupakan kesalahan terbesar.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Oktober 2014


遇到這個法門,一門深入,信願持名,一向專念,一生往生,生到西方極樂世界,得阿彌陀佛威神加持,皆作阿惟越致菩薩。阿惟越致菩薩就是法身菩薩,一生成就。須陀洹要證到阿羅漢,天上人間七次往返,多長時間!人間時間不長,天上壽命長。忉利天距離我們很近,忉利天的一天,人間一百年,我們在人間活了一百歲,在忉利天上是一天。忉利天的壽命,一年也是三百六十五天,壽命是一千歲,你去算。人間的壽命到了生天,天上壽命到了又到人間,這樣人間天上七次往返,證阿羅漢果。不容易!證得初果之後,你決定不會墮三惡道,你在六道裡頭就是人天兩道。跟極樂世界不能比,極樂世界的消業障靠佛力,阿彌陀佛加持你,此地消業障憑自力。

我們要有智慧,要細心觀察。遇到這個法門不容易,稀有難逢,你的運氣實在太好了,你怎麼會遇到?遇到之後還懷疑,還不相信,還喜歡涉獵其他的法門,認為還有比這個更好的方法,錯了,大錯了。

文摘恭录 —二零一四淨土大經科註  (第一二二集)  2014/10/26











Buddha Sakyamuni membabarkan bahwa Beliau sendiri dengan Ananda dan murid-murid lainnya yang berada di persamuan sebanyak 1255 orang. “Pada masa lampau saat Buddha Dharmagahanābhyudgata-rāja sedang membabarkan Dharma di dunia, bersama-sama membangkitkan Anuttara-samyak-sambodhi”. Pada masa lampau, Buddha Sakyamuni dan Ananda bersama-sama membangkitkan Anuttara-samyak-sambodhi, namun oleh karena Ananda lebih suka belajar beraneka ragam, sementara Buddha Sakyamuni sendiri lebih suka menfokuskan diri pada satu pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan untuk jangka panjang, Ananda memperagakan pada kita tentang insan yang suka belajar beraneka ragam, inilah maknanya.

Insan yang suka belajar beraneka ragam ini hingga sekarang masih juga tidak melepaskan kemelekatan, maka itu kemajuannya begitu lamban, sedangkan insan yang tekun menfokuskan diri telah mencapai Kebodhian tertinggi yang tiada taranya.

Masa kini banyak orang yang memiliki gejala ini, dari sini kita seharusnya bisa tercerahkan. Insan yang suka belajar beraneka ragam, mengamalkan sila dan melafal Amituofo, juga tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati, kehidupan mendatang masih bertumimbal lahir jadi manusia, bertemu Buddha Dharma masih melanjutkan belajar dan melatih diri, ini juga harus mengandalkan ada tidaknya jodoh Dharma.

Andaikata tidak memiliki jodoh Dharma mungkin harus menunda lagi hingga beberapa kelahiran mendatang, bahkan hingga belasan kelahiran selanjutnya, ratusan bahkan ribuan kelahiran juga masih belum tentu, karena tidak mengetahui anda akan bertumimbal lahir ke alam mana, di planet mana yang mungkin tidak memiliki Buddha Dharma, maka anda akan melewatinya dengan sia-sia, hanya menikmati segelintir berkah. Sedangkan praktisi yang terfokus melafal Amituofo dan terlahir ke Alam Sukhavati, sampai di Alam Sukhavati menjadi Bodhisattva Avaivartika, jadi tidak sama! Perbedaannya terlampau jauh.

Pintu Dharma adalah setara, tidak ada yang lebih tinggi atau lebih rendah, namun dalam belajar itu haruslah menfokuskan diri pada satu pintu Dharma dan mendalaminya, tak peduli anda menjatuhkan pilihan pada pintu Dharma yang mana, maka fokuskanlah diri pada satu pintu Dharma tersebut lalu mendalaminya, begini barulah betul, jika anda suka belajar beraneka ragam, maka ini sudah salah.

Mungkin saja anda akan berkilah, bukankah di dalam “Empat Prasetya Agung” tercantum bahwa “Bertekad mempelajari pintu Dharma yang tak terhingga”, lalu mengapa saya yang suka belajar beraneka ragam ini dikatakan sudah salah?  Apakah anda ada melihat dua kalimat sebelumnya? Bertekad mempelajari pintu Dharma yang tak terhingga, kalimat kedua adalah menfokuskan diri pada satu pintu Dharma dan mendalaminya, dengan menfokuskan diri pada satu pintu Dharma dan mendalaminya barulah anda akan mencapai KeBodhian tertinggi tiada taranya (KeBuddhaan). Setelah mencapai KeBodhian tertinggi tiada taranya, barulah belajar beraneka ragam, maka begini barulah betul. Jadi bukan menyuruhmu baru mulai melangkah sudah belajar beraneka ragam, ini tidak masuk akal. Ini tidak boleh tidak dipahami.

Ananda melakonkan adegan ini buat kita, manakala di masa kini sebagian besar praktisi selalu berjalan di jalur serupa ini. Maka itu tidak perlu heran melihat ada orang yang tersesat melangkah ke jalan begini, ini adalah fenomena biasa, mengapa demikian? Dia terpengaruh oleh opini orang banyak. Kapan dia akan kembali ke jalan yang benar? Yakni ketika dia benar-benar sudah tercerahkan, menfokuskan diri pada satu pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan untuk jangka panjang, maka dengan demikian dia telah kembali ke jalan yang benar.
.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Oktober 2014



佛說了,說我與阿難等,這個等字,就是與會一千二百五十五人。「於空王佛所,同時發阿耨多羅三藐三菩提心」。過去釋迦牟尼佛跟阿難地位相同的,可是「阿難常樂多聞」,這樂是愛好,喜歡多聞,廣學多聞,「我常勤精進」,世尊他就一門深入長時薰修,阿難是廣學多聞,表這個意思。這個廣學多聞的人一直到現在還沒放下,所以他的進步很緩慢,而常精進的人已經證得無上菩提。阿耨多羅三藐三菩提,翻成中國意思,無上正等正覺,這成佛了。我們現在有不少人有這個現象,在這個地方看到的時候要覺悟。喜歡多聞的人,真正持戒念佛,喜歡多聞他不能往生,來生還得人身,遇到佛法繼續再修學,那得靠緣分。如果沒有緣分可能耽好幾世,乃至十幾世、百世千世不一定,因為不知道你到哪裡去投胎去了,投胎在那個星球上沒有佛法,你就得空過,享一些痴福。這個精進的人念佛往生了,生到極樂世界就是阿惟越致菩薩,不一樣!差別太大了。法門平等,無有高下,是從理上講的,理上是一點都沒錯。法門必須要一門深入,無論哪一門,一門深入就對了,廣學多聞那你就錯了。四弘誓願裡頭明明說的,「法門無量誓願學」,那我怎麼學錯了?你有沒有看到前面兩句?法門無量誓願學,不是擺在第一句,第一句是叫你發心,第二句是叫你一門深入,一門深入你能證果,能證無上菩提。證得無上菩提,再廣學多聞,那就沒錯了。不是教你起步就廣學多聞,沒這個說法的。這是我們不能不知道的。

  阿難為我們表演的這個路,就是我們今天一般人絕大多數的人都走這條路。所以我們看到有人迷失道路走這一條不足以為奇,正常現象,為什麼?他受大眾的感染。什麼時候他才能回頭?他什麼時候真正覺悟到,一門深入,長時薰修,他就回頭了。

文摘恭录 —二零一四淨土大經科註  (第一二二集)  2014/10/26









Dengan melepaskan khayalan maka kesucian hati akan muncul; dengan melepaskan hati yang tidak tenang, maka keseimbangan batin akan muncul. Apa yang dimaksud dengan ketrampilan melatih diri? Ketrampilan melatih diri adalah di dalam kehidupan keseharian anda dapat melepaskan kemelekatan, setiap hari asalkan cukup sandang dan pangan maka ini sudah cukup, jangan menaruh kejadian hari esok di dalam hati, juga jangan menaruh kejadian tahun mendatang di dalam hati, waktunya belum sampai. Segala kondisi itu muncul dari pikiran sendiri, maka itu diri sendiri yang harus bertanggungjawab, segala sebab dan akibat adalah hasil perbuatan sendiri dan diterima oleh dir sendiri.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Oktober 2014


你放下妄念,清淨心就現前;放下浮躁,平等心就現前。什麼叫功夫?功夫就是在日常生活當中你能放得下,每天能吃得飽穿得暖就夠了,不要把明天的事情放在心上,不要把明年的事情放在心上,它還沒到。佛給我們講事實真相,沒有三世,也沒有十方,遍法界虛空界是一體,同體大悲,無緣大慈,是從這生出來的,真誠的愛心。我們所有境界都是自己念頭產生的,自己對自己負責,業因果報,自作自受,沒有任何一個人主宰你,是你自己主宰自己。

文摘恭录 —二零一四淨土大經科註  (第一二二集)  2014/10/26








Inginkah dalam satu kehidupan mencapai keberhasilan? Inginkah terlahir ke Tanah Suci Sukhavati? Jika ingin maka ini tidak sulit, asalkan membangkitkan keyakinan benar dan tekad menyeluruh, menfokuskan pikiran melafal Amituofo bertekad lahir ke Alam Sukhavati, maka setiap orang dapat berhasil. Meskipun pada masa lampau menciptakan banyak karma buruk, jangan taruh di hati, dengan sepatah Amituofo, kita harus percaya pada apa yang tercantum di dalam sutra, dengan melafal sepatah Amituofo dapat mengeliminasi delapan miliar kalpa karma berat tumimbal lahir. Anda harus percaya Buddha takkan berdusta, setiap patah perkataan Beliau adalah kebenaran, insan yang percaya memiliki berkah.

Terutama praktisi yang hidup pada masa kini, apapun janganlah dipikirkan, janganlah terpengaruh pada perubahan dan opini masyarakat, tak peduli dalam kondisi bagaimanapun, suka maupun duka, jodoh yang baik maupun buruk, semuanya dihadapi dengan sepatah Amituofo. Semua Dharma akan kembali pada sepatah Amituofo, sepatah Amituofo ini adalah mewakti keseluruhan Dharma, dengan demikian hatimu barulah dapat tenang, barulah ketrampilan melafal Amituofo akan jadi efektif.

Andaikata anda masih saja terpengaruh oleh opini luar, bagaimana mungkin ketrampilan melatih diri anda bisa maju? Maka ini seperti yang dikatakan oleh praktisi jaman dulu, hanya bisa menanam benih melafal Amituofo di Alaya-vijnana (gudang kesadaran), yang akan bertunas pada masa kelahiran-kelahiran berikutnya, namun dalam satu kehidupan ini tidak bisa berhasil.

Jika ingin berhasil pada satu kehidupan ini juga, maka harus melepaskan semua kemelekatan, yakni seperti yang sering saya sarankan pada anda semuanya, jangan sampai terpengaruh oleh keadaan di luar. Andaikata keadaan di luar itu datang mengganggu maka apa yang harus dilakukan? Turuti saja apa adanya, anda mau bilang ini bagus yah terserah; anda mau bilang ini tidak bagus, juga terserah, segalanya menuruti apa adanya.

Bagaimana yang disebut “menuruti apa adanya”? Tidak melekat pada rupa disebut “menuruti apa adanya”, jika melekat pada rupa tidak disebut “menuruti apa adanya”, melekat pada rupa menciptakan karma buruk, tak peduli itu adalah baik atau buruk, asalkan anda melekat padanya, anda menaruhnya di dalam hati, inilah yang disebut dengan melekat pada rupa. Di dalam Alaya-vijnana ada benih baik dan benih buruk, benih baik akan mengantar kelahiran di tiga alam bajik; benih buruk akan mengantar kelahiran di tiga alam penderitaan, anda tidak mungkin bisa menghindar.

Jadi bagaimana caranya agar tidak melekat pada rupa? Tak peduli apakah itu adalah baik atau buruk, janganlah taruh di hati, di dalam hati hanya boleh ditaruh sepatah Amituofo saja, selain Amituofo, apapun jangan ditaruh, inilah yang dimaksud dengan tidak melekat pada rupa. Anda hanya melekat pada Buddha Amitabha, setiap niat pikiran adalah Alam Sukhavati, selain Amituofo maka takkan ada lagi yang lainnya, pasti berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Oktober 2014


 想不想一生成就?想不想往生淨土?要是想,不難,真信切願,一向專念,求生淨土,個個都能成就。縱然過去造了很多罪業,不要緊,這一句阿彌陀佛,經上講的我們要相信,念一聲佛號消八十億劫生死重罪。你要相信,佛不是說大話,不是欺騙人,句句都是老實話,相信的人有福了。特別是生在現前這個時代,什麼都不要想,不要受社會這些變化所干擾、所影響,無論什麼境界,順境逆境、善緣惡緣,統統都是一句阿彌陀佛。萬法歸一,一就是這一句佛號,一切法統統歸到這一句佛號,這一句佛號代替一切法,你心就清淨,念佛功夫就得力。你要是還受外面境界干擾,還放不下外面境界,你的功夫怎麼會得力?不得力,那古人講的,只是阿賴耶裡面落一個念佛的種子,做為他生後世遇到緣繼續再幹的這個好處,這一生不能成就。

這一生要成就,要放下,萬緣放下,也就是我常常勸勉大家的,不受外面環境干擾。外面環境一定來干擾,干擾怎麼?隨緣。你說好,很好;你說不好,也很好,一切都隨緣。隨緣,怎麼叫隨緣?不著相叫隨緣。著相不是隨緣,著相就造業,無論是善法是惡法,只要著相。著相是什麼?你把這個放在心上,這叫著相。阿賴耶識有善有惡,著善的相,將來來生生三善道;著惡的相,來生果報是三惡道,你決定逃不了。怎麼就不著相?不管它是善是惡,都不要放在心上,心上只放阿彌陀佛,除阿彌陀佛之外什麼也不放,這叫不著相。你心裡著的相是阿彌陀佛,念念都是西方極樂世界,念念都是阿彌陀佛,除阿彌陀佛之外什麼也沒有,決定得生。

文摘恭录 —二零一四淨土大經科註  (第一二二集)  2014/10/26