Kamis, 06 November 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Oktober 2014



Di dunia ini manusia hidup dengan begitu menderita, andaikata anda bertanya pada saya (Master Chin Kung), maka jika bukan demi orang banyak, maka saya akan memohon pada Buddha Amitabha agar sekarang juga menjemput diriku ke Alam Sukhavati, di dunia ini tiada lagi yang didambakan sama sekali, sejak awal saya telah sampai di Alam Sukhavati mencapai KeBuddhaan, barulah kemudian kembali lagi untuk menyelamatkan para makhluk, identitasnya tidak sama, merupakan insan yang datang kembali.

Buat apa masih berada di dunia ini? Bila masih ada yang ingin mendengar ceramah maka ini disebut masih memiliki ikatan jodoh; sebaliknya jika di dunia ini tidak ada yang ingin mendengarkan ceramah lagi, maka ini disebut tidak memiliki jalinan jodoh lagi, saya akan segera pergi. Selama ini kami menggunakan media internet dan siaran televisi, saya memberi ceramah di dalam studio rekaman, di dalam studio rekaman seringkali tidak ada yang datang mendengar, saya sendiri berhadapan dengan lensa kamera dan berceramah didengar oleh diriku sendiri, betapa bahagianya.

Ada orang yang menyaksikan siaran kami, maka ini disebut masih memiliki jalinan jodoh, setiap hari dia akan menyetel siaran tv ke saluran kami. Sebenarnya berapa orang yang menyaksikan ceramah, saya juga tidak mengetahuinya, saya juga sama sekali tidak pernah menaruh hal ini di hati, asalkan masih ada yang menyaksikannya maka saya akan terus berceramah.   

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Oktober 2014


 在這個世間,人活得這麼苦,你要問我自己,我要不為別人想,為自己想,我要為自己想,我就求阿彌陀佛現在帶我到極樂世界去,我對這個世間絲毫貪戀都沒有。我早到極樂世界早成佛,再回來教化眾生,身分不同,那是菩薩,是再來人。住在這個世間為什麼?還有人想聽經,那就有緣;這個世間人都不想聽經了,就沒有緣,那我就早早走了。我們講經用網路、用電視,講經在攝影棚裡頭,攝影棚經常沒人來聽,我自己對著畫面,自己講給自己聽,快樂無比。有人收看,那是有緣人,他每天到時間,他會按下它的按鈕,打開電視,那是有緣人。到底多少人收看我不知道,我也從來沒有把這個事情放在心上,我只知道有人看,有人看我就講。

文摘恭录 二零一四淨土大經科註  (第一二三集)  2014/10/27










Insan jaman dahulu kala mawas diri dan disiplin, orang masa kini menjunjung kebebasan, pendidikan orang Tiongkok masa dulu adalah membatasi diri sendiri. Bila dua hal ini dibandingkan, mana yang lebih bagus? Masih saja cara insan tempo dulu yang lebih bagus, karena takkan ada efek sampingnya, dapat melindungi diri sendiri, dapat membawa ketenangan dan keharmonisan pada masyarakat. Sedangkan kebebasan dapat membawa apa? Persaingan, perebutan, peperangan.

Dari sini anda dapat memahami bahwa metode yang digunakan oleh insan tempo dulu adalah benar adanya, dapat menghindari bencana, mengurangi malapetaka yang menimpa manusia. Mengapa prestasi ini tidak ditemukan dalam masyarakat masa kini? Karena orang jaman sekarang hatinya tidak tenang (tergesa-gesa), mereka hanya melihat hasil yang ada di hadapannya saja, tidak mengamatinya secara mendalam.

Saya dapat menaati sedikit tata krama, saya dapat mengorbankan sedikit keuntungan, namun dapat membawa ketenangan pada masyarakat, membawa keharmonisan bagi negara, membawa dunia ini dalam kebersamaan, memiliki nilai dan makna, sungguh pantas adanya!  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Oktober 2014


古時候人叫謹嚴,現在人開放,現在人講求自由,中國古來的教誨對自己約束,那是真的。兩個比較哪個好?還是古人那個好,它不出事情,它真正能守住自己,能夠對社會帶來安定和諧。自由開放帶來是什麼?競爭、鬥爭、戰爭。從這上面來看,你就會體會到古人的東西好,有道理,能夠避免這些災難,減少天災人禍。這才叫高,這才叫大,這才叫尊、才叫聖。現在人為什麼看不見?我們能理解,心浮氣躁,他只看到表面,沒有看到深度。我能守一點規矩,我能犧牲一點點利益,帶給社會的安定、帶給國家的和諧、帶給世界大同,有價值、有意義,值得!

文摘恭录 二零一四淨土大經科註  (第一二三集)  2014/10/27










Masa kini manusia memiliki pengetahuan yang lebih luas daripada orang jaman dulu, namun orang masa kini sikapnya tidak tenang, orang tempo dulu tidak pernah terdengar hal begini, mengapa demikian? Hatinya tenang dan seimbang. Pada mulanya memang tidak ada hati yang kalut, kenyataannya orang tempo dulu sepanjang hidupnya, dalam interaksi dengan para makhluk di sekitarnya juga tak terlihat ada yang tidak tenang, meskipun ada yang tidak tenang namun itu hanyalah segelintir, tidak ada apa-apanya.

Saat kini di dalam masyarakat, setiap orang sejak kecil hingga lansia, dipenuhi sikap yang tidak tenang, orang tempo dulu juga tidak pernah bermimpi bahwa masa kini akan jadi sedemikian. Ini dikarenakan pada jaman sekarang manusia dalam berinteraksi, apa yang dia lihat dan dengar, kerumitannya bila dibandingkan dengan masyarakat tempo dulu adalah lebih dari ratusan bahkan ribuan kali lipat.

Hati mereka begitu kacau, tidak sanggup menenangkan diri; pikiran mereka tercemar, tidak sanggup menjernihkannya, hanya bisa meringankan sedikit kekotoran di batinnya. Andaikata masih juga tidak serius melatih diri, maka pencemaran batin itu semakin hari akan semakin parah, maka itu pada kelahiran mendatang tidak berani membayangkannya lagi.

Andaikata hati kita memiliki hanya sedikit ketenangan dan keseimbangan, maka pada kelahiran mendatang akan memperoleh berkah Alam Dewa dan alam manusia; andaikata bergelombang dan kacau maka jatuh ke tiga alam penderitaan, bukankah ini sungguh menakutkan. Tiga alam penderitaan adalah mudah dimasuki namun susah untuk keluar lagi!

Ada banyak binatang yang berumur pendek, seperti yang tercantum di dalam sutra, Buddha Sakyamuni membabarkan pada kita bahwa hewan-hewan berusia singkat ini, setelah mati bukan berarti mereka sudah dapat membebaskan diri dari alam binatang. Umpamanya manusia yang jatuh ke alam binatang terlahir jadi anjing, setelah anjing mati masih kembali terlahir jadi anjing lagi, berulang hingga beberapa puluh kali, bahkan hingga ratusan kali, barulah dapat keluar dari alam binatang. Setelah anda menyadari kebenaran ini barulah anda memahami bahwa betapa mengerikannya hal ini.

Ketika Buddha Sakyamuni sedang membabarkan Dharma di dunia ini, di Taman Jetavana, saat itu sedang ada proyek pembangunan, Buddha melihat di permukaan tanah ada sebuah sarang semut, meminta para siswaNya untuk ikut mengamatinya, sebagian besar dari para siswaNya telah mencapai tingkat kesucian Arahat. Buddha bertanya pada mereka : “Kalian lihatlah, sudah berapa lama semut-semut ini bertumimbal lahir menjadi semut lagi?”

Kemampuan gaib Arahat dapat mengetahui kejadian lima ratus kehidupan yang lampau, melihat semut-semut ini sudah sebanyak lima ratus kehidupan masih tetap saja menjadi semut, setelah mati bertumimbal lahir lagi jadi semut, juga tetap di sarang semut ini, bertumimbal lahir di sarang ini, sungguh membuat setiap insan yang melihatnya jadi terkesima.

Buddha memberitahukan para siswaNya, kemampuan gaib yang kalian miliki masih belum cukup, dengan mata Buddha melihat semut-semut ini, tujuh Buddha telah muncul di dunia ini, namun semut-semut ini masih saja tetap menjadi semut. Diibaratkan satu Buddha membabarkan Dharma di dunia selama tiga asamkheya-kalpa, tujuh Buddha, tiga kali tujuh sama dengan 21 asamkheya-kalpa, waktu yang begitu panjang, semut-semut ini masih juga belum terlepas dari tubuh semut.          

Buddha membabarkan Dharma ini untuk menyadarkan diri kita agar jangan sampai terjatuh ke alam binatang. Jangan mengira bahwa alam binatang lebih lumayan daripada alam setan kelaparan dan neraka, tidak mudah untuk keluar, apalagi jika ingin bertumimbal lahir jadi manusia.

Hari ini kita telah terlahir sebagai manusia, hendaknya tahu menghargainya, kesempatan terlahir sebagai manusia sungguh sulit diperoleh! Manfaat dari terlahir sebagai manusia adalah lebih mudah tercerahkan; hewan diliputi moha, sehingga sulit untuk tercerahkan; setan kelaparan dan neraka, begitu tersiksa hingga tak berdaya untuk tercerahkan. Dewa menikmati kesenangan, terlampau senang sehingga jadi terlena, tidak sudi melatih diri; sedangkan alam manusia penderitaan dan kebahagiaan saling berbaur, penderitaan lebih banyak daripada kebahagiaan, maka itu mudah tercerahkan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Oktober 2014


現在人的知識比古人懂得多,但是現代人的浮躁,古人沒聽說過,為什麼?他心清淨、他心平等。本來就沒有浮躁,實際上在他一生,在他所接觸的眾生,都沒有看到浮躁,即使有浮躁,小風小浪,那就不得了了。現在社會每一個人,從小孩到老人,那個心地浮躁古人作夢都想不到。為什麼?他看得太多,五花八門,他聽的、接觸到的,比過去的社會複雜百倍千倍都不止。他心是動的,定不下來;他心是染污的,無法把它清理乾淨,只能把染污減輕一點而已。如果要不好好的學,那個污染是一天比一天嚴重,所以來生不堪想像。

心地有一點清淨,有一點平等,來生可以得人天福報;如果是大風大浪,嚴重染污,三途去了,你說多可怕。三途進去很容易,出來很難!有很多畜生壽命很短,經典裡面佛告訴我們,那個短命的畜生,牠墮在那一道,不是死了就出來了,不是的。墮在那一道論次數,你投生做一隻狗,狗死了還做狗,要做幾十次,甚至於幾百次,你才能出來。你要了解事實真相,你才知道這個事情可怕。釋迦牟尼佛當年在世,在祇樹給孤獨園,那時候有工程,有建築工程,佛看到地上有個螞蟻窩,叫他的弟子一起來看,弟子很多都證得阿羅漢果的。佛就問大家:你們看,這個螞蟻牠受螞蟻身有多久了?阿羅漢的能量能知五百年前,甚至於能知五百世,看看這個螞蟻,五百世牠都在做螞蟻,死了都在做,還是這個螞蟻窩,在這一窩裡投胎,感到很驚訝。佛告訴大家,你們這個能量還不夠,佛眼看這個螞蟻,七尊佛過世了,牠還做螞蟻。一尊佛我們講三個阿僧祇劫,七尊佛,三七二十一個阿僧祇劫,這麼長的時間,牠還沒有脫離螞蟻身。

世尊這個開示提醒我們,畜生道去不得。不要以為地獄、餓鬼可怕,畜生好一點,不容易回頭,不容易得人身。我們今天已經得人身,要知道寶貴,人身太難得了!得人身的好處,容易覺悟;畜生太愚痴,不容易覺悟;餓鬼、地獄太苦,苦到讓你沒有辦法覺悟。天人享樂,享樂就迷了,對修道這個事情他不願意幹;人道苦樂參半,苦多樂少,容易覺悟。得有人提醒,沒有人提醒不覺悟。

文摘恭录 二零一四淨土大經科註  (第一二三集)  2014/10/27










Mengapa praktisi Tiongkok jaman dahulu kala dalam mempelajari sila memperoleh hati yang suci, sementara orang sekarang tidak memperolehnya, alasannya ada di mana? Praktisi tempo dulu memiliki akar budi pekerti, orang sekarang tak punya. Akar apa yang dimiliki oleh praktisi tempo dulu? Orang jaman dulu sejak kecil sudah dididik untuk berbakti, menghormati, mereka memiliki akar ini, maka itu pengamalan sila menjadi efektif bagi mereka, benar-benar dapat membantu mereka memperoleh kesucian hati. Sedangkan orang sekarang tidak punya rasa bakti, rasa hormat, sikap yang tidak tenang, baru belajar segelintir sudah menggunakannya seperti penggaris untuk mengukur prilaku orang lain, yang mana yang tidak sesuai standarnya maka akan segera dikritik, menciptakan Vaci-kamma (karma yang dilakukan melalui ucapan).

Di dalam kalangan Buddhisme ada sebuah kisah tentang Master Vinaya Dao Xuan, beliau merupakan guru sesepuh dari Aliran Vinaya Pegunungan Zhongnan, merupakan pendiri Aliran Vinaya di Tiongkok. Seorang Maha Bodhisattva muncul membuat peragaan untuk dilihat generasi selanjutnya. Pada saat itu Master Kui Ji adalah seorang Maha Bhiksu yang memberi ceramah Dharma, dia berasal dari keluarga bangsawan, awalnya dia tidak sudi meninggalkan keduniawian, namun Master Hsuan Tsang sangat mengkaguminya, lalu memintanya untuk menjadi Bhiksu, Master Kui Ji kemudian mengajukan tiga syarat.

Tabiatnya sudah sangat berat, sejak kecil melewati kehidupan di dalam istana yang penuh kemewahan, pamannya bernama Yuchi Jingde adalah jenderal besar Kaisar Tang Tai-zong. Sejak kecil sudah terlampau dimanja, tidak sanggup menderita, untuk memasuki Sangha saya harus membawa serta satu kereta yang berisi emas, perak dan permata berharga lainnya, Master Hsuan Tsang menyetujuinya, maka itu dia dijuluki sebagai “Master Tiga Kereta”,  satu kereta lagi berisi buku-buku, suka membaca buku, lalu satu kereta lagi berisi gadis cantik, orang-orang memandangnya dengan pandangan sinis,    tidak mampu mengamalkan sila.

Hari ini kebetulan Master Kui Ji akan melewati Pegunungan Zhongnan, maka itu terlebih dulu memberitahu kedatangannya kepada Master Vinaya Dao Xuan, dia ingin singgah dan berkunjung. Master Vinaya Dao Xuan sangat bersukacita menyambutnya, sambil mempergunakan kesempatan ini untuk memberi pelajaran kepada Master Kui Ji.

Master Vinaya Dao Xuan menjalankan sila dengan penuh disiplin sehingga menggugah para Dewa, sehari makan sekali, yakni di tengah hari akan ada Dewa yang mengantarkan persembahan makanan kepada beliau. Maka itu dia berpikir untuk menampilkan peragaan sejenak, besok siang Master Kui Ji akan tiba di tempat ini, andaikata dia dapat melihat langsung bagaimana Dewa memberi persembahan makanan padaku, agar dia tahu manfaat dari mengamalkan sila. 

Keesokan harinya, Master Kui Ji tiba di tempat pertapaan  Master Vinaya Dao Xuan, hingga siang hari masih juga tidak kelihatan Dewa datang memberi persembahan makanan, sehingga merasa sangat kecewa. Lalu dia mengantar Master Kui Ji menuruni pegunungan.

Hari berikutnya di siang hari, Dewa datang memberi persembahan, Master Vinaya Dao Xuan menegur si Dewa, kenapa kemarin kamu tidak datang mempersembahkan makanan? Dewa itu menjawab bahwa kemarin ada Bodhisattva Mahayana yang sedang berada di tempat tersebut, sehingga seluruh pegunungan dipenuhi oleh para Dewa pelindung Dharma, saya tidak bisa menerobos masuk ke sini. Setelah mendengar hal ini, keringat dingin membasahi sekujur tubuh Master Vinaya Dao Xuan, dia merasa amat malu dan menyesal.

Di dalam kalangan Buddhisme benar-benar ada kisah sedemikian. Makna dibalik kisah ini adalah sila yang diamalkan oleh Bodhisattva Mahayana adalah sila hati, hatinya tak tergoyahkan. Saat mata melihat rupa takkan timbul niat pikiran, mana mungkin ada perbedaan dan kemelekatan? Saat telinga mendengar suara, hidung mencium bau, lidah mengecap rasa, juga takkan timbul niat pikiran, ini merupakan kondisi batin siapa? Yakni kondisi batin Bodhisattva Dharmakaya. Apakah Dia masih memerlukan makanan dan minuman? Tidak perlu. Jika memang tidak perlu, lalu mengapa harus membuat peragaan sedemikian? Beliau berlakon untuk dilihat para makhluk, andaikata Saya tidak berlakon sedemikian rupa, maka orang-orang takkan berani belajar Ajaran Buddha; justru karena Saya melakonkan sedemikian, sehingga orang-orang akan beranggapan bahwa dirinya juga boleh ikut belajar Ajaran Buddha, jadi tujuannya adalah untuk menuntun para makhluk. 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Oktober 2014


為什麼中國古人學戒能得清淨心,現在得不到,原因在哪裡?古人有根,今人沒有根。古人什麼根?古人從小培養出來的孝、敬,他有這個根,所以那個戒管用,真正幫助他得清淨心。現在沒有孝、沒有敬,心浮氣躁,學會了一點就拿這個當作尺碼子到處量別人,不合標準就批評他,造口業!

佛門裡頭有道宣律師的故事,道宣是律宗的祖師,中國戒律開山第一位,終南山律宗的初祖,道宣律師。大菩薩示現,表演這一招給後人看。窺基大師那時候是大法師,講經教學的,這是貴族出家的,他本來不願意出家,玄奘大師看中他,叫他出家,他提出三個條件。他習氣很重,從小過的是宮廷富貴的生活,他的叔父尉遲敬德,唐太宗的大將。從小生活過慣了,不能吃苦,我出家要帶一車金銀財寶,玄奘大師同意了,叫「三車法師」,帶一車書籍,喜歡讀書,還有一車美女,人家諷刺他,不能持戒,叫三車法師。今天這個法師從終南山經過,通知道宣律師,他要到山上來訪問,來看看。道宣律師說非常歡迎,趁這個機會來教訓教訓他。

  道宣律師持戒之精嚴感動天人,他日中一食,中午這一餐飯,天人送供養。他就想明天表演一下,明天中午窺基大師到這來,親眼看到天人供養我,炫耀一下,這持戒的好處。第二天窺基大師來了,到中午,天人沒有來送供養,大失所望。招待窺基大師他們一行下山。到第二天中午,天人來送供養,他就責備,昨天你為什麼沒來送供養?他說昨天大乘菩薩在這個地方,滿山都是護法神,我進不來。道宣律師聽了之後,身上流冷汗,慚愧。佛門裡有這麼個故事。這個裡頭都講表法的意思,大乘菩薩持的是心戒,《梵網心地戒品》,他不動心。眼見色沒有起心動念,哪來的分別執著?耳聞聲、鼻嗅香、舌嘗味都不起心不動念,這誰的境界?法身菩薩的境界。他需不需要飲食?不需要。不需要為什麼還要這樣表演?表演給眾生看,我要不這樣做,大家不敢學佛;我這樣做,這佛法好學,我也可以學,接引眾生。

文摘恭录 二零一四淨土大經科註  (第一二三集)  2014/10/27










Menit dan detik telah berlalu, masa lalu tidak mungkin bisa terulang lagi, buat apa anda terus memikirkannya? Lebih baik memikirkan Buddha Amitabha. Sampai di Alam Sukhavati anda dapat melihat masa lampau, menakjubkan! Sedangkan di sini kita tidak mampu melihatnya, mengapa demikian?

Karena kita di sini adalah Alaya-vijnana, yang mengalami muncul dan lenyap, dia tidak dapat kembali ke jalan yang benar. Sampai di Alam Sukhavati, tidak muncul dan tidak lenyap, sampai di Alam Sukhavati, ruang dan waktu sudah tidak ada lagi, maka anda dapat melihat masa lampau dan masa yang akan datang.

Saat melihat masa lalu juga takkan lagi merasa sedih, paling tidak hanya akan menghela nafas, di masa lalu saya tersesat. Karena sesat maka melakukan perbuatan buruk, barulah menjalani penderitaan, kini setelah tercerahkan takkan begitu lagi. Karena itu janganlah dianggap serius, haruslah menjaga hati kita agar tetap suci (jernih/tenang), seimbang dan tercerahkan, begini baru betul, ini barulah praktisi sejati. Dengan hati yang suci dan seimbang barulah dapat menangani segala urusan, takkan melakukan kesilapan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Oktober 2014

一分一秒的過去了,全過去了,過去的再不回頭,你還去想它幹什麼?想阿彌陀佛。到極樂世界能看到過去,妙!在我們這邊看不到,為什麼?我們這邊是阿賴耶,阿賴耶是生滅法,它回不了頭。到極樂世界,不生不滅,到極樂世界,時空沒有了,那你就能看到過去,也能看到未來。看到過去,你也不會悲傷,頂多嘆一口氣,迷惑顛倒。迷了才會幹錯事,才會受惡報,覺悟了就不會了。所以別當真,一定要守住自己清淨、平等、覺就對了,這是真正學佛人。清淨心、平等心處理一切法,在佛家叫法,處理一切法,決定沒有過失。

文摘恭录 二零一四淨土大經科註  (第一二三集)  2014/10/27









Sebelum membabarkan sutra, Buddha akan memancarkan cahaya dan menampilkan tanda-tanda istimewa, mengapa demikian? Bukan untuk berlagak atau memamerkan diri, namun untuk membangkitkan hati yang tulus dan penuh hormat dari para hadirin pendengar. Andaikata seorang siswa tidak memiliki hati yang tulus dan rasa hormat, maka meskipun gurunya adalah Buddha, Guru bersusah payah menyampaikan Dharma padanya tetapi si murid juga takkan memperoleh manfaat, mungkin yang dia peroleh hanya segelintir saja. Apalagi ada yang memiliki pandangan yang terbalik dengan Buddha, dia mengambil opini duniawi untuk membuat perbandingan dengan Buddha, ini sudah salah, masa kini kasus demikian benar-benar ada.

Pada jaman dahulu kala, sejak kecil anak-anak sudah dididik sehingga memiliki akar budi pekerti, maka itu mereka tahu menghormati insan yang memiliki moralitas, meskipun insan ini memiliki segelintir tabiat buruk, juga tidak boleh mengkritiknya, mengapa demikian? Supaya para pendengar ceramahnya masih memiliki hati bersukacita dan rasa hormat padanya.

Andaikata anda mengkritiknya lalu para pendengar yang berkahnya tipis percaya pada hasutan anda sehingga rasa hormatnya pada penceramah tersebut jadi berkurang; dengan perkataan lain, andaikata setelah mendengar ceramah tersebut, orang ini yang seharusnya mencapai pencerahan, tetapi gara-gara ulahmu, kesempatan dia mencapai pencerahan jadi hilang, ini disebut merusak jiwa kebijaksanaan Dharmakaya orang lain, harus menanggung beban karma.

Orang masa kini tidak percaya Hukum Karma, maka ini tak berdaya, ini merupakan masalah yang paling berat dalam menyebarkan ajaran suci dalam masyarakat sekarang ini, yakni tidak mampu membangkitkan rasa hormat.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Oktober 2014


佛講經之前放光現瑞,為什麼?不是炫耀自己,是把聽眾的真誠心、恭敬心引發出來。學生沒有恭敬心、沒有真誠心,老師是佛,跟他講經說法他也得不到利益,他得的是皮毛。甚至於他還有相反的意見,他把世俗的東西拿來跟佛來比較,這就錯了,現在在這個時代真有。

  古時候從小教,有道德的根,所以對於有道德的人都還有尊重的心,縱然他有一些小的毛病,也不至於批評他,為什麼?要讓聽眾對他生歡喜心、生恭敬心。你要是一說,當中善根薄的人,他一聽,有道理,對於講的人恭敬心就減少了;換句話說,他也許在這一座經裡會開悟,因為這個緣故,開悟機會沒有了。這就是壞人的法身慧命,要背因果責任。現在人不相信因果,這就沒法子了,這是今天這個社會弘揚聖教最困難的一樁事情,就是恭敬心生不起來。

文摘恭录 二零一四淨土大經科註  (第一二三集)  2014/10/27












Tahun ini selain berceramah masih ada kegiatan lainnya yakni kelas belajar, berbagi pengalaman belajar dengan rekan-rekanku, bagaimana kesan masing-masing, apa yang mereka peroleh selama belajar. Inilah yang disebut dengan diskusi, saling bertukar pikiran, yakni manfaat sesungguhnya seperti yang tercantum dalam sutra, berbahagia dalam Dharma.

Maka itu kami memulainya tahun ini, kita belajar Sutra Usia Tanpa Batas, poin pentingnya adalah untuk memperjelas makna yang terkandung di dalamnya, menjelaskannya agar dipahami; yang paling penting adalah bagaimana menerapkannya dalam kehidupan keseharian, dalam bekerja, dalam menangani masalah, memperlakukan manusia dan makhluk lainnya, memperoleh manfaat dan kebijaksanaan yang sesungguhnya. Jadi bukan hanya saya berceramah dan anda mendengarkannya, namun setelah anda mendengarnya hendaknya dapat berbagi kembali dengan diriku.

Maka itu Buddha Sakyamuni juga akan turut bersukacita, jalinan jodoh para makhluk telah masak, mengapa demikian? Karena para makhluk telah dapat menerima, meyakini, dia sudi membangkitkan keyakinan dan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, belajar pada Buddha Amitabha. Buddha Sakyamuni membabarkan sutra ini adalah serupa dengan merektrut para siswa buat Buddha Amitabha, Buddha Sakyamuni mengadakan perektrutan siswa di wilayah Alam Saha, berharap agar semuanya dapat terlahir ke Alam Sukhavati; Buddha Amitabha menjemput para makhluk terlahir ke Alam Sukhavati, semua yang terlahir ke Alam Sukhavati menjadi Bodhisattva Avaivartika, dalam satu kehidupan mencapai KeBuddhaan. Selama membabarkan Dharma memberi manfaat bagi semua makhluk, maka ini merupakan hal utama yang membuat Buddha Sakyamuni merasa paling bersukacita, jalinan jodoh ini sudah masak.    

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Oktober 2014



今年,除了講經之外還有一點小的變動,有個學習班,跟各處同學分享自己修學的心路歷程,自己的感想、自己的領悟。這個交流,像經上所說的真實利益,法喜充滿。所以今年我們就開始,我們學這部經,重點再把裡面經的意思講清楚、講明白、講透徹;更重要的,怎樣落實在生活、落實在工作、落實在處事待人接物,得真實利益、真實智慧。不是只是我講你聽,你聽了之後要跟我分享。

  所以佛他會歡喜,眾生緣成熟了,為什麼?他能接受了,他能相信,他肯發願求生極樂世界,親近阿彌陀佛。世尊說這部經,等於替阿彌陀佛招生,他在娑婆世界這個地區招生,保送大家到極樂世界;阿彌陀佛在極樂世界迎接,這些人往生就證得阿惟越致,一生成就究竟果位。佛弘法利生第一歡喜的大事,這緣成熟了。

文摘恭录 二零一四淨土大經科註  (第一二三集)  2014/10/27