Jumat, 16 Mei 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Mei 2014



Guruku memberitahuku bahwa 200 tahun yang lalu, vihara-vihara di Tiongkok, para anggota Sanghanya adalah para cendekiawan, mereka memiliki etika dan moralitas yang tinggi, benar-benar memiliki kebijaksanaan. Beliau bilang saat kini sudah tidak ada lagi, sekarang jika ingin belajar Ajaran Buddha harus ke mana belajarnya? Di dalam sutra, ini adalah jalan petunjuknya. Jika anda hendak belajar dengan pergi ke vihara-vihara, mereka sudah tidak belajar lagi, tidak mengkaji ajaran sutra lagi.

Maka itu guru mengajariku agar menguasai ajaran sutra baik Mahayana maupun Hinayana. Kemudian memilih satu aliran yang sesuai dengan kemampuan dan minat sendiri, maka akan mudah menyelaminya. Karena Ajaran Buddha ibarat sebuah universitas, materi pelajarannya sangat banyak, jurusan apapun ada, materi pembelajarannya juga sangat beragam, bukan bisa dipelajari hingga usai oleh seorang praktisi dalam kehidupan ini juga.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Mei 2014


老師告訴我,二百年前,中國的寺院庵堂那些出家人都是專家學者,都有很高的道德涵養,真正的有智慧。他說現在沒有了,現在要學佛經哲學,到哪裡學?經典裡面學,這他指給我的路子。你到寺廟裡面去,他們不學了,不研究經教。所以教給我,要從經典,大小乘、宗門教下,從這裡下手。要找適合自己程度的,適合自己興趣的,那就很容易入門。因為佛教是個大學,科系太多,什麼都有,內容太豐富了,絕對不是一個人一生能夠學得完的。

二零一四淨土大經科註  (第五十集)  2014/5/11