Kamis, 04 September 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Agustus 2014



Jaman dahulu, pendidikan menjadi tanggungan setiap keluarga, merupakan tanggungjawab yang paling penting dalam keluarga, yakni mendidik yang muda dan menghidupi para lansia, dua hal besar ini akan dipikul oleh setiap keluarga. Bangsa Tionghoa merupakan keluarga besar, bukan keluarga kecil dan terpisah-pisah, setiap insan tak peduli berkarir di bidang manapun, penghasilan yang diperoleh, selain untuk keperluan hidup maka sisanya harus dikirim pulang ke rumah.

Maka itu setiap keluarga memiliki harta kekayaan, digunakan untuk apa? Untuk membeli ladang dan ditanami, sehingga keluarga memiliki perekonomian yang bagus. Jadi ketika anda berkarir di luar dan sedang mengalami kesulitan keuangan, maka keluarga akan memberi dukungan padamu; jika kekurangan tenaga bantuan, maka keluarga juga akan mengutus orang untuk membantumu, keluarga merupakan tempat tumpuan yang paling dapat diandalkan, anda tak perlu memohon pada orang lain karena keluarga akan mendukungmu.

Anda mendukung keluarga dan keluarga juga akan mendukungmu, saling bantu membantu, ini merupakan sistem yang bagus. Pada periode melawan penjajahan, keluarga di Tiongkok, lima generasi yang serumah, masih dapat dijumpai, saya pernah melihatnya. Setelah memenangkan peperangan, sudah tidak dijumpai lagi, satu keluarga juga tidak ada yang sedemikian, saat melarikan diri dari peperangan semua keluarga jadi terpisah-pisah, masing-masing berusaha melindungi diri sendiri, yang saling bantu membantu sangatlah jarang.   

Masa kini malah mengikuti gaya orang barat, tidak saling bantu membantu lagi, putra putri juga tidak menjaga ayahbunda lagi, ayahbunda juga tidak menjaga putra putrinya, apalagi sanak saudara lebih tak dipedulikan lagi. Masyarakat modern, jika tidak memiliki uang maka mengajukan kredit dari bank, jaman dahulu jika tidak punya uang maka keluarga akan mendukungmu. Maka itu mengapa kami memang merindukan bentuk keluarga Tiongkok tempo dulu, meskipun ada kekurangannya namun lebih banyak keunggulannya.  

Kini keluarga-keluarga kecil ini telah menikmati kebebasan, namun pendidikan jadi bermasalah, menghidupi lansia juga jadi masalah, setelah pensiun mereka jadi amat sengsara. Berapa banyak lansia yang uang pensiunnya ditipu, namun tak berdaya, harus mengandalkan bantuan dari masyarakat, betapa tersiksanya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Agustus 2014


古時候教育家負責,家裡面最重要的使命,一個是教育,一個是養老,人生這兩樁大事家庭承當。中國是大家庭,不是小家庭,不分家的,任何人無論從事哪個行業,你所賺的錢,除了自己生活必須之外統統要寄回家。所以家,這個家它有產業,家裡面拿著這個錢做什麼?買土地。土地可以耕種、可以造林、可以做種種事業,所以他家庭經濟好。你在外頭無論幹什麼事情,如果缺錢,家裡給你;沒有人手,家裡派人幫助你,家庭是你最可靠的後盾,你不要去求人,家支持你。互相支持,你支持家,家支持你,這個制度好。抗戰期間,中國這個家庭,五代同堂不分家的還有,不多了,我見過。抗戰勝利之後沒有了,一家都沒有,抗戰期間當中逃難,那個家都解散了,各人自己謀生,互相照顧很少。

現在學外國人,沒有互相幫助的了,兒女不顧父母,父母也不顧兒女,兄弟更不必說了。新的社會,沒有錢向銀行貸款,在從前沒有錢家庭幫助,家庭支援你。所以我們確實懷念中國的老式家庭,雖然有弊端,弊端少,好處多。現在這種小家庭是自由了,開放自由了,但是教育成問題,養老成問題,到退休之後苦不堪言。多少人有點退休金都被人騙走了,沒有辦法,要靠社會救濟,你說多苦。

文摘恭录 二零一四淨土大經科註  (第九十七集)  2014/8/22