Kamis, 06 Februari 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Januari 2014



Harus diketahui bahwa orang kaya itu memiliki banyak kerisauan dan tidak nyaman. Contohnya taipan Hongkong Li Ka-shing, saya pernah bertatap muka dengannya, jika malam hari tidak minum obat tidur maka tidak bisa terlelap, dengan demikian dia tidak sebebas diriku.

Setelah menjadi perdana menteri Australia, Kevin Rudd mengundangku berkunjung ke Australia, ketika kami bertatap muka, di atas meja terletak segelas kopi ukuran jumbo, dia mengatakan padaku dalam sehari dia harus minum lima gelas kopi ukuran jumbo. Saya bertanya mengapa? Agar tetap bersemangat. Bukankah ini amat menderita, ini bukan kebahagiaan lagi, lima gelas ukuran jumbo yang begitu besar.

Maka itu saya sempat berkelakar dengannya, saya bercerita bahwa pada jaman dahulu kala di Tiongkok, setiap penduduknya suka menjadi pejabat. Mengapa demikian? Karir menjadi pejabat adalah pekerjaan yang paling menyenangkan, fasilitasnya juga bagus, kedudukannya amat tinggi, disanjung oleh orang lain, tidak perlu bekerja.

Pada masa itu di dalam masyarakat setiap insan adalah orang baik, setiap urusan juga adalah hal yang baik, tidak ada orang yang melakukan pelanggaran, maka itu si pejabat sangat leluasa. Tidak ada pekerjaan maka setiap hari bisa jalan-jalan, menulis artikel, membuat syair, lebih dari separuh bagian dari keseluruhan Siku Quanshu (koleksi buku yang disusun selama Dinasti Qing) adalah hasil karya tulis mereka, dia tidak memiliki pekerjaan, maka itu dia bahagia.

Sedangkan masa sekarang menjadi pejabat sungguh menderita, tidak perlu membahas yang lain, tiap hari harus bersalaman dengan orang lain, ini juga terasa amat menderita, pada masa dulu orang terpelajar pasti takkan melakukan hal ini. Maka itu masa sekarang sudah berubah, karir yang paling menyenangkan dan  paling sedikit tugasnya, sekarang malah berubah menjadi paling rumit, dan paling sukar ditangani, inilah karir seorang pejabat.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Januari 2014    


 自己一定要知道,大富、大貴他煩惱多、憂慮多,不舒服。李嘉誠我跟他見過面,香港首富,晚上不吃安眠藥睡不著覺,那他就沒有我自在。陸克文做了澳洲總理,邀請我去訪問,我跟他見面的時候,端著大杯子咖啡,告訴我一天要喝五大杯。我說為什麼?提精神。那很苦,那不是快樂,那麼大杯的五大杯。所以我跟他開玩笑,我說在古代,中國在古代,做官,人人都喜歡做官。為什麼?做官這個行業是最快樂的,待遇還不錯,地位很高,受人尊敬,沒事幹。社會上人人是好人,事事是好事,沒有作奸犯科的事情,你說他多自在。沒事幹什麼?每天遊山玩水,寫文章、寫詩詞,《四庫全書》集部一大半都是這些人留下來的,他沒事幹,所以快樂。現在做官可苦,不說別的,天天接見人給握手我都感覺得很痛苦,古時候讀書人決定不會幹這個事情。所以現在變了,最快樂的行業,事情最少的行業,現在變成最複雜、最難辦的行業,這做官。


二零一二淨土大經科註  (第六0一集)  2014/1/26