Minggu, 20 April 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 April 2014



Bila anda berbuat kebajikan dan kemudian menyimpannya di hati, maka di alaya-vijnana (gudang kesadaran) akan ada benih kebajikan; sebaliknya melakukan kejahatan kemudian menyimpannya di hati, di dalam alaya-vijnana akan ada benih kejahatan.

Benih kebajikan akan berbuah dengan kelahiran di tiga alam bajik, benih kejahatan berbuah dengan kelahiran di tiga alam penderitaan, maka anda sudah salah. Ini namanya anda setiap hari menciptakan karma tumimbal lahir, bagaimana anda dapat keluar dari enam alam tumimbal lahir?

Orang yang keluar dari enam alam tumimbal lahir, dia tidak menciptakan karma tumimbal lahir, tidak menciptakan karma tumimbal lahir tentunya tidak boleh menyimpan baik dan buruk di dalam hati. Dia telah memutuskan semua kejahatan, memupuk semua kebajikan, memutuskan segala kejahatan tidak melekat pada niat pikiran jahat, menjalankan segala kebajikan tidak melekat pada niat pikiran menjalankan kebajikan.

Lihatlah, usahanya dalam memutuskan kejahatan memupuk kebajikan disebut menimbun jasa kebajikan berkesinambungan, jasa kebajikan adalah Dharma non duniawi; jika dia taruh di hati maka ini adalah berkah kebajikan, berkah kebajikan akan menciptakan enam alam tumimbal lahir, ini harus jelas dipahami.

Hari ini jalan apa yang telah kita tempuh, tetapi janganlah sampai menganggap jalan enam alam tumimbal lahir sebagai Jalan Pencapaian KeBuddhaan, salah paham ini sudah terlalu mendalam.

Haruslah penuh dengan KeBodhian dan Maha Karuna, harus dengan upaya kausalya, upaya kausalya adalah memutuskan kejahatan memupuk kebajikan jangan disimpan di hati.

Praktisi yang melatih Ajaran Sukhavati hanya menyimpan sepatah Amituofo di dalam hati, lahan hati menjadi begitu bersih, takkan terkotori oleh setitik debu batin, ini baru benar.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 April 2014



你行善把善放在心上,阿賴耶裡頭善種子;造惡把惡的念頭放在心上,阿賴耶識裡有惡的種子。善種子感三善道的果報,惡種子感三惡道的果報,你錯了。這就叫你天天在製造六道輪迴,您怎麼能出六道輪迴?出六道輪迴的人,他不造輪迴業,不造輪迴業就是決定不能把善惡放在心裡頭。他真的是斷一切惡,行一切善,斷一切惡不著惡的念頭,行一切善不著行善的念頭。你看,他這個斷惡修善叫累積功德,功德是出世間法;他放在心上,是福德,福德他就製造六道輪迴,這個要清楚、要明瞭。我們今天到底走的是什麼路,千萬不要把六道輪迴的路當作成佛之道,這個誤會就太深了。一定要具足菩提大悲,一定要有善巧方便,善巧方便就是斷惡修善都不放在心上。修淨土的只把一句阿彌陀佛放在心上,除這個之外,心上乾乾淨淨,一塵不染,這就對了。

二零一四淨土大經科註  (第二十九集)  2014/4/12